EFEKTVITAS TIKTOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEDEKAH Q.S AL-BAQARAH AYAT 271 (PANDANGAN WAHBAH AZ-ZUHAILI DAN ATH-THABARI)
Abstract
Sebagai salah satu media yang paling populer digunakan oleh anak milenial, tiktok memiliki peran yang sangat kuat dalam upaya penyebaran informasi dari berbagai kalangan, hal ini memungkinkan pesan dakwah juga dapat tersampaikan mengikuti tren yang ada. TikTok menjadi salah satu alternatif berdakwah ditengah munculnya berbagai pilihan media baru untuk berdakwah menyebarkan pesan syariat Islam melalui konten video dalam tiktok yang dikemas dengan kreatif sehingga mampu menarik minat anak- anak muda bahkan dewasa untuk mengikuti konten-konten yang tersebar sangat relevan dengan perkembangan zaman saat ini. Selaras dengan hal tersebut dilakukan penelitian terhadap akun tiktok pemilik username @iben_ma yang dalam konten-kontennya mengisyaratkan dan mengajak lebih banyak orang untuk lebih peduli terhadap sekitar. Dalam konteks dakwah, sedekah secara terang-terangan seperti konten yang dibawanya diperbolehkan dengan tujuan memotivasi. Namun hal ini menjadi polemik di kalangan masyarakat, sebagian orang menganggap konten-konten berbagi seperti itu dianggap sebagai suatu bentuk perbuatan Riya atau pamer. Sehubungan dengan hal ini, Qur'an surah Al-Baqarah ayat 271, menurut wahbah Zuhaili dan ath-Thabari membolehkan sedekah dengan terang-terangan dengan tujuan memotivasi lebih banyak orang untuk melakukan hal yang serupa, walaupun ayat ini juga menjelaskan bahwa bersedakah secara sembunyi-sembunyi lebih utama, untuk menghindari kesia-siaan pada nilai sedekah yang diberikan karna dikhawatirkan akan menimbulkan riya bagi pemberi sedekah
Full Text:
PDFReferences
Alim Puspianto. “Kelebihan Dan Kelemahan Media Dakwah Di Era Globalisasi.” An-Nida’ : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 12, no. 1 (2023): 57–82. doi:10.61088/annida.v12i1.649.
Ath-Thabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. Tafsir Ath-Thabari, Surah Al-Baqarah: Penerjemah Ahsan Ahkam, Jilid 4. Jilid 19. Jakarta: Pustaka Azzam, 1014.
Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir, Aqidah, Syariah Manhaj (Al-Baqarah-Ali ’imran-An-Nisa) Juz 3 & 4, Jilid 2. Cetakan 1. Jakarta: Gema Insani, 2013.
Baroroh. Efek Berdakwah Melalui Media Tradisional. Semarang: IAIN Wali Songo, 2009.
Beno, J, A.P Silen, and M Yanti. “IMPLEMENTASI QS. AL-BAQARAH:271 DALAM KONTEN SEDEKAH YOUTUBER (BAIM PAULA).” Braz Dent J., 2022.
Djatnika, Rachmat. Sistem Etika Islam Akhlak Mulia. Jakarta: Pustaka Indonesia, 1996.
Dwi, M. Handy dan Mustain mashud Wijaya. “Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tiktok.” Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya Vol. 3 (2020): 91.
Fariz, Luthfi Ahmad. “Keutamaan Sedekah Secara Sembunyi-Sembunyi.” Sinergy: Jurnal Ilmu Multi Disiplin Vol. 1, No (2024): 271.
Hariansyah. Milenial Bukan Generasi Micin. Bandung: Guepedia Publisher, 2018.
Hasanah, Uswatun. “Strategi Dan Management Dakwah Masa Pandemi Covid-19 Masyarakat Madura” Vol.3 (2020): 49–62.
Hayati, Dinda Rizky. “Pemanfaatan Media Tiktok Sebagai Media Dakwah Oleh Ikhwan Mukhlis.” Skripsi, 2021, 1–71. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11907%0Ahttp://repository.iainpurwokerto.ac.id/11907/1/SKRIPSI_DINDA RIZKY HAYATI_1717102009.pdf.
Jaya, N. “Konsep Sedekah Perspektif Yusuf Mansyur Dalam Buku The Miracle of Giving.” Uin Raden Intan Lampung, 2017, 17.
Mardiana, R. “Daya Tarik Dakwah Digital Sebagai Media Dakwah Untuk Generasi Milenial.” Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah Vol.10, No (2020): 148–58.
Marta. “Indahnya Bersedekah.” IINDAHNYA BERSEDEKAH III (2021): 1–4.
Muhamad Parhan, Aulia Khairunnisa dan Muhammad Syamsuddin Umar. “Pengaruh Penggunaan Tiktok Sebagai Media Dakwah Di Kalangan Mhasiswa Muslim Upi.” Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam 1, no. 1 (2022): 13.
Musdalifah, Intan, and Nikmah Hadiati Salisah. “Cyberdakwah: Tiktok Sebagai Media Baru.” KOMUNIDA : Media Komunikasi Dan Dakwah 12, no. 2 (2022): 176–95. doi:10.35905/komunida.v12i2.2733.
Muthmainnah, Maulida, Aang Ridwan, and Yuyun Yuningsih. “Dakwah Pada Media Baru” 8, no. April (2023): 43–60.
Puteh, Jakfar dan Saifullah. Dakwah Tekstual Dan Kontekstual. Yoyakarta: AK Group, 2010.
Saputra, Teguh. “Hikmah Sedekah Dalam Al-Qur’an Dan Hadis.” Gunung Djati Conference Series 8 (2022): 1–10.
Yayuli, Veronika Candra Dewi, Fauzul Hanif Noor Athief, and Luthfiyyah Nurul Izzah. “Kajian Tafsir Sedekah Bagi Pengemudi Ojek Online Dan Masyarakat Paruh Baya Melalui Media Radio.” Abdi Psikonomi 3 (2022): 201–8. doi:10.23917/psikonomi.vi.1180.
Yunita, Yuyun. “Konsep Sedekah Dalam Islam.” Natuja: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 2, No (2022): 3.
DOI: http://dx.doi.org/10.51900/ias.v7i2.22786
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tentang Jurnal | Kebijakan Jurnal | Pengarang | Informasi |
Ibnu Abbas: Jurnal Ilmu Alquran & Tafsir
e-ISSN: 2620-7885
Website: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ibnabbas
Email: jurnalibnabbas@uinsu.ac.id
Diterbitkan oleh:
Kantor UIN SU Medan : UIN Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pancing Medan, Pasar V Medan Estate» Telp /fax : 0616622925 /