INTERAKSI SOSIAL DI ERA DIGITAL: Pengaruh Streaming Facebook pada Minat Belajar Siswa Kelas VII IPS

Ivo Fatmala Sinaga

Abstract


Media pembelajaran dapat di defenisikan sebagai alat bantu berupa fisik maupun non fisik yang sengaja digunakan sebagai perantara antar tenaga pendidik dan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Streaming Facebook Terhadap Minat Belajar Siswa/I Pada Mata Pelajaran IPS Materi Interaksi Sosial di Kelas VII SMP N 1 Laut Tador Batu Bara. Menggunakan metode penelitian kuantitatif Quasi Eksperimen Design. Dengan memberikan pretest dan posttest pada dua kelompok sampel, yakni kelas control dan kelas eksperimen, dimana kelas ekperimen diberikan perlakuan menggunakan media video dan kelas control tidak menggunakan media video. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan serta setelah melalui rangkaian proses analisis data dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan streaming facebook terhadap minat belajar siswa/I   pada mata pelajaran IPS materi interaksi sosial di kelas VII SMP N 1 Laut Tador. Sedangkan untuk membandingkan perbedaan hasil dari minat belajar siswa yang dilakukan dengan Uji Independent Sample T Test diperoleh hasil sig. 0,000 < 0,05. Dan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3.927 > 1,669 dengan taraf siginifikan 0,5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara penggunaan streaming facebook dengan penerapan pembelajaran interaksi sosial di kelas.

Keywords


Streaming Facebook, Minat Belajar, Interaksi Sosial

References


Arif, Zuhri, and Syah Wardi. 2024. “PERKEMBANGAN DAYAH DALAM TRADISI MASYARAKAT ACEH : Kontribusi Kualitas Pendidikan Masyarakat.” 5(5):731–41.

Basyrudin, A. dan. (2002). Media Pembelajaran. Coputat Pers.

Hati, Silvia Tabah, and Syah Wardi. 2024. “Edukasi Pemilih Milenial Pada Ajang Pemilihan Umum Dalam Membentuk Perubahan Tatanan Sosial Masyarakat Di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.” BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 6(1).

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Miftahul, H. (2013). Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Nengsih, Y. . (2022). Buku ajar media dan sumner belajar pendidikan luar sekolah. Bening Media Publishing.

S.H, S. (2021). Teknik multimedia dan animasi. UNP Press.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan (2013th ed.). ALFABETA,cv.

Wardi, Syah, and Zuhri Arif. 2023. “A Critical Review on The Law of Cina Buta (Chinese Blind) According to Shaykh Abdul Qadir Bin Abdul Muthalib Al Mandili Al Indonesia Al Shafi’i.” Diktum: Jurnal Syariah Dan Hukum 21(1):15–23. doi: https://doi.org/10.35905/diktum.v21i1.4954.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v8i2.21976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya

 

 Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.