KEBUTUHAN AKAN PENASEHAT AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI

Khairuddin Tambusai

Abstract


Sungguh status sebagai mahasiswa selalu menyenangkan, terhormat dan penuh harapan. Dipundak mereka digantungkan begitu banyak beban masa kini terlebih masa depan. Sebegitu besar dan beratnya beban dan harapan itu mestinya dijawab mahasiswa dengan belajar sungguh-sungguh dan menampilkan sosok yang memang benar-benar menjanjikan. Penuh prestasi, berdedikasi tinggi, menunjukkan tanggung jawab dan akhlaq terpuji dalam kehidupannya.
Namun tidak jarang ditemukan mahasiswa sudah terlebih dahulu gagal sebelum mereka mengemban tugas mulia yang diangankan orang tua, masyarakat bangsa dan negara. Tidak sedikit dari mereka justru menunjukkan sikap dan prilaku yang jauh dari harapan. Hasil belajarnya rendah, kepribadiannya goyah bahkan ada yang terjerumus ke dunia yang sebenarnya tidak perlu terjadi di kalangan mereka. Misalnya terlibat penyalah gunaan narkoba, tindak criminal,
tindakan asusila dan sebagainya. Sebenarnya di usia remaja mereka terdapat berbagai potensi yang sungguh akan mendorongm mereka sukses mencapai tujuan, terutama dalam belajar di perguruan tinggi. Namun diakibatkan factor yang bersumber dari dalam diri mereka sendiri dan lingkungan di mana mereka bertempat tinggal ditemukan mahasiswa yang gagal mewujudkan cita-cita mulia itu. Sebenarnya di sinilah kehadiran penasehat akademik dibutuhkan, yaitu sosok yang siap memberikan pendampingan agar mahasisawa dapat berkembang secara optimal, dapat merumuskan dan merencanakan karier masa depan serta mampu menyesuaikan diri secara positif dan dinamis dalam lingkungannya. Bahkan dipundak penasehat akademik digantungkan tugas membantu mahasiswa mengatasi setiap masalah yang dihadapinya. Disinilah peran penasehat akademik menjadi kebutuhan bagi mahasiswa yang sedang belajar di perguruan tinggi.


Kata kunci: Bimbingan akademik, pengembangan optimal dan sukses belajar


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ai.v5i6.4832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Khairuddin Tambusai

Al-Idarah : Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen is indexing by: