TAZKIYAH TIMES IN THE KITAB OF AL MUNIR LI MA’ALIMI AT-TANZIL BY IMAM NAWAWI AL-JAWI AL-BANTANI

Muzakkir Husnel Anwar Ananda Siregar

Abstract


Studi ini ditulis untuk meneliti pemikiran dan metode Imam Nawawi Al-Bantani tentang kajian Tazkiyat Al-Nafs dalam kitab tafsir Al-Munīr Lī ma’ālimi At-Tanzil Marah Labid dan untuk lebih memahami apa makna sebenarnya dari kata Tazkiyat Al-Nafs, karena redaksi ayat yang berbicara tentang Tazkiyat Al-Nafs banyak dipahami oleh beberapa kalangan masyarakat sebagai bentuk zikir dan permohonan ampun semata kepada Allah swt. padahal jika didalami lebih jauh maka akan kita dapati fenomena yang sungguh luar biasa yang terdapat dalam kajian tentang Tazkiyat Al-Nafs ini.

Penulis juga memilih kitab Tafsir Al-Munīr Lī ma’ālimi At-Tanzil Marah Labid yang ditulis oleh Imam Nawawi Al-Jawi Al-Bantani karena merupakan sosok ulama yang kharismatik dan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan ilmu Alquran dan Tafsir di Nusantara, beliau juga merupakan ulama yang memiliki aliran Qadariyah yang banyak sekali berbicara tentang akidah dan tasawuf, sehingga tepat sekali rasanya jika kajian tentang Tazkiyat Al-Nafs ini memilih dan mengambil kitab tafsir Al-Munīr Lī ma’ālimi At-Tanzil Marah Labid sebagai sumber untuk diteliti dan dikembangkan lebih luas lagi.

Penelitian ini dilakukan secara library research, yaitu penelitian keperpustakaan. Data-data penelitian ini diperoleh berdasarkan telaah terhadap buku- buku yang berkaitan dengan konsep/pemikiran tentang Tazkiyat Al-Nafs yakni kitab-kitab ulama tafsir maupun ulama bahasa yang terutama kitab Tasīr Al-Munīr Lī ma’ālimi At-Tanzil Marah Labid karya Imam Nawawi Al-Jawi Al-Bantani sebagai sumber utama, penelitian ini mengunakan teknik pengelolaan dan seterusnya mengumpul data serta membuat kesimpulan khusus. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa kata Tazkiyat mempunyai banyak konsep/pemikiran dari ulama-ulama tafsir dan tasauf serta di dalam Tasīr Al-Munīr Lī ma’ālimi At-Tanzil Marah Labid karya Imam Nawawi Al-Jawi Al-Bantani.

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.51900/ias.v2i2.7457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information
  • For Readers
  • For Authors
  • Journal History

Ibn Abbas: Jurnal Ilmu Alquran & Tafsir
e-ISSN: 2620-7885
Website: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ibnabbas
Email: s2iat@uinsu.ac.id
Published by: UIN SU Medan
Office: UIN Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pancing Medan, Pasar V Medan Estate» Tel /fax : 0616622925 /