UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT PENILAIAN DAN PROGRAM TINDAK LANJUT MELALUI METODE CONTOH, LATIHAN, COBA DAN KEMBANGKAN DI SMP NEGERI 2 SIBOLGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru membuat Penilaian Hasil Belajar dan Program Tindak Lanjut di SMP Negeri 2 Sibolga pada Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan oleh Peneliti melalui kegiatan supervisi edukatif dengan Metode Contoh, Latihan, Coba dan Kembangkan (CLCK). Subjek penelitian ini adalah 48 orang guru mata pelajaran di SMP Negeri 2 Sibolga semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah pnenelitian tindakan sekolah yang berlangsung dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yakni (1) perencanan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, penilaian produk dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan sekolah menunjukkan bahwa penerapan supervisi dengan metode CLCK kemampuan guru-guru membuat Penilaian dan Program Tindak Lanjut mengalami peningkatan pada setiap siklusnyaPada kondisi awal kemampuan guru membuat penilaian dan program tindak lanjut sebesar : 64.84 % dan 45.00%.Pada Siklus I kemampuan guru membuat penilaian dan program tindak lanjut sebesar : 79.95 % dan 78.75%.Pada Siklus II kemampuan guru membuat penilaian dan program tindak lanjut sebesar : 97.40 % dan 99.17%.Hasil yang diperoleh pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan dalam penelitian ini, sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. 2004. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Depdiknas. 2010. Kompetensi Guru Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Mukhtar & Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press
Prasojo, Lantip Diat, & Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Edisi Revisi Yogyakarta:Penerbit Gava Media
Soetriono,Prof.Dr.Ir, dkk. 2007. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Yogyakarta, Andi Ofset.
Soemono, Wasty, & Soetopo. 1988. Hendiyat. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Wina Sanjaya, H, Prof, Dr. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Bandung : Kencana Prenada Media Group
Zaenal Aqib,dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SMP SMA SMK, Jakarta, Yrama Widya
Zaenal Aqib,dkk. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru. Jakarta :Yrama Widya
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v5i2.16386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya
Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.