AL-QIRA>’A>T AL-‘ASHRAH: SEJARAH, KEDUDUKAN DAN KARAKTERISTIKNYA

Ahmad Faizal Basri

Abstract


Qira>’a>t al-‘Ashrah adalah qira>’ah mutawa>tir, meskipun tiga terakhir yakni Ya’qu>b (130-205 H), Khlaf (150-227 H) dan Abu> Ja’far (...-128 H) ada yang mempermasalahkannya, tetapi menurut pendapat yang sah adalah mutawa>tir. Kesepuluh imam qira>’a>t termasuk yang tiga terakhir telah dinyatakan kemutawatirannya. Sedangkan selebihnya telah dinyatakan kesha>dznya. Jika ditarik ke sejarah qira>’ah, tentu sangat  diperdebatan. Adapun qira>’ah sab’ah yang dikaitkan dengan sab’ah ah{ruf  adalah pernyataan yang keliru. Sebab sab’ah pada kata ah{ruf itu merupakan peluang kemudahan bagi yang sulit membaca al-Qur’an, karena faktor usia, orang yang tidak mampu, atau anak kecil. Sedangkan qira>’ah yang berkembang setelah adanya mus}h}f Uthma>ni> itu terkait bacaan terhadap mus{h{af yang telah disepakati bersama akan kemutawa>tirannya, hanya saja mus{h{af tersebut tidak ada titik untuk membedakan ra>’ dengan za>y dan harakat untuk membedakan fath{ah dengan kas{rah dan lain sebagainya, sehingga timbul perbedaan bacaan dengan catatan tidak menyalahi dari antara mus}h}af-mus}h}af yang telah disepakati dan diriwayatkan dengan riwayat yang s{ah{i>h{..

Kata Kunci: Qira>’a>t Ashrah, Sejarah, Kedudukan dan Karakteristik


Full Text:

PDF

References


‘Asqala>ni> (al), Ah}mad bin ‘Ali> bin H}ajr, Fath{ al-Ba>ri> Sharh{ S}ah}i>h} al-Bukha>ri>, Beirut: Da>r al-Ma’rifah, 1379 H. IX.

Ashshiddiqi, T.M. Hasbi dkk, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Madinah: Mujma’ Al Ma>lik Fahd Li> T{iba>’at Al Mus{h{af Al Shari>f, 1418 H.

Bukha>ri> (al), Muh}ammad bin Isma>’i> l bin Ibra>hi>m, S}ah}i>h} al-Bukha>ri>, cet. VI, Beirut: Da>r al-Kutub al-Ilmiyah, 2009 M.

Kha>ru>f, Muh{ammad Fahad, al-Muyassar fi> al-Qira>’a>t al-‘Ashr al-Mutawa>tirah min T{ari>q T{ayyibah al-Nashr, cet. VI, Beirut: Da>r Ibn Kathi>r, 2020 M.

Muhammad, Ashin Sakho, Membumikan Ulumul Qur’an, cet. II, Jakarta: Qaf, 2019 M.

Qa>d}i> (al), Abd al-Fatta>h}, al-Budu>r al-Za>hirah; fi> al-Qira>’a>t al-‘Ashr al-Mutawa>tirah min T{ari>qay al-Sha>t}ibiyyah wa al-Darrah, cet. I, Makkah: Maktabah Anas bin Malik, 2002 M.

Qala>nisi> (al), Muh{ammad bin al-Husayn, “Kita>b Irsha>d al-Mubtadi> wa Tadzkirah al-Muntaha> fi al-Qira>’a>t al-‘Ashr”, Tesis--: Universitas Umm al-Qura>, Makkah, 1404 H.

Qaysi> (al), Makki> bin Abi> T{a>lib H}ammu>s, al-Iba>nah ‘an Ma’ani> al-Qira>’a>t, Ttp: Da>r Nahd}ah Mud{i>r, tt.

Sakha>wi> (al), Abu> al-H{asan ‘Ali> bin Muh{ammad bin ‘Abd al-S{amad, Jama>l al-Qurra>’ wa Kama>l al-Iqra>’, cet. I, Beirut: Muassasah al-Kutub al-Thaqa>fiyah, tt. I.

Sijista>ni> (al), Abu> Dawu>d Sulayma>n bin al-Ash’ath, Sunan Abi> Da>wu>d, Beirut: Da>r al-Kita>b al-‘Arabi>, tt. I.

Solahuddin, M., Mushaf Nusantara, cet. I, Kediri: Pustaka Zamzam, 2017 M.

Tirmidzi> (al), Abu> ‘I>sa> Muh{ammad bin ‘I>sa>, Sunan al-Tirmidzi> wa Huwa al-Ja>mi’ al-S}ah}i>h}, cet. III, Beirut: Da>r al-Kutub al-Ilmiyah, 2008 M.




DOI: http://dx.doi.org/10.51900/ias.v5i2.19770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information
  • For Readers
  • For Authors
  • Journal History

Ibn Abbas: Jurnal Ilmu Alquran & Tafsir
e-ISSN: 2620-7885
Website: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ibnabbas
Email: s2iat@uinsu.ac.id
Published by: UIN SU Medan
Office: UIN Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pancing Medan, Pasar V Medan Estate» Tel /fax : 0616622925 /