OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengoptimalkan strategi pemasaran produk tabungan santri untuk meningkatkan minat nasabah di Bank Jatim Syariah Cabang Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Fokus utama penelitian adalah penerapan prinsip-prinsip Syariah dalam strategi pemasaran, meliputi nilai-nilai kejujuran, transparansi, dan keadilan, sesuai dengan fikih muamalah. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa strategi pemasaran berbasis teknologi, seperti penggunaan media digital, mampu menarik minat generasi muda untuk berpartisipasi dalam sistem keuangan Islam. Selain itu, pendekatan edukatif seperti sosialisasi keuangan Islam secara langsung atau melalui media sosial efektif meningkatkan pemahaman masyarakat tentang manfaat produk Syariah. Kolaborasi dengan influencer lokal juga terbukti berhasil menjangkau segmen nasabah muda. Strategi-strategi ini terbukti berdampak positif terhadap peningkatan jumlah nasabah sekaligus membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk perbankan Islam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pemasaran yang inovatif, berbasis teknologi dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip syariah, tidak hanya meningkatkan minat nasabah tetapi juga memperkuat citra positif lembaga keuangan syariah. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan strategi pemasaran di sektor perbankan syariah secara berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Abdul, A. R., Mandiri, D. P., Astuti, W., & Arkoyah, S. (2022). Tantangan Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(2), 352–365.
Amirul Arifin. (2024). Hasil Wawancara Dengan Penyelia Pembiayaan Bank Jatim Syariah Capem Sampang.
Andani, M., Hidayanti, N. F., Ariani, Z., Dewi, N. Y. S., & Agustina, A. (2024). Penggunaan Electronic Money Sebagai Alat Transaksi Dalam Persfektif Islam. Seminar Nasional Paedagoria, 4(1), 200–209.
Assauri, S. (2007). Manajemen Pemasaran-Dasar, Konsep. Strategi. PT. Raja Grafindo Persada-Jakarta.
Azizah, R. N. N., & Sofiah, M. (2024). Pemasaran Digital sebagai Katalis Perubahan: Inovasi dalam Membangun Ketahanan Pesantren. Jurnal Bintang Manajemen, 2(3), 29–40.
Dhia, D., Utami, F., & Afifah, P. (2024). Analisis Kurangnya Minat Berbagai Kelompok Masyarakat Depok terhadap Produk Perbankan Syariah. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi Dan Kewirausahaan, 15(5).
Dipta Renanda. (2024). Hasil Wawancara Dengan Penyelia Operasional Bank Jatim Syariah Capem Sampang.
Erwin, E. dkk. (2023). Digital Marketing : Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0 - Google Books. In PT Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/DIGITAL_MARKETING_Penerapan_Digital_Mark/zF7FEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=apa+itu+smm+dalam+digital+marketing&pg=PA90&printsec=frontcover
Faisal, A., Fauziyah, N. N., Ekawanto, I., Sabur, M., & Asih, R. R. D. (2024). DIGITAL MARKETING: Strategi dan Inovasi Pemasaran Digital Menembus Pasar Global. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Fiyantika, F. T. P., & Nisa, F. L. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Bank Syariah Dalam Menghadapi Persaingan Industri Keuangan. Economic and Business Management International Journal (EABMIJ), 6(2), 97–104.
Harisanti, N. N., Meliala, M. E. B., & Oktafia, R. (2024). ANALISIS PEMBIAYAAN PERBANKAN (STUDI KASUS) PADA BANK SYARIAH PT. BANK MUAMALAT INDONESIA. Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 52–63.
Huda, N., Hudori, K., Fahlevi, R., Mazaya, D., & Sugiarti, D. (2017). Pemasaran Syariah: Terori & Aplikasi. Kencana.
Ilmiah, I. N., Nasrina, N., Salman, N. F. B., & Huda, N. (2024). Transformasi Digital Pada Perbankan Syariah Indonesia: Produk It Dan Jenis Transaksi. Sharing: Journal of Islamic Economics Management and Business, 3(1), 91–104.
Kholik, J. R. A., & Budianto, I. R. D. (2023). Literatur Review: Penerapan Strategi Pemasaran Digital dan Kolaborasi Influencer dalam Meningkatkan Kesadaran Merek. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 2(2), 422–429.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran edisi milenium. Jakarta: Prenhallindo.
Kulsum, U., & Ramdhani, S. (2023). Pendampingan Pemasaran Produk Tabungan Haji di BMT UGT Nusantara Capem Blega, Kabupaten Bangkalan. JCEE, 1(2), 10–19.
Muhammad, A. M., Basha, M. B., & AlHafidh, G. (2020). UAE Islamic banking promotional strategies: an empirical review. Journal of Islamic Marketing, 11(2), 405–422.
Muttaqin, M. Z. (2024). Implementasi E-Money Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah: Analisis Prinsip Dan Kepatuhan Syariah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 6371–6380.
Negara, G. A. J., Ariyoga, I. N., & Putra, I. N. B. A. (2021). Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Optimalisasi Perkuliahan. Mertajati Widya Mandala Publisher.
Noviana, P. L., Rusmana, F. D., & Juhadi, J. (2024). STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH PADA MASYARAKAT DESA CIASEM TENGAH. Jurnal Perbankan Syariah Indonesia (JPSI), 3(1), 14–24.
Priangani, A. (2023). Memperkuat manajemen pemasaran dalam konteks persaingan global. Jurnal Kebangsaan, 2(4), 1–9.
Pudyaningtyas, E., Amrullah, A. A., Su’eb, M., & Chasanah, U. (2024). Analisis Implementasi Prinsip Ekonomi Islam Pada Bisnis Ritel Syariah Di Sakinah Mart Joyoboyo Medaeng Sidoarjo. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 473–491.
Rauf, A., Manullang, S. O., PS, T. E. A., Diba, F., Akbar, I., Awaluddin, R., Muniarty, P., Firmansyah, H., Mundzir, A., & Manalu, V. G. (2021). Digital Marketing: Konsep dan Strategi (Vol. 1). Penerbit Insania.
Riswanto, A., Joko, J., Napisah, S., Boari, Y., Kusumaningrum, D., Nurfaidah, N., & Judijanto, L. (2024). Ekonomi Bisnis Digital: Dinamika Ekonomi Bisnis di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Safitri, N. A., Julia, R., Swinta, S., Elisah, N. N., Hutapea, D. N. A., & Ariyana, N. (2023). Strategi Inovasi Perbankan Digital dalam Menghadapi Persaingan Industri Keuangan. Indonesian Journal of Economics, Management and Accounting, 1(5), 414–419.
Sari, O. H., Rukmana, A. Y., Munizu, M., Novel, N. J. A., Salam, M. F., Hakim, R. M. A., Sukmadewi, R., & Purbasari, R. (2023). DIGITAL MARKETING: Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Setiawan, A., Al Fawaz, A. H. S., & Ilmi, R. M. (2024). Instagram Sebagai Sarana Dakwah Kreatif untuk Merangkul Generasi Muda di Madrasah. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 403–411.
Susila, A. A., & Lutfiah, H. (2024). Peran mahasiswa dalam pendampingan promosi produk gadai emas BSI untuk pemberdayaan ekonomi di Kabupaten Lumajang. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 17–24.
Syaripudin, E. I., Latifah, S. N., Permana, S. A. P. S., & Febrianti, N. V. (2024). Konsep Distribusi Dan Promosi Dalam Bisnis Syariah Perspektif Syariah. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah (MANISYA), 2(1), 23–41.
Wijoyo, H., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
Yunita Sari Ekananda. (2024). Hasil Wawancara dengan Tenaga Pemasaran Bank Jatim Syariah Capem Sampang.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/hf.v11i2.22138
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: