PERAN MASJID AL-JIHAD BANJARMASIN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK DAN MENGATASI KRISIS SPIRITUAL REMAJA MILENIAL

Siti Nur Rahmah, Mahdiana Mahdiana, Restu Khaliq, Dian Hakiki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Masjid Al-Jihad Banjarmasin dalam menjalankan perannya untuk membentuk akhlak dan mengatasi krisis spiritual remaja milanial di Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Masjid Al-Jihad Banjarmasin telah menjalankan perannya sebagaimana mestinya sehingga menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan keislaman. Peran utama Masjid Al-Jihad adalah sebagai sarana ibadah, sarana dakwah dan sarana pembinaan umat. Masjid Al-Jihad memiliki berbagai strategi dalam mengoptimalkan perannya dalam pembentukan akhlak dan mengatasi krisis spiritual remaja milenial. Strategi tersebut berupa mengadakan kegiatan pengajian mingguan dan bulanan dibarengi dengan program lain yang menarik remaja milenial untuk datang, bimbingan tahsin dan menterjemahkan Al-Quran, melibatkan remaja-remaja milenial ke dalam aksi-aksi sosial keagamaan, membentuk organisasi Angkatan Muda Masjid Al-Jihad dan memaksimalka pengadaaan fasilitas serta sarana prasarana. Adapun faktor penghambatnya adalah terdapat sebagian remaja milenial yang minim kesadaran akan pentingnya nilai-nilai kegamaan dan juga karena memiliki kesibukan tersendiri. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kegiatan yang beraneka ragam dan terorganisir, fasilitas dan sarana prasarana serta dana yang mendukung, adanya Angkatan Muda Masjid Al-Jihad yang aktif sehingga menjadi daya tarik dan penyemangat remaja milenial diluar sana untuk mengikuti kegiatan.


Keywords


Akhlak; Masjid; Krisis Spiritual; Milenial.

Full Text:

PDF

References


Akbar, F. M. (2020). Peranan dan Kontribusi Islam Indonesia pada Peradaban Global. Jurnal Indo-Islamika, 10(1), 51–63.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Anjaswarni, T., Nursalam, Widati, S., & Yusuf, A. (2019). Deteksi Dini Potensi Kenakalan remaja (Juvenile Delinquency) dan Solusi “Save Remaja Milenial.”

Ayub. Mhd. (1907). Peran Masjid sebagai Sarana Pendidikan Nonformal untuk Meningkatkan Akhlak Remaja Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan. Jurnal Tausiyah FAI UISU, 11(2), 28.

Candra, V., Simarmata, N. I. P., Mahyuddin, Purba, B., Purba, S., Chaerul, M., & Hadibuan, A. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yayasan Kita Menulis.

Derajat, Z. (n.d.). Ilmu Jiwa Agama. Diponegoro.

Fauziah, N. (2022). 10 Negara dengan Penduduk Muslim Terbanyak di Dunia, Indonesia Juaranya. travel.okezone.com.

Ikhwan, A. (2013). Optimalisasi Peran Masjid Dalam Pendidikan Anak: Perspektif Makro Dan Mikro. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–16.

Iskandar, A. (2019). Ikhtiar Memakmurkan Rumah Allah: Panduan Operasional Masjid. CV Jejak.

Khairuni, N., & Widyanto, A. (2018). Mengatasi Krisis Spiritual Remaja di Banda Aceh Melalui Revitalisasi dan Optimalisasi Fungsi Masjid Sebagai Sarana Pendidikan Islam. Dayah: Journal of Islamic Education, 1(74–84).

Lexy J Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Mahdi, M. I. (2021). Persentase Pemuda Indonesia Cenderung Turun dalam Sedekade. dataindonesia.id.

Qadaruddin, Nurkidam, A., & Firman. (2016). Peran Dakwah Masjid dalam Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 10(2), 222–239.

RI, K. A. (2022). Data Masjid Berdasarkan Tipologi. data.kemenag.go.id.

Ridwan, M. (2021). WAWASAN KEISLAMAN: Penguatan Diskursus Keislaman Kontemporer untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum. Zahir Publishing.

Zulmaron, Noufal, M., & Aliyah, S. (2017). PERAN SOSIAL KEAGAMAAN REMAJA MASJID DI KELURAHAN PIPA REJA KECAMATAN KEMUNING PALEMBANG. Jurnal Studi Agama, 1(1), 41–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ai.v10i1.11958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Nur Rahmah, Mahdiana Mahdiana, Restu Khaliq, Dian Hakiki

Al-Idarah : Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen is indexing by: