SIMBOLISASI WARNA DALAM AL-QUR’AN ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE

Hamdan Hidayat

Abstract


Abstract

 

This article aims to discuss the symbolization of colors in the al-Qur'an's Charles Sanders Pierce's semiotic analysis using the thematic interpretation theory pioneered by Abdul Hay al-Farmawi. Through this thematic interpretation theory found 6 colors found in the Koran, namely red, yellow, green, blue, black, and white scattered in 33 verses contained in 22 letters by mapping the results of research using thematic techniques. The results of color research in the Qur'an are expressions that are marked with color in various forms of lafadz as a symbol to describe certain objects in a situation, situation, place, and nature of the object. First, red as a symbol of the beauty of nature. Second, yellow is a symbol of the image of humans in the world. Third, green as a symbol of a fertile earth. Fourth, blue as a symbol of the human condition on the Day of Judgment. Fifth, black as a symbol of human images on the Day of Judgment. Sixth, white as a symbol of human image when in heaven. The existence of this article shows that color is a simple but meaningful symbol hidden in the Qur'an which needs to be studied.

Abstrak

 

Artikel ini bertujuan membahas simbolisasi warna dalam al-Qur’an analisis semiotika Charles Sanders Pierce dengan menggunakan teori tafsir tematik yang dipelopori oleh Abdul Hay al-Farmawi. Melalui teori tafsir tematik ini ditemukan 6 warna yang terdapat dalam al-Qur’an, yaitu merah, kuning, hijau, biru, hitam, dan putih yang tersebar pada 33 ayat terkandung dalam 22 surat dengan memetakan hasil dari penelitian menggunakan teknik tematik. Hasil dari penelitian warna dalam al-Qur’an terdapat ungkapan-ungkapan yang ditandai dengan warna dalam berbagai macam bentuk lafadz sebagai simbol untuk menggambarkan objek tertentu pada suatu keadaan, situasi, tempat, dan sifat dari objek. Pertama, merah sebagai simbol gambaran keindahan alam. Kedua, kuning sebagai simbol gambaran manusia didunia. Ketiga, hijau sebagai simbol gambaran bumi yang subur. Keempat, biru sebagai simbol gambaran keadaan manusia pada hari kiamat. Kelima, hitam sebagai simbol gambaran manusia pada hari kiamat. Keenam, putih sebagai simbol gambaran manusia ketika berada di surga. Dengan adanya artikel ini menunjukkan bahwa warna adalah sebagai simbol yang sederhana namun bermakna yang tersembunyi dalam al-Qur’an yang perlu dikaji.

 

Kata Kunci : Simbol, Warna, Charles Sanders Pierce


References


Andriani, Fera. “Pragmatisme: Menepis Keraguan, Memantapkan Keyakinan.” Syaikhuna 8, No. 2 (2017): 240–49.

Anshari, Hafi. Kamus Psikologi. Surabaya: Usaha Nasional, 1996.

Ashfahani, Al-Raghib Al-. Al-Mufradat Fi Gharib Al-Qur’an. Mesir: Maktabah Nazzaar Musthafa Al-Bazi, T.T.

Asriningsari, Ambarini, Dan Nazla Umaya. “Semiotika Teori Dan Aplikasi Pada Karya Sastra,” 2010.

Baedhowi, Baedhowi. Antropologi Al-Qur’an. Yogyakarta: Lkis, 2009.

Baker, A. H. Manusia Dan Simbol Dalam Bunga Rampai Tentang Filsafat Manusia. Jakarta: Gramedia, 1977.

Baqi, Muhammad Fuad ’Abd Al-. Al-Mu’jam Al-Mufahras Li Al-Faadz Al-Qur’an Al-Karim. Dar Al-Fikr, 1971.

Dillistone, F. W. The Power Of Symbols. Yogyakarta: Kanisius, 2006.

Effendi, Ridwan. “RELASI SIMBOL TERHADAP MAKNA DALAM KONTEKS PEMAHAMAN TERHADAP TEKS,” Vol. 1, 2018.

Farmawi, Abdul Hay Al-. Metode Tafsir Maudhu’i Dan Cara Penerapannya. Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Harisah, Afifah, dan Zulfitria Masiming. “Persepsi manusia terhadap tanda, simbol dan spasial.” SMARTek 6, no. 1 (2008).

Hartman, Taylor. The Color Code. Batam: Interaksara, 2004.

Ilmi, Mochammad Miftachul. “KONSEP AL-DĪN DALAM ALQURAN: TELAAH SEMIOSIS PERSPEKTIF CHARLES SANDERS PEIRCE.” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 4, no. 1 (2019).

Jean, Keri A. “A Biography of Charles S. Peirce.” Spanning the Gap: The Newsletter of Delaware Water Gap National Recreation Area 23, no. 3 (2000).

Katsir, Ibnu. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Gema Insani, 2012.

———. Tafsir Al-Qur’an Al-’Adzim. Jakarta: Pustaka Imam Sayfi’i, 2009.

Kauma, Fuad. Tamsil Al-Qur’an. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2004.

Khansa, Firdaus Agustina. “Pengaruh Cahaya Matahari dalam Pembentukan Klorofil Daun sebagai Indikator Kandungan Air pada Tanaman,” t.t.

Maiaweng, Peniel CD. “Manfaat Kebenaran Perbuatan: Suatu Analisis Terhadap Ajaran Filsafat Pragmatisme.” Jurnal Jaffray 11, no. 1 (2013): 1–36.

Mandzur, Ibnu. “Lisan Al-Arab.” Beirut: Dar Al-Misriyyah, T.T.

Maraghi, Ahmad Musthafa Al-. Tafsir Al-Maraghi. Semarang: Cv. Toha Putra, 1992.

Maulana, Ahmad. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Absolut, 2011.

Meilani. “Memahami Warna Melalui Teori Prang Color.” Memahami Warna Melalui Teori Prang Color (Blog), 25 Agustus 2015. Https://Dkv.Binus.Ac.Id/2015/08/26/Memahami-Warna-Melalui-Teori-Prang-Color-Wheel/.

Muhammad, Abi Al-Farh Jamal Al-Din ’Abd Ar-Rahman Bin ’Ali Bin. Zaad Al-Masir Fi Ilmi Al-Tafsir. Al-Maktabah Al-Islami, T.T.

Mustaqim, Mustaqim. “Pragmatisme dalam Filsafat Kontemporer: Analisa atas pemikiran Charles S. Peirce.” Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial 3, no. 1 (2012): 70–91.

Mutahar. “Kamus Mutahar Arab - Indonesia.” Jakarta: Hikmah, 2005.

Ningrum, Dewi Aprilia. “Semiotika՛ aduww sesama manusia dalam al-Quran: Perspektif Charles Sanders Peirce.” Jakarta: Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat UIN Syarif Hidayatullah, 2018.

Patriansyah, Mukhsin. “Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Karya Patung Rajudin Berjudul Manyeso Diri.” Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 16, no. 2 (2014): 239–52.

Qurthubi, Abi Abdillah Muhammad Bin Ahmad Al-Anshori Al-. Al-Jami’u Li Ahkami Al-Qur’an. Vol. 12. Jakarta: Pustaka Azam, 2009.

Rahmanto, Budiono. “Simbolisme Dalam Seni,” 1992.

Sartini, Ni Wayan. “Tinjauan teoritik tentang semiotik.” dalam Jurnal Unair, 2011.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah, “Kesan, Pesan, Dan Keserasian Al-Qur’an.” Vol. 10. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Solikhati, Siti. “Simbol Dalam Keagamaan Islam Dan Ideologi Televisi.” Juli-Desember 02 (2017).

Struthers, Jane. terapi warna (cara praktis menggunakan warna untuk menyembuhkan dan meningkatkan kualitas hidup). Yogyakarta: KANISIUS, 2008.

Sugiyono, Sugeng. Lisan dan Kalam “Kajian Semantik al-Qur’an.” Yogyakarta: UIN Suka Press, 2009.

Suherdiana, Dadan. “Konsep Dasar Semiotika dalam Komunikasi Massa menurut Charles Sanders Pierce.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 4, no. 12 (2008): 371–407.

Taufiq, Wildan. Semiotika Untuk Kajian Sastra Dan Al-Qur’an. Bandung: Yrama Widya, 2016.

Wardani, Laksmi Kusuma. “Simbolisme Liturgi Ekaristi Dalam Gereja Katolik Sebuah Konsepsi dan Aplikasi Simbol.” Dimensi Interior 4, no. 1 (2006): 17–24.

Zuhaili, Wahbah Az-. Tafsir Al-Wasith. 2. Jakarta: Gema Insani, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.51900/ias.v3i2.8232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information
  • For Readers
  • For Authors
  • Journal History

Ibn Abbas: Jurnal Ilmu Alquran & Tafsir
e-ISSN: 2620-7885
Website: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ibnabbas
Email: s2iat@uinsu.ac.id
Published by: UIN SU Medan
Office: UIN Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pancing Medan, Pasar V Medan Estate» Tel /fax : 0616622925 /