UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT PENILAIAN DAN PROGRAM TINDAK LANJUT MELALUI METODE CONTOH, LATIHAN, COBA DAN KEMBANGKAN DI SMP NEGERI 2 SIBOLGA

Adrianus Siringo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru membuat Penilaian Hasil Belajar dan Program Tindak Lanjut di SMP Negeri 2 Sibolga pada Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan oleh Peneliti  melalui kegiatan  supervisi edukatif  dengan Metode Contoh, Latihan, Coba dan Kembangkan (CLCK). Subjek penelitian ini adalah 48 orang guru mata pelajaran   di  SMP Negeri 2 Sibolga semester genap  tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah pnenelitian tindakan sekolah yang berlangsung dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yakni (1) perencanan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, penilaian produk dan dokumentasi. Hasil  penelitian  tindakan sekolah menunjukkan  bahwa  penerapan supervisi dengan metode CLCK  kemampuan guru-guru membuat Penilaian dan Program Tindak Lanjut  mengalami peningkatan pada setiap siklusnyaPada kondisi awal kemampuan guru membuat penilaian dan program tindak lanjut sebesar : 64.84 % dan 45.00%.Pada Siklus I  kemampuan guru membuat penilaian dan program tindak lanjut sebesar : 79.95 % dan 78.75%.Pada Siklus II  kemampuan guru membuat penilaian dan program tindak lanjut sebesar : 97.40 %  dan 99.17%.Hasil yang diperoleh pada siklus II  telah mencapai kriteria keberhasilan dalam penelitian ini, sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya.


Keywords


Kemampuan Penilaian, Program Tindak Lanjut, Metode CLCK

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2004. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Depdiknas. 2010. Kompetensi Guru Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Mukhtar & Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press

Prasojo, Lantip Diat, & Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Edisi Revisi Yogyakarta:Penerbit Gava Media

Soetriono,Prof.Dr.Ir, dkk. 2007. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Yogyakarta, Andi Ofset.

Soemono, Wasty, & Soetopo. 1988. Hendiyat. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Wina Sanjaya, H, Prof, Dr. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Bandung : Kencana Prenada Media Group

Zaenal Aqib,dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SMP SMA SMK, Jakarta, Yrama Widya

Zaenal Aqib,dkk. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru. Jakarta :Yrama Widya




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v5i2.16386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya

 

Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.