PERAN PEREMPUAN SEBAGAI MUFASSIR DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Para ulama klasik dan kontemporer telah membahas kajian Al-Quran dalam berbagai bidang, dan banyak upaya telah dilakukan untuk memahami isinya dari berbagai bahasa. Dunia tafsir Al-Quran umumnya didominasi oleh ulama laki-laki, namun tidak berarti perempuan tidak memiliki kontribusi dalam dunia pendidikan Islam khususnya pada ranah penafsiran Al-Quran di masa lalu dan sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran perempuan sebagai mufassir serta kontribusi mereka dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tehnik analisis data yang bersifat desktiptif-analitik. Hasil dalam penelitian ini menemukan bahwa peran perempuan sebagai mufassir sangat penting dalam memperkaya pemahaman terhadap teks suci Islam. Para mufassir perempuan yang telah memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan Islam dari abad kedelapan belas hingga saat ini di antaranya Zayb al-Nisā’ al-Makir; Nusret Begüm Emin; ‘Ᾱishah ‘Abd al-Raḥmān; Zainab al-Ghazāli; Nā’ilah Hāshim Ṣabrī; Hannān al-Lahhām; Semra Kürün Çekmegil; Fevkiyye Ibrahim al-Sirbini; Kamilah binti Muhammad al-Kawari; Miyadah binti Kamil al-Madi; Amina Wadud; Hibah Rouf Izzat; dan Ulfa Yousef. Nama-nama mereka mungkin tidak sebanyak jumlah mufassir laki-laki, namun mereka telah membantu mempromosikan kesetaraan gender, memperbarui praktik keagamaan, dan memperkaya pendidikan Islam dengan perspektif yang lebih beragam
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, La Ode Ismail. “Hadis Tentang Hak Nafkah Bagi Wanita Yang Ditalak Tiga (Kasus Fatimah Binti Qais).” Al-Maiyyah 7, no. 1 (2014): 16–33.
Al-Ayya, Arina. “Konstruksi Relasi Gender Dalam Tafsir Al-Qur’an (Telaah Kitab Nazharat Fi Kitabillah Karya Zainab Al-Ghazali Al-Jubaili).” Prosiding Konferensi Gender Dan Gerakan Sosial 1, no. 1 (2022): 574–86. doi:10.2022/kggs.v1i01.376.
Asgharpour, Hassan, Ali Safari, and Robab Emamian. “Methodology of the Commentary Makhzan Al-‘Irfān by Lady Amin (Regarding the Interpretation of the Verses Related to ‘Women’ in the Qur’an).” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 8, no. 7 (2021): 699–709. doi:10.18415/ijmmu.v8i7.2948.
Asroor, Zaimul. “Kebebasan Kehendak Manusia: Studi Kasus Penafsiran Bintu Shāṭī.” Quhas: Journal of Qur’an and Hadith Studies 8, no. 2 (2019): 112–32.
Awwaliyah, Robiatul, and Hasan Baharun. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Telaah Epistimologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA 19, no. 1 (2018): 34–49. doi:10.22373/jid.v19i1.4193.
Aydar, Hidayet, and Mehmet Atalay. “Female Scholars of Quranic Exegesis in the History of Islam.” Journal of Theology Faculty of Bülent Ecevit University 1, no. 2 (2014): 1–34.
Aziz, M. Abdul. “The Principles Studied in Islamic Political Thought: Revisiting Modern Political Discourse.” IJISH (International Journal of Islamic Studies and Humanities) 6, no. 1 (2023): 65–86. doi:10.26555/ijish.v6i1.6974.
Baharun, Hasan. Pengembangan Kurikulum : Teori Dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan Dan Langkah-Langkah Pengembangan Kurikulum PAI). Yogyakarta: Cantrik Pustaka, 2017.
Begum, Azeema. “Political Participation of Female in Pakistan: Prospects and Challenges.” Unisia 41, no. 2 (2023): 39–76. doi:10.20885/unisia.vol41.iss1.art3.
Farhana, Andi Amirah, and Syarif Abbas. “Telaah Pengaruh Pemikiran Tafsir Feminisme Amina Wadud Terhadap Masyarakat Muslim Barat.” EL-ADABI: Jurnal Studi Islam 2, no. 1 (2023): 62–88. doi:10.59166/el-adabi.v2i1.35.
Fawaid, Ah. “Pemikiran Mufasir Perempuan Tentang Isu-Isu Perempuan.” Karsa: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman 23, no. 1 (2015): 57–80. doi:10.19105/karsa.v23i1.609.
Fikriyati, Ulya. “Reinterpretasi Teks Al-Qur’an: Analisis Status Tafsir Pada Akun Facebook Hanan Lahham.” Suhuf: International Journal of Islamic Studies 11, no. 1 (2018): 55–76. doi:10.22548/shf.v11i1.302.
Firdaus, Dhomirotul, and Zaenal Arifin. “Pendidikan Perempuan Perspektif Quraish Shihab Dalam Tafsir Al Misbah.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 29, no. 2 (2018): 208–34. doi:10.33367/tribakti.v29i2.595.
Ghazali, Ummi Zainab Mohd, and Muhammad Azizan Sabjan. “Zainab Al-Ghazali: A History Of Mujahidah Awakening In Egypt.” In European Proceedings of Social and Behavioural Sciences EpSBS, 659–67, 2020. doi:10.15405/epsbs.2020.10.02.60.
Hairiyah, Sangkot Sirait, and Mahmud Arif. “The Importance of Islamic Education and Gender Equality in Contemporary Schools.” DAYAH: Journal of Islamic Education 7, no. 1 (2024): 114–26. doi:10.22373/jie.v7i1.21858.
Hatem, Mervat F. “A’isha Abdel Rahman: An Unlikely Heroine A Post-Colonial Reading of Her Life and Some of Her Biographies of Women in the Prophetic Household.” Journal of Middle East Women’s Studies 7, no. 2 (2011): 1–26. doi:10.2979/jmiddeastwomstud.7.2.1.
Herlambang, Saifuddin, and Wendi Parwanto. “Paradigm Shifts in the Interpretation of Heaven Illustration Among Indonesian Mufassirin: A Comparative Analysis of AsSingkili, Hamka, and M. Quraish.” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis 24, no. 1 (2023): 181–204. doi:10.14421/qh.v24i1.4454.
Hidayat, Mohamad Rizal Wahid, and Ashif Az Zafi. “Manajemen Sistem Pendidikan Dalam Upaya Mengembangkan Kualitas Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Edukasi Nonformal 1, no. 1 (2020): 218–27. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/540.
Kaltsum, Lilik Ummi. “Tafsir Al-Qur’an: Pemahaman Antara Teks Dan Realitas Dalam Membumikan Al-Qur’an.” Al-Fanar: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 3, no. 2 (2020): 221–33. doi:10.33511/alfanar.v3n2.221-233.
Khair, Nur Saadah Hamisan, and Norwardatun Mohamed Razali. “Women’s Contributions in The Qur’anic Exegesis: Issues and Analysis.” In Proceedings of the 6th International Conference on Quran as Foundation of Civilisation (SWAT 2019), 8–9, 2019.
———. “Women’s Role as Mufassir and Their Contributions to Qurʾanic Exegesis.” Al-Burhān Journal of Qurʾān and Sunnah Studies 5, no. 2 (2021): 48–62. doi:10.31436/alburhn.v5i2.197.
Lopes Cardozo, Mieke T A, Rizki Amalia Affiat, Faryaal Zaman, Maida Irawani, and Eka Srimulyani. “Silent Struggles: Women Education Leaders’ Agency for Peacebuilding in Islamic Schools in Post-Conflict Aceh.” Journal of Peace Education 19, no. 2 (May 4, 2022): 158–81. doi:10.1080/17400201.2022.2052826.
Mahmudah, Nur. “Perempuan Dalam Relasi Kuasi Tafsir Al-Qur’an: Telaah Atas Corak Tafsir Ummu Salamah R.A.” Palastren: Jurnal Studi Gender 6, no. 2 (2016): 421–40. doi:10.21043/palastren.v6i2.993.
Mansir, Firman, Effendi Limbong, Ghulam Mustafa Nukhba, and Habiburrahman Rizapoor. “Problems of Islamic Education in the Era of the Industrial Revolution 5.0.” Jurnal Indo-Islamika 13, no. 1 (2023): 1–14. doi:10.15408/jii.v13i1. 32404.
Muhammad, Maslina, Mustaffa Abdullah, and Monika Munirah Abd Razzak. “Sumbangan Wanita Dalam Bidang Tafsir: Sorotan Dari Zaman Awal Islam Hingga Abad Ke 18.” Online Journal Research in Islamic Studies 6, no. 2 (2019): 29–43.
Mumayyizah, Siti, and Slamet Muliono Redjosari. “Studi Komparatif Pemikiran Hibah Ra’ūf ’Izzat Dan Siti Musdah Mulia Tentang Kepemimpinan Perempuan.” JUIT: Journal of Ushuluddin and Islamic Thought 1, no. 1 (2023): 72–88. doi:10.15642/juit.2023.1.1.73-89.
Ridwan, Muhammad. “Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2018). doi:10.31538/nzh.v1i1.41.
Riyadi, Agus, Saerozi, and Fania Mutiara Savitri. “Women and the Da’wah Movement: Historical Analysis of the Khadijah RA’s Role in the Time of Rasulullah Saw.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 15, no. 1 (2021): 43–62. doi:10.15575/idajhs.v15i1.9346.
Rubio-Marín, Ruth. “The (Dis)Establishment of Gender: Care and Gender Roles in the Family as a Constitutional Matter.” International Journal of Constitutional Law 13, no. 4 (October 1, 2015): 787–818. doi:10.1093/icon/mov059.
Rutner, Maryam. “Religious Authority, Gendered Recognition, and Instrumentalization of Nusrat Amin in Life and after Death.” Journal of Middle East Women’s Studies 11, no. 1 (2015): 24–41.
Shalahuddin, Henri, Muhammad Sofian Hidayat, Allam Setiawan Nugroho, M Ammar Tsaqib, and Ahmad Jamil. “Konsep Mītsāqan Ghalīzhan Sebagai Solusi Cara Pandang Feminis Tentang Konsep Pernikahan: Mītsāqan Ghalīzhan’s Concept as a Solution to the Feminist Perspective on the Concept of Marriage.” Journal of Islamic and Occidental Studies 1, no. 2 (2023): 190–213. doi:10.21111/jios.v1i2.23.
Siregar, Ferry Muhammadsyah. “Exploring Methodological Aspects of Linguistic in The Quran and Its Tafsir.” RELIGIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 15, no. 1 (2012): 1–13. doi:10.28918/religia.v15i1.119.
Siregar, Idris, and Alwi Padly Harahap. “Kontekstualisasi Hadis Tentang Kurangnya Kecerdasan Perempuan Dan Agama.” Tajdid: Jurnal Ilmu Ushuluddin 23, no. 1 (2024): 218–57. doi:10.30631/tjd.v23i1.442.
———. “Sejarah Kehidupan Nabi Dalam Musnad Aḥmad: Kajian Analitik Ayat Al-Qur’ān Tentang Sīrah Nabawiyyah.” Kamaya: Jurnal Ilmu Agama 7, no. 1 (2024): 113–24. doi:10.37329/kamaya.v7i1.3131.
Soleh, Achmad Khudori. “Bint Al-Shati’ Critical Thematic Method and the Difference with Others.” Al Quds: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis 5, no. 1 (2021): 399–416. doi:10.29240/alquds.v5i1.2610.
Summalia, Rika, Mawaddah Fitri, Rusydi, and Zulbadri. “Titl Correct and Careful as One of The Requirments of an Mufassir.” Majalah Ilmu Pengetahuan Dan Pemikiran Keagamaan TAJDID 26, no. 1 (2023): 83–92. doi:10.15548/tajdid.v26i1.6264.
Uthman, Yusuf Olawale Owa-Onire. “The Evolution of Qur’anic Interpretationin the First Three Centuries of Islam.” IJISH (International Journal of Islamic Studies and Humanities) 4, no. 2 (2021): 50–64. doi:10.26555/ijish.v4i2.4462.
Uyuni, Badrah, and Mohammad Adnan. “Woman Ulama’s Authority on Social Media.” Ilmu Ushuluddin 8, no. 2 (2021): 237–54. doi:10.15408/iu.v8i2.24298.
Yanto, Murni. “The Concept of Islamic Religious Education Management Contained in Surah Luqman Verses 12-19.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2022): 816–29. doi:10.31538/nzh.v5i2.2173.
DOI: http://dx.doi.org/10.51900/ias.v7i1.22548
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tentang Jurnal | Kebijakan Jurnal | Pengarang | Informasi |
Ibnu Abbas: Jurnal Ilmu Alquran & Tafsir
e-ISSN: 2620-7885
Website: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ibnabbas
Email: jurnalibnabbas@uinsu.ac.id
Diterbitkan oleh:
Kantor UIN SU Medan : UIN Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pancing Medan, Pasar V Medan Estate» Telp /fax : 0616622925 /