PENDIDIKAN JASMANI SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN KARAKTER DI MA'HAD AL-JAMI'AH UIN-SU: TELAAH Al-QUR’AN DAN HADIS
Abstract
Pendidikan jasmani di Ma'had al-Jami'ah UIN-SU bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan kebugaran fisik, tetapi juga menjadi sarana efektif pembentukan karakter Islami berbasis nilai-nilai Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad SAW. Melalui kegiatan seperti badminton, senam, dan lari pagi, mahasantri diajarkan kedisiplinan, kerja sama, tanggung jawab, dan pengendalian emosi sesuai tuntunan Islam. Landasan utama pendidikan ini adalah sabda Nabi, "Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah" (HR. Muslim), yang menekankan pentingnya keseimbangan fisik dan spiritual. Pendekatan berbasis hadis ini juga mengintegrasikan nilai ukhuwah Islamiyah, penghormatan terhadap waktu, dan kesadaran menjaga tubuh sebagai amanah Allah SWT. Dengan pembinaan ini, mahasantri tidak hanya memperoleh manfaat jasmani, tetapi juga terlatih mengelola aspek mental, spiritual, dan sosial, menciptakan generasi muslim yang sehat, kuat, dan berkarakter mulia.
Full Text:
PDFReferences
Pratiwi, E, Dkk. (2020). Buku Ajar Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bening Media Publishing.
Alif, M. N, & Sudirjo, E. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. Sumedang: UPI Sumedang Press
Ginanjar, A. (2019). The Effects of Personalized System for Instruction Learning Model on Vocational School Students’ Motivation. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 4 (1). 32-36.
Mappaompo, A, Dkk. (2023). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. Pekalongan: PT. Nasya Exspanding Management.
Tetikay. R, (2019). Perbandingan Sistem Pendidikan Jasmani dan Olahraga Indonesia Dengan India. Jurnal Manajemen Sains.
Safwan, E. (2022). Fungsi Landasan Ilmiah Dalam Pendidikan Jasmani. Economica Didactica. 3 (1). 1-11.
Sari, M. & Haris, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal. 1 (1). 54-71
Anggriawan, N. (2015). Peran Fisiologi Olahraga Dalam Menunjang Prestasi. Jurnal Olahraga Prestasi. 11 (2). 8-18.
Sa’adah, F. Dkk. (2021). Pedagogi Pendidikan Jasmani. Majalah Ilmiah Olahraga. 27 (2). 60-70.
Sari. M, Dkk. (2024). Pendidikan Jasmani Adaptif Olahraga Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. PT. Insan Cendekia Mandiri Group.
Pratiwi. E & Oktaviani. M. N, (2018), Dasar-Dasar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Pustaka Djati.
Hakiman & Mustofa. (2022). Pendidikan Jasmani Dalam Kitab At-tahliyyah wa At-targhib dan Implikasinya Dalam Pendidiakan Islam. Jurnal Studi dan Penelitian pendidikan Islam. 5 (2). 152-176.
Ulfa, M. (2023). Pendidikan Jasmani Dalam Al-Qur’an. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7 (1). 25-35.
Sudarsinah, (2021). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Bagi Anak Usia Sekolah dasar. Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin. 3 (3). 1-10.
Paramithia, V. Dkk, (2024). Pendidikan Jasmani Menurut Islam: Telaah Pendidikan dari Al-Qur’an dan Hadis, Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. 1 (2). 380-397.
Sudirjo, E & Alif, M. N. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Bunayar. (2022). Pendidikan Jasmani dan Olahraga (Dalam Hadis-Hadis Tentang Olahraga). Jurnal Pendidikan Islam. 3 (2). 253-275.
DOI: http://dx.doi.org/10.51900/ias.v7i1.22726
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tentang Jurnal | Kebijakan Jurnal | Pengarang | Informasi |
Ibnu Abbas: Jurnal Ilmu Alquran & Tafsir
e-ISSN: 2620-7885
Website: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ibnabbas
Email: jurnalibnabbas@uinsu.ac.id
Diterbitkan oleh:
Kantor UIN SU Medan : UIN Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pancing Medan, Pasar V Medan Estate» Telp /fax : 0616622925 /