Analisis Terhadap Penafsiran Ahmad Hassan Tentang Azab Kubur dalam Tafsir Al-Furqan
Abstract
ABSTACT
Ahmad Hassan walaupun bukan orang pribumi Indonesia namun kontribusinya terkait bidang agama untuk nusantara ini sangatlah banyak. Diantaranya usahanya adalah bergerak mempelopori perbaikan kehidupan keislaman masyarakat. Tafsir al-Furqan adalah salah satu tafsir nusantara karya Ahmad Hassan yang terbit pada tahun 1928 dan di terima masyarakat dengan baik dan dengan antusias tinggi. Tafsir ini menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an menggunakan metode Ijmali /secara umum atau global.
Inti dan pokok-pokok yang membangun ajaran Islam dikategorikan sebagai persoalan akidah yang memiliki konsekuensi-konsekuensi signifikan dalam kehidupan beragama seseorang. Di antara perkara akidah yang harus diyakini seorang muslim adalah berkaitan dengan azab kubur dan ia merupakan bagian dari keimanan dengan hari kiamat. Masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini dipusatkan pada aspek akidah tentang azab kubur, bertujuan untuk menganalisa secara mendalam penafsiran Ahmad Hassan terhadap ayat-ayat yang berkaitan tentang azab kubur dalam Tafsir al-Furqan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sejarah (historical approach). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini dalam menganalisis data yang telah terkumpul dengan menggunakan analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penafsiran Ahmad Hassan tentang azab kubur dalam Tafsir al-Furqan adalah Ahmad Hassan tidak meyakini adanya azab kubur. Ahmad Hassan mengatakan: Di dalam hadis-hadis ada disebut azab kubur dan nikmat kubur. Azab dan nikmat itu bukan sebenarnya, karena manusia tidak diberi nikmat atau disiksa sebelum pemeriksaan amal di hari kiamat. Ringkasnya, dari keterangan agama bahwa azab kubur dan nikmat kubur itu ialah gambaran azab dan nikmat yang dipertunjukkan kepada orang yang di dalam kubur. Ahmad Hassan memahami bahwa azab yang dijanjikan untuk orang-orang yang durhaka adalah azab di akhirat bukan di alam barzakh, siksaan hanya ada setelah hari pembalasan.
Kata Kunci: Tafsir al-Furqan, Azab Kubur, Akidah, Muslim
Full Text:
115-147 (Indonesian)References
Adenan dan Husnel Anwar Matondang. 2019. Potensi Radikal-Terorisme dalam Paham Teologi Salafiyah: Studi Kasus terhadap Yayasan Minhaj As-Sunnah Medan, Sumatera Utara: Jurnal Mukaddimah Volume 3 No.1. Medan: Ushuluddin UINSU.
Aisyah, Siti. 2017. Pemikiran Ahmad Hassan Bandung Tentang Teologi Islam. Tesis UINSU. Medan.
Aizid, Rizem. 2016. Kekalkah Kita di Alam Akhirat?. Yogyakarta: Safirah.
Al-Afghani, Muhammad Ṭāhir `Abduẓ Ẓhohir. 2019. al-Maut fil Lughatil `Arabiyyah. Alukah: alukah.net. https://www.alukah.net/literature_language. Diakses 14 September 2019.
Al-Asqalani, Ahmad ibn Hajar. 2013 Fatḥul Bāri Jilid 4. Kairo: Dārul `ālamiyyah.
Al-Barsany, Noer Iskandar. 1997. Pemikiran Teologi Islam A. Hassan (Kajian Analitis Untuk Mengetahui Posisi Pemikiran Teologi Islam A. Hassan). Disertasi IAIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Al-Bagawi, Husain Ibn Mas`ud. 1411 H, Ma`ālimut Tanzīl Juz 4, Riyadh: Dar Thoyyibah.
Al-Bukhāri, Abu Abdillah Muhammad Ibn Ismail. 2007. Ṣaḥīḥul Bukhāriy. Beirut: al-Maktabatul `Aṣriyyah.
Al-Farmawi, ‘Abdul Hayy. 1994. Metode Tafsir maudu`i: Suatu Pengantar. Terjemahan oleh Suryan A. Jamrah. (Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Al-Fauzān, Ṣālih. 2016. Panduan Lengkap Membenahi Akidah. Terjemahan oleh Izuddin Karimi. Jakarta: Darul Haq,
Al-Jauziyah, Ibnul Qayyim. 2005. Roh. Terjemahan oleh Kathur Suhardi. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.
Al-Jazāiri, Abu Bakr Jabir. 2019. Minhajul muslim. Terjemahan oleh Musthofa `Aini, dkk. Jakarta: Darul Haq.
Al-Hanbali, Ibnu Rajab. 2013. Aḥwālul Qubūri wa Aḥwālu Ahlihā ilan Nusyūri. Terj. Ahmad Farid Nazhori. Barzakh: beginilah Manusia di Alam Kubur. Jakarta: Sahara publishers.
Al-Majdi, Muhib dan Abu Fatiah al-Adnani. 2003. Dari Alam Barzakh Menuju Padang Mahsyar. Surakarta: Granada Mediatama.
Al-Qurṭubi, Imam. 1996. at-Tażkirah fī Aḥwālil Mauta wa Umūril Ākhirah. Beirut Lebanon: Dar el-Marefah.
Al-Uṡaimn, Muhammad ibn Ṣālih. 2018. Syarah Aqidah Wasithiyyah. Terjemahan oleh Izuddin Karimi. Jakarta: Darul Haq.
Alwi, Hasan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Amien, Shiddiq dkk. 2007. Panduan Hidup Berjama`ah. Bandung: Humaniora.
Amrin, Tatang M. 1995. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Andirja, Firanda. 2021. Syarah Rinci Rukun Iman Jilid 2. Jakarta: UFA Office.
An-Nakhrawie, Asrifin. 2007. Adzab Kubur Antara Ada dan Tiada. Surabaya: Ikhtiar.
An-Nawawi, Yaḥya ibn Syaraf. 2019. Syarḥu Ṣaḥīḥi Muslim Jilid 3. Jakarta: Darul `Ālamiyyah.
_____________. 2019. Syarḥu Ṣaḥīḥi Muslim Jilid 6. Jakarta: Darul `Ālamiyyah.
_____________. 2019. Syarḥu Ṣaḥīḥi Muslim Jilid 8. Jakarta: Darul `Ālamiyyah.
Anshary, Isa. 1949. Falsafah Perdjuangan Islam. Bandung: Pasifik.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Teori dan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.
As-Sa`di, Abdurrahman bin Nāṣir. 2018. Tafsir al-Qur’an Jilid 5. Terjemahan oleh Muhammad Iqbal dkk. Jakarta: Darul Haq.
_____________. 2019. Syarah Akidah Wasithiyah. Terjemahan oleh Yazid bin Abdul Qadir Jawas. Bogor: Media Tarbiyah.
_____________. 2019. Tafsir al-Qur’an Jilid 1. Terjemahan oleh Muhammad Iqbal dkk. Jakarta: Darul Haq.
_____________. 2020. Tafsir al-Qur’an Jilid 2. Terjemahan oleh Muhammad Iqbal dkk. Jakarta: Darul Haq.
_____________. 2019. Tafsir al-Qur’an Jilid 7. Terjemahan oleh Muhammad Iqbal dkk. Jakarta: Darul Haq.
Asy-Syayi`, Khalid bin Abdurrahman. 2018. Perjalanan Ruh Setelah Mati. Terjemahan oleh Tazkiyatul Fikri. Jakarta: Darul Haq.
Asy-Syuwaib, Fahd bin Abdurrahman. 2017. Amalan Penghibur di Alam Kubur. Terjemahan oleh Ali Murtadho. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi'i.
Az-Zuhaili, Wahbah. 2016. Tafsir al-Munir Jilid 6, Terjemahan oleh Imam Ghazali. Jakarta: Gema Insani.
_____________. 1997. Tafsīrul Wajīz. Beirut: Dar al-Fikr.
Bachtiar, Tiar Anwar dan Pepen Irpan Fauzan. 2012. Persis dan Politik: Sejarah Pemikiran dan Aksi Politik Persis. Jawa Barat: Pw Persis.
_____________. 2013. Anwar Risalah Politik A. Hassan. Jakarta: Pembela Islam Media.
Baidan, Nashiruddin. 1998. Metodologi Penafsiran Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
_____________. 2003. Perkembangan Tafsir Al-Qur’an di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Mandiri.
Bashori, Agus Hasan. 2004. Aqidah Adzab Kubur Mutawatir. Almanhaj. https://almanhaj.or.id/2570-aqidah-adzab-kubur-mutawatir.html. Diakses 17 Juli 2004.
Dahlan, Sofwan. 2007. Ilmu Kedokteran Forensik: Pedoman Bagi Dokter dan Penegak Hukum. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Djaja, Tamar. 1980. Riwayat Hidup A. Hassan. Jakarta: Mutiara Jakarta.
Echols, John M dan Hassan Shadily. 1996. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Federspiel, Howard M. 1994. Kajian al-Qur’an di Indonesia: dari M. Yunus hingga Quraisy Syihab. Terjemahan oleh Tajul Arifin. Bandung: Mizan.
_____________. 2004. Persatuan Islam: Labirin Ideologi Muslim: Pencarian dan Pergulatan Persis di Era kemunculan Negara Indonesia (1923-1957), terjemahan oleh Ruslani dan Kurniawan Abdullah. Jakarta: Serambi.
Gusmian, Islah. 2003. Khazanah Tafsir Indonesia, Pengantar: Amin Abdullah. Jakarta: Teraju.
_____________. 2013. Khazanah Tafsir Indonesia dari Hermeneutika hingga Ideologi. Yogyakarta: LkiS.
Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.
Hassan, Ahmad. 2007. Soal-Jawab Tentang Berbagai Masalah Agama. Bandung: Diponegoro.
_____________. 2011. Terjemah Bulūgul Marām. Bandung: CV. Diponegoro.
_____________. 2014. Tafsir Al-Furgan. Bangil: Pustaka Tamam.
Hidayatullah, Tim Penyusun IAIN Syarif. 2014. Ensiklopedi Islam. Jakarta: PT. Ichtiar Baru van Hoeve.
Idris, Abdul Mun’im dan Agung Legowo Tjiptomartono, 20008. Penerapan Ilmu Kedokteran Forensik dalam Proses Penyidikan. Jakarta: Sagung Seto, 2008), hlm. 1.
Iqbal, Asep. 2004. Muhammad Yahudi dan Nasrani dalam Al-Qur’an. Jakarta Selatan: Teraju.
Islam, Dewan Redaksi Ensiklopedia. 1993. Ensiklopedia Islam. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.
Izzah, Nur. 2014. Gambaran Kata al-Azab dalam al-Qur’an dalam Kitab ‘An Haqaiq Al-Tanzil wa Uyun Al-Aqawi fi Wujuh Al-Ta’wil. Skripsi UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta
Jawas, Yazid bin Abdul Qadir. 2014. Syarah Akidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Jakarta: Pustaka Imam Syafi'i.
_____________. 2017. Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.
Junaedi, Didi. 2013. Memahami Teks, Melahirkan Konteks: Journal of Qur'an and Hadith Studies Volume. 2 No. 1.
Kahmad, Dadang. 2000. Metode Penelitian Agama. Bandung: CV Pustaka Setia.
Mahwanih. 2006. Tafsir al-Furqan Karya Ahmad Hassan. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta
Manzur, Ibn. 1966. Lisānul `Arab. Beirut: Darr Ihya al-Turath al-Arabiy.
Minhaji. 2015. A. Hassan Sang Ideologi Reformasi Fikih di Indonesia 1887-1958. Garut: Pembela Islam Media.
Muchtar, Abdul Latief. 1998. Gerakan Kembali Ke Islam: Warisan Terakhir. PT. Remaja Rosda Karya.
Mughni, Syafiq A. 1994. Hassan Bandung: Pemikir Islam Radikal. Surabaya: PT.Bina Ilmu.
Muhammad, Harry dkk. 2006. Tokoh-Tokoh Islam yang Berpengaruh Abad 20. Jakarta: Gema Insani.
Munawwir, Ahmad Warson. 1997. Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.
Nahrawi, Izza Rohman. 2002. Profil Kajian al-Qur’an di Nusantara sebelum Abad XX. Jurnal al-Huda, Vol. 2, No. 6.
Nasir, Shilun A. 2012. Pemikiran Kalam (Teologi Islam) Sejarah, Ajaran, dan Perkembangan-nya. Jakarta: Raja Grafindo.
Nur Faizin Maswan, Kajian Diskriptif Tafsir Ibnu Katsir (Yogyakarta: Menara Kudus).
Penyusun, Tim. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Rosidi, Ajib. 1990. M. Natsir: Sebuah Biografi. Jakarta: Girimukti Pusaka, 1990), hlm. 32.
S, Siti Fahimah. 2017. Al-Furqan Tafsir al-Qur'an Karya Ahmad Hasan: Sebuah Karya Masa Pra-Kemerdekan: El-Furqania: Jurnal Ushuluddin dan Ilmu-Ilmu Keislaman. Lamongan: STAIDRA.
Santoso, Kholid O. 2009. Manusia Di Panggung Sejarah; Pemikiran dan Gerakan Tokoh- Tokoh Islam. Bandung: Sega Arsy.
Saifuddin. 2013. Tradisi Penerjemahan al-Qur’an ke dalam Bahasa Jawa-Suatu Pendekatan Filologis dalam Suhuf, Vol. 6 No. 2. Jakarta: Lajnah Pentashih Mushaf al-Qur’an.
Shihab, Muhammad Quraish. 1996. Wawasan al-Qur’an Tafsir Maudhū’i. Bandung: Mizan.
Shihab, Muhammad Quraish dkk. 2000. Sejarah dan 'Ulum al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sutiyono. 2010. Benturan Budaya Islam: Puritan dan Sinkretis. Jakarta: Kompas.
Tafsir, Tim Ahli. 2014. Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1. Terjemahan oleh Abu Ihsan al-Atsari,. Bogor: Pustaka Ibnu Katsir.
_____________. 2017. Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 8. Terjemahan oleh Tim Pustaka Ibnu Katsir. Bogor: Pustaka Ibnu Katsir.
Thaha, Idris. 2005. Demokrasi Religius. Jakarta: Mizan Teraju.
Tjokronegoro, Arjatmo dan Sumedi Sudarsono. 1999. Metodologi Penelitian Bidang Kedokteran. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Umar, Muhammad Ali Chasan. 1979. Alam Kubur/Alam Barzah. Semarang: Toha Putra.
Wildan, Dadan. 1997. Dai yang Politikus: Hikayat dan Perjuangan Lima Tokoh Persis. Bandung: Rosda Karya.
Wildan, Dadan dkk. 2015. Anatomi Gerakan Dakwah Persatuan Islam. Tangerang Selatan: Amana Publishing.
Yunus, Mahmud. 1985. Tafsir Qur’an Karim. Jakarta: PT Hidakarya Agung.
Zed, Mestika. 2004. Metodologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.51900/ias.v5i1.12559
Refbacks
- There are currently no refbacks.
About the Journal | Journal Policies | Author | Information |
|
|
Ibn Abbas: Jurnal Ilmu Alquran & Tafsir
e-ISSN: 2620-7885
Website: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ibnabbas
Email: s2iat@uinsu.ac.id
Published by: UIN SU Medan
Office: UIN Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pancing Medan, Pasar V Medan Estate» Tel /fax : 0616622925 /