ANALISIS KESETARAAN GENDER DALAM AL-QUR’AN

Muhammad Resky, Muhammad Syakhil Afkar Ramadhani, Yosse Amanda Pratama

Abstract


Banyak sekali terjadi multitafsir terhadap QS. An-Nisa (4): 34 diantaranya yaitu pembenaran pria memiliki posisi lebih tinggi dalam mengingatkan wanita yang berbuat salah. Tidak sedikit pria yang memiliki paradigma patriarki terhadap perempuan. Paradigma tersebut perlu diluruskan melalui analisis kajian berberapa tafsir Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji QS. An-Nisa [34]: 4-7; QS. Adzariyat [51]: 56, QS. Al-A'raf [7]:172, QS. Ali Imron [3]: 195; Al-Ahzab [33]: 35 dari berberapa kitab tafsir yang mu’tabar untuk menjelaskan bahwa Al-Quran tidak menerangkan paradigma patriarki dan matriarki. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa kitab tafsir Al-Qur’an yaitu tafsir Ibnu Katsir, tafsir Al-Mishbah, tafsir Jalalain, tafsir Al-Azhar, dan tafsir Ath-Thabari serta beberapa sumber lainnya berupa referensi-referensi hasil penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya Al-Qur’an menjawab keserasian antara pria dan perempuan sebagaimana yang termaktub dalam QS. An-Nisa [34]: 4-7 menjelaskan bahwa perempuan memiliki hak warisan dan mahar, QS. Adzariyat [51]: 56 menjelaskan memiliki seruan perintah yang sama dalam beribadah, QS. Al-A’raf [7]:172 menjelaskan pria dan perempuan memiliki perjanjian primordial tauhid yang sama, QS. Ali Imran [3] ayat 195 yakni pria dan wanita memiliki potensi sama dalam meraih prestasi, Al-Ahzab [33]: 35 menjelaskan bahwa pria dan wanita memiliki keserasian taqwa. Penelitian ini berimplikasi dalam perkembangan paradigma keserasian antara pria dan wanita serta paradigma patriarki dan matriarki dihapuskan.

Kata kunci: Al-Qur’an; Kesetaraan Gender; Pria; Perempuan


Full Text:

PDF

References


’Afifah, A. H., & Farida Nur. (2022). Kesetaraan Gender Dalam Pandangan Asghar Ali Engineer: Interpretasi Antara Teks Keagamaan dan Konteks Sosial. Jurnal Mafatih : Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(2), 17–32. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.24260/mafatih.v2i2.964.

Abidin, Z. (2017). Kesetaraan Gender dan Emansipasi Perempuan dalam Pendidikan Islam. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(01), 1–17.

Ahmad Riad, F., & Romaida. (2022). Penguatan Pendidikan Gender (Tela’ah Kritis Dalam Perspektif Islam). Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 162–178. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.53649/symfonia.v2i2.26

Amaliatulwalidain. (2015). Diskursus Gender: Telaah terhadap Pemikiran Amina Wadud. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 15(1), 79–106. https://doi.org/http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/443

Anggoro, T. (2019). Konsep Kesetaraan Gender Dalam Islam. Afkaruna, 15(1), 129–135. https://doi.org/10.18196/aiijis.2019.0098.129-134

Furqan, M. H., Yanti, S., Azis, D., Kamza, M., & Ruslan. (2020). Content Analysis of the Value of Love for the Motherland (Nationalism) in Geography Curriculum Subject Materials. Jurnal Serambi Ilmu, 21(1), 48–63. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/si.v21i1.1882

Hamka. (1999a). Tafsir AL-Azhar Jilid 1. Pustaka Nasional PTE LTD.

Hamka. (1999b). Tafsir Al-Azhar Jilid 4.

Hidayati, A., Rusydi, I., & Suhendrik. (2022). Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Islam. Journal Islamic Pedagogia, 2(1), 73–83. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.222

Hoppen, N. H. F., & Vanz, S. A. de S. (2023). The development of Brazilian women’s and gender studies: a bibliometric diagnosis. In Scientometrics (Vol. 128, Issue 1). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/s11192-022-04545-w

Ibnu Katsir. (2003a). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 2. Pustaka Imam asy-Syafi’ i.

Ibnu Katsir. (2003b). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 28. Pustaka Imam asy-Syafi’ i.

Imam Syuyuthi. (2017). Tarikh Khulafa’. Qisthi press.

Katsir, I. (2003). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 6. Pustaka Imam asy-Syafi’ i.

Kieliszek, Z. (2022). Assessment of the Rationality of Gender Studies from the Perspective of Bocheński’s Concept of Philosophical Superstition. Philosophia (United States), 50(2), 581–594. https://doi.org/10.1007/s11406-021-00406-7

Kusumawardhana, I., & Abbas, R. J. (2018). INDONESIA DI PERSIMPANGAN: URGENSI “UNDANG-UNDANG KESETARAAN DAN KEADILAN GENDER” DI INDONESIA PASCA DEKLARASI BERSAMA BUENOS AIRES PADA TAHUN 2017. Jurnal HAM, 9(2), 153–174. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30641/ham.2018.9.153-174

Kusumawardhana, I., & Rusdi Jarwo Abbas. (2018). Indonesia Di Persimpangan: Urgensi ‘Undang-Undang Kesetaraan Dan Keadilan Gender’ Di Indonesia Pasca Deklarasi Bersama Buenos Aires Pada Tahun 2017. Jurnal HAM, 9(2), 153–174. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30641/ham.2018.9.153-174.

Lindqvist, A., Sendén, M. G., & Renström, E. A. (2021). What is gender, anyway: a review of the options for operationalising gender. Psychology and Sexuality, 12(4), 332–344. https://doi.org/10.1080/19419899.2020.1729844

Maber, E. J. T. (2016). Finding feminism, finding voice? Mobilising community education to build women’s participation in Myanmar’s political transition. Gender and Education, 28(3), 416–430. https://doi.org/10.1080/09540253.2016.1167175

Mahali, J., & jalaludin as-syuyuthi. (n.d.). Tafsir Jalalain. Darul Ihya.

Mari, E., Biondi, S., Varchetta, M., Cricenti, C., Fraschetti, A., Pizzo, A., Barchielli, B., Roma, P., Vilar, M. M., Sala, F. G., Giannini, A. M., & Quaglieri, A. (2023). Gender differences in internet addiction: A study on variables related to its possible development. Computers in Human Behavior Reports, 9(November 2022). https://doi.org/10.1016/j.chbr.2022.100247

Masripah, M., Nasrullah, Y. M., & Fatonah, N. (2022). Kebolehan Wanita Berkarir Dalam Pandangan Al-Quran. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 6(2), 843. https://doi.org/10.29240/alquds.v6i2.4238

Muhammad, I. (2019). Wanita Karir Dalam Pandangan Islam. Al-Wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama, 13(1), 99–108.

Ningtias, R. K. (2022). Kajian Gender dalam Pendidikan Islam dan Transformasi Pendidikan Berkeadilan Gender. Darajat: Jurnal PAI, 5(1), 103–112.

Probosiwi, R. (2015). Perempuan dan Perannya dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Jurnal Natapraja, 3(1), 41–72. https://doi.org/https://journal.uny.ac.id/index.php/natapraja/article/view/11957/8553

Purwanto, T. (2019). KESETARAAN GENDER DAN RELASI KUASA DALAM TAFSIR AL-QUR ’ AN TEMATIK A . PALASTREN: Jurnal Studi Gender, 12(1), 30–63. https://doi.org/10.21043/palastren.v12i1.5052

Purwo Juono, R. (2015). Kesetaraan Gender dalam Pendidikan Islam KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Pemikiran Pendidikan Hamka dalam Tafsir al-Azhar). ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, 15(1), 123. https://doi.org/10.24042/ajsk.v15i1.723

Qomariah, D. N. (2019). Persepsi Masyarakat Mengenai Kesetaraan Gender Dalam Keluarga. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 52–58.

Riad, A., Indralaya, I., & TPQ Al Mubarok Sukacinta, K. (2022). Penguatan Pendidikan Gender (Tela’ah Kritis Dalam Perspektif Islam). 165–178.

Rosyad, A. M. (2019). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v5i1.90

Rusydiyah, E. F. (2016). PENDIDIKAN ISLAM DAN KESETARAAN GENDER (Konsepsi Sosial tentang Keadilan Berpendidikan dalam Keluarga). Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(1), 20. https://doi.org/10.15642/pai.2016.4.1.20-43

Safitri, A. N., Fatah, M. A., Azizah, N. N., & Zakiah, S. A. (2021). Kesetaraan gender dalam dunia pendidikan dan perspektif agama Islam. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 128–132. https://doi.org/10.22219/jppg.v2i3.23975

Saguy, T., Reifen-Tagar, M., & Joel, D. (2021). The gender-binary cycle: The perpetual relations between a biological-essentialist view of gender, gender ideology, and gender-labelling and sorting. Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences, 376(1822). https://doi.org/10.1098/rstb.2020.0141

Shihab, M. Q. (2005a). TAFSIR AL-MISHBAH: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an volume 13 (3rd ed.). Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2005b). TAFSIR AL-MISHBAH: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an volume 2 (4th ed.). Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2005c). TAFSIR AL-MISHBAH: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an volume 5 (4th ed.). Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2018). Perempuan. Lentera Hati.

Siti, M. (2011). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan Wanita Karir. Team Rasail Media Group.

Syafe’i, I., Mashvufah, H., Jaenullah, & Susanti, A. (2020). Konsep Gender Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 243–257. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/7804

Syakir, A. M., & Syakir, M. M. (2007a). Terjemah Tafsir Ath-Thabari jilid 11. Pustaka Azzam.

Syakir, A. M., & Syakir, M. M. (2007b). Terjemah Tafsir Ath-Thabari jilid 23. Pustaka Azzam.

Thoriquttyas, T. (2018). Citra Perempuan di Lembaran Buku Pendidikan Islam: Analisis Gender Pada Gambar Ilustrasinya. Muwazah, 10(1).

Tijani, A., & Mulyadi. (2018). Gender Dalam Perbincangan Islam Dan Tradisi Lokal: Studi Penelusuran Karakteristik Wacana Gender Di Indonesia. Raheema: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 5(2), 207–216. https://doi.org/https://doi.org/10.24260/raheema.v5i2.1291

Zulfa, N. (2021). Konsep Pendekatan Gender Aware Counseling Berbasis Islam untuk Meminimalisir Aksi Radikalisme di Kalangan Perempuan Melalui Pemahaman Peran Gender. IQTIDA : Journal of Da’wah and Communication, 1(1), 76–96. https://doi.org/10.28918/iqtida.v1i1.3775




DOI: http://dx.doi.org/10.51900/ias.v6i2.19762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tentang JurnalKebijakan JurnalPengarang Informasi
  • Untuk Pembaca
  • Untuk Penulis
  • Sejarah Jurnal

Ibnu Abbas: Jurnal Ilmu Alquran & Tafsir
e-ISSN: 2620-7885
Website:  http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ibnabbas
Email: jurnalibnabbas@uinsu.ac.id
Diterbitkan oleh:
Kantor UIN SU Medan : UIN Sumatera Utara Medan,  Jl. Williem Iskandar Pancing Medan, Pasar V Medan Estate» Telp /fax : 0616622925 /