Strategi Persaingan Bisnis Waralaba Berbasis Agama

Umamah Alisha

Abstract


Religion franchise business is a business that uses business strategies in shari'ah. considering that a lot of unfair competition is coming out of Islam, this religion-based business is a hope for Muslim communities to improve the Islamic economy. The purpose of this research is to know the business competition strategy carried out by faith companies, so it can find differences in conventional practices with shariah and to find out the application of business strategies based on Islamic law or just logos or names. This research is based on the analysis of the components of the franchise business competition strategy. In this study, use differentiation, focus and marketing strategies that based on religious identity narratives. So that the results of this study indicate that the components of business competition strategies are widely used by religion franchise businesses in offering products in accordance shari'ah.

 

Bisnis waralaba berbasis agama merupakan bisnis yang menggunakan strategi bisnis secara syari’ah. mengingat banyak persaingan tidak sehat yang keluar dari koridor Islam maka bisnis berbasis agama ini merupakan harapan bagi masyarakat muslim untuk meningkatkan ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini mengetahui strategi persaingan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan yang berbasis agama, sehingga bisa menemukan perbedaan praktik konvensional dengan syariah dan untuk mengetahui penerapan strategi bisnis yang berdasarkan hukum Islam atau hanya sekedar logo atau nama. Penelitian ini berdasarkan analisa dari komponen strategi persaingan bisnis waralaba, Dalam penelitian ini menggunakan strategi diferensiasi, strategi fokus dan strategi pemasaran berbasis narasi identitas religius sehingga hasil penelitian ini menunujukan bahwa komponen strategi persaingan bisnis yang banyak digunakan oleh bisnis waralaba berbasis agama dalam penawaran produk sesuai dengan syari’ah.


Keywords


Competition Strategy, Franchise, Religion retail business

Full Text:

PDF

References


Ningsih, Sulistya, et,al. (2017). “Sistem Bagi Hasil Dalam Perjanjian Waralaba (Franchise) perspektif Hukum Islam”. Jurnal Hukum Novelty. 1(8)

Sudaryat, (2018). “Prinsip Keseimbangan (Taswiyah) Dalam perjanjian (Akad) Waralaba Berdasarkan Sistem Syari’ah”.Jurnal Bina Mulia Hukum. 2(2)

Mubarok , Husni , Muhammad,( 2017). “Kompleksitas Model Bisnis Adaptif Berbasis Tekhnologi Digital Dan Jaringan Bisnis Internasional”. Jurnal Malia. 1(1)

Mahfi, Triansyah dan Hakim, Fitro, Nur. (2014).“Perancangan Media Promosi Dan Aplikasi Registrasi Waralaba Online Berbasis Multimedia (Studi Kasus Kedai Digital Corporation)”. Jurnal Tekhnologi Informasi dan Komunikasi, 1(5)

Hudiarni, Sri, et.al. (2018). “Waralaba Model Bisnis Baru yang Berkelanjutan Ditinjau Dari Aspek Hukum”. Jurnal Panorama Hukum. 1(3)

Baharuddin, Siti, Mujahidah,( 2017). ”Pengaruh Nilai Pelanggan dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kepuasan Pelanggan Bisnis Waralaba Makanan Dan Minuman Di kota Masyarakat”. Jurnal JIIPI. 1(1)

Gitayana, Amalia, (2017). “Kajian teoritis terhadap perjanjian tertutup dalam sistem bisnis waralaba di tinjau dari pasal 15 undang undang nomor 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat”. Jurnal Surya kencana dan dinamika masalah hukum dan keadilan. 2(4)

Alimuddin,Rizal dan Endah, Mujasiah , (2017). “Penggunaan Kekuatam Dalam Mengendalikan Bisnis Waralaba Ritel”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. (JBE). 2(17)

Dirk, Kaligis, (2015). “Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Orientasi Wirausaha Terhadap Kinerja Pemasaran Yang Dimoderasi Oleh Lingkungan Persaingan”. Jurnal Riset Bisnis dan manajemen. 2(3)

Sulaksono, Seto AW et,al.( 2017). “Strategi Bersaing Perusahaan Dan Kinerja Perusahaan”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesi. 2 (2)

Hasnin , Rahmaniar, Hannisa, S.Sos., M.A.,(2016).”Inovasi Produk Melalui Strategi Imintasi Menghadapi Persaingan Produk Impor (Implementasi Strategi Imitasi Pada Studi kasus Edam Burger)”. Jurnal Ilmiah Inovator,

Widiastuti, Anna dan Mabruroh, Siti. (2009). “Analisis SWOT sebagai dasar Penetapan strategi bersaing”. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 2(6)

Prasojo, Prayogo, (1999). “Manajemen Etis: Sebuah Strategi Baru Bisnis” jurnal Bisnis Strategi. 1(3)

Joko, Tri, Utomo, (2010).”Lingkungan Bisnis dan Persaingan Bisnis Ritel”. Jurnal Fokus Ekonomi. 1(5)

Nutqiyah, Ifshohin, Skripsi:”Persaingan Bisnis Ritel Antara Indomaret dan Alfamart Dalam Perspektif Marketing Mix”, Walisongo:UIN Walisongo,(2016).

Pitoy, Vanesha, Claudia,(2016). “Analis Strategi Bersaing Dalam Persaingan Usaha Bisnis Documen Solution”. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 3(16)

Ita,cholifah, Nur, (2014). “Strategi marketing mix dalam perspektif Syariah”. Jurnal Khatuliswa. 1(4)

Widyarini & puji P.W, (2017). “Evaluasi Pemasaran Pada Mini Market Syariah (Tinjauan Perspektif Hukum Islam pada Minimarket Syar’e Mart)”. Jurnal Az Zarqa’. 2(9)

Nisa’,Khoirun, Skripsi: “Analisis Strategi Bisnis Ritel Islam Menghadapi Pesatnya Minimart Waralaba” Kudus: STAIN Kudus, 2015.

Nutqiyah, Ifshohin, Skripsi:”Persaingan Bisnis Ritel Antara Indomaret dan Alfamart Dalam Perspektif Marketing Mix”, Walisongo:UIN Walisongo, (2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/hf.v1i6.3188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: