PENGELOLAAN KEGIATAN KEAGAMAAN PANTI ASUHAN AL MARHAMAH (PERSPEKTIF MANAJEMEN DAKWAH)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap anak-anak yatim piatu. Setiap anak
perlu mendapatkan pemeliharaan, cinta kasih dan tempat perlindungan. Namun akibat
beberapa hal, masih banyak anak yang terlantar serta tidak terpenuhi kebutuhan
pengetahuannya. Hal inilah yang menjadi pemicu munculnya berbagai rumah panti sebagai
tempat untuk anak-anak tersebut mendapatkan pembinaan, terutama penanaman akhlak
mulia. Berbagai kegiatan yang menunjang pembinaan tersebut penting untuk dilakukan.
Namun, tentu saja dibutuhkan pengelolaan kegiatan yang baik pula. Adapun teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Pengelolaan yang disampaikan oleh Henry
Payol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisa data kualitatif.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kegiatan keagamaan di Panti
Asuhan Al Marhamah Kota Medan adalah Pertama terletak pada pengelolaan tanggung
jawab; yakni berkaitan dengan tugas sesuai dengan wewenang yang di emban. Kedua
Mengutamakan Disiplin; yakni diperlukan kedisiplinan yang baik untuk menjalankan
berbagai kegiatan keagamaan seperti sholat lima waktu, sholat sunnah, pengajian rutin, serta
perayaan hari besar umat islam. Ketiga Kesatuan Pengarahan; yakni kesamaan dalam
pengambilan Keputusan melalui musyawarah dalam penentuan kegiatan. Keempat
berdasarkan kemaslahan umat, serta Kelima membangun visi dan misi yang sama sesuai
dengan cita-cita Panti Asuhan. Adapun implementasi dari kelima prinsip pengelolaan
tersebut sudah berjalan cukup baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan tanggung jawab
pengurus panti yang tepat sasaran, tingkat kedisiplinan baik pengurus maupun anak-anak
Panti yang taat akan aturan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisasmita, Rahardjo. (2011). Manajemen Pemerintah Daerah. Yogyakarta:
Penerbit Graha Ilmu.
Ali, Zainuddin. (2011). Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Sinar Grafika.
An-Nawawi, Imam. (2004). Syarah Shahih Muslim. Jakarta: Daruss Sunnah.
Anwar, Chairul. (2014). Hakekat Manusia Dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan
Filosofi. Yogyakarta: SUKA-Press.
Arikunta, Suharsimi. (1988). Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: CV Rajawali.
Ayub, Moh E. (1996). Manajemen Masjid. Jakarta: Gema Insani.
Choliq, Abdul. (2011). Pengantar Manajemen. Semarang: Rafi Sarana Perkasa.
Damanik, Kawati Rani. (2020). Pengembangan Desain System Informasi
Manajemen Perawatan. Malang: Ahlimedia Press.
Departemen Agama RI. (2005). Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan
Agama Islam. Jakarta: Direktorat Kelembagaan Agama Islam.
Departemen Pendidikan dan kebudayaan. (1990). Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
AL-IDARAH, Volume 12, No.1, 2024 35
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1990). KBBI. Jakarta: Balai
Pustaka.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1990). Tim Penyusun Kamus Pusat
Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun
, Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 1. Jakarta:
Depdiknas.
Departemen Sosial RI. (2004). Acuan Umum Pelayanan Sosial Anak di Panti
Asuhan Sosial Anak. Jakarta: Departemen Sosial RI.
Depdikbud. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Effendi, Usman. (2014). Asas Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Fathoni, Abdurrahmat. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif.
Malang: UIN Maliki Press.
Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung:
Alfabeta.
Handayaningrat, Soewarno. (2007). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan
Management. Jakarta: Bina Aksara.
Harahap, E. St. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bandung: Balai Pustaka.
Hasibuan, S.P Melayu. (2000). Manajemen Sumber daya Manusia Edisi Revisi.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasibuan, S.P Melayu. (2004). Manajemen Dasar dan Masalah. Jakarta: PT
Bumi Aksara.
Ismail. (2017). Sejarah Agama-Agama Pengantar Studi Agama-Agama.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Juliatriasa, Djati. (1998). Manajemen Umum Sebuah Pengantar. Yogyakarta:
BPFF.
Kusnadi, Edi. (2008). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ramayana Pers dan Stain
Metro.
Mansur. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka
Belajar.
Manullang. (2002). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Moeliono, Anton M. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.
AL-IDARAH, Volume 12, No.1, 2024 36
Moelong, Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, PT Remaja
Rosdakarya.
Muhadjir, Neong. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake
Sarasin.
Munir dan Wahyu Ilahi. (2006). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana
Perdana Media Group.
Nata, Abuddin. (2003). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan
Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Nugroho. (2003). Perilaku Konsumen (Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan
Penelitian pemasaran). Yogyakarta: Andi.
Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No. 30 Tahun 2011 tentang
Standart
Peter Salim dan Yuni Salim. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer.
Jakarta: Modern English Press.
Poerwadarminta, WJS. (1987). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.
Rajab, Khairunnas. (2011). Psikologi Ibadah (Memakmurkan Kerajaan Ilahi di
Hati Manusia). Jakarta: Amzah.
Saefullah, U. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Salim, Peter. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta:
Modern English Pres
Santhut, Ahmad Khatib. (1998). Menumbuhkan Sikap Sosial, Moral dan
Spiritual Anak Dalam Keluarga Muslim. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Santoso, Ahmad Hamzah. (1996). Pengantar Manajemen. Jakarta: Grafindo.
Santoso, Harianto. (2005). Disini Matahariku Terbit. Jakarta: PT Gramedia.
Siagian, Sondang. (2012). Fungsi-Fungsi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Supardan, Dadang. (2007). Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Supina. (2012). Materi Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syafaruddin. (2005). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.
Syamsi, Ibnu. (1998). Pokok-Pokok Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Bina
Aksara.
Syukur, Amin. (2010). Pengantar Studi Islam. Semarang: Pustaka Nuun.
Tadjab, (1994). Ilmu Jiwa Pendidikan. Surabaya: Karya Abditama.
Terry GR dan LW. Ruee. (1996). Dasar-dasar manajemen. Jakarta: Bumi
Aksara.
Terry. (2009). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
AL-IDARAH, Volume 12, No.1, 2024 37
Tisnawati, Ernie. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana
Prenadamedia Group.
Tohirin. (2012). Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo.
Usman, Husaini. (2011). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara.
Wijaya, Candra dan Muhammad Rifa’i. (2016). Dasar-dasar Manajemen.
Medan: Perdana Publishing.
Winardi. (1986). Asas-asas Manajemen. Bandung: Alumni.
Yunus, Mahmud. (1989). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Hidikarya.
Zaenal, Rivai Veithzal. (2014). Islamic Human Capital Management. Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ai.v12i1.23548
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Inka Octavianty, Asmuni Asmuni
Al-Idarah:Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen is indexed in the following databases