ANALISIS SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELOMPOK DENGAN MODEL AHP DAN BORDA DALAM MENDUKUNG STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN MINAT SISWA PADA UNIVERSITAS SWASTA
Abstract
Persaingan dalam menjaring mahasiswa universitas di aceh sangat tinggi. Oleh karena itu setiap universitas khususya fakultas harus mempersiapkan strategi managemen yang tepat dan disesuaikan dengan permintaan pasar. Pentingnya analisis stategi dalam melihat minat siswa memilih universitas berdasarkan jurusan yang diminati. Adapun variabel model decision making dan group meliputi Minat(k1), StatusAkreditasi(K2), Jurusan(K3), BidangKeilmuan(K4). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat ketertarikan siswa dalam memilih jurusan pada masing-masing universitas swasta yang kemudian hasil tersebut dapat dijadikan rekomendasi bagi para pengambil keputusan dalam mempersiapkan promosi pada setiap jurusan. Metodelogi penelitian berupa survey pada masing-masing sekolah yang kemudian hasil kuisioner tersebut dimasukkan dalam variabel model AHP (Analytical Hierarchy Process) dan Borda. Hasil Penelitian ini Proses dari model AHP meliputi lamda max : 4.03, Consistency index : 0,01, rasio index " 0,9 dan Consistency ratio : 0,011. Hasil Perangkingan model AHP hasil nya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (A1) dengan nilai 0.3013, Fakultas Ilmu Komputer (A2) 0.2389, Fakultas Ekonomi 0.2377 (A3) dan terakhir Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (A4) 0.222. Kemudian hasil nilai Borda adalah untuk A1 dengan nilai 14, hasil dari A2 dengan nilai 13, A3 adalah 8 dan terakhir A4 dengan nilai 5. Hasil penelitian ini dapat mendukung strategi-strategi dalam menjaring mahasiswa pada masing-masing fakultas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.Muhammad Syafar. (2010). Sistem Pengambilan Keputusan Memilih Program Studi Di Uin Alauddin Berbasis Web Dengan Metode Analytic Hierarcy Process (Ahp). 58(12), 7250–7257.
Agustina, F., Sumpala, A. T., & Arysespajayadi, A. (2021). SPK Pemilihan Jurusan Siswa Baru Menggunakan Metode AHP dan MOORA Pada SMKN 1 Kolaka. Jurnal Sains Dan Informatika, 7(1), 87–96. https://doi.org/10.34128/jsi.v7i1.292
Alimudin, A. (2017). Strategi Membangun Capaian Pembelajaran Mahasiswa Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Perguruan Tinggi. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 3(1), 64–80.
Atmaja, N. S. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Menggunakan Metode PROMETHEE (Studi Kasus : SMK Negeri 6 Medan). InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 5(2), 124–133.
Budhi, M. A., & Wardoyo, R. (2017). Group Decision Support System Determination Of Best Employee Using Topsis And Borda. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 11(2), 165. https://doi.org/10.22146/ijccs.22773
Budiman, A., Lestari, Y. D., & Annisah Lubis, Y. F. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Pergururan Tinggi Terbaik Dengan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting). ALGORITMA : JURNAL ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA, 4(1), 36. https://doi.org/10.30829/algoritma.v4i1.7262
Chaharsoughi, S. A., & Y. T. H. (2012). Effect of sales promotion on consumer behavior based on culture. African Journal of Business Management, 6(1), 98–102.
Chalupová N., & M. A. (2014). Situace a trendy v informačních technologiích pro podporu obchodování. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 56(6), 25–36.
Chanwijit, J., Lomwongpaiboon, W., Dowjam, O., &
Tangworakitthaworn, P. (2016). Decision Support System for
Targeting Higher Education. 2016 Fifth ICT International Student Project Conference (ICT-ISPC), 154–157. https://doi.org/10.1109/ICT-ISPC.2016.7519259
DiMartino, C., & Jessen, S. B. (2016). School Brand Management. Urban Education, 51(5), 447–475. https://doi.org/10.1177/0042085914543112
Ermansyah, J. P. M. (2019). Implementasi metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique For Others Reference By Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dalam pemilihan penginapan Syariah di Kota Malang.Pekanbaru. Zanafa.
Fitri, Z., Akbar, M. Z., & Ula, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Smkn 3 Lhokseumawe. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 5(1). https://doi.org/10.29103/sisfo.v5i1.4857
Hasan, P., Utami, E., Yunita, S., Pawan, E., & Kaharuddin. (2019). Selection of Scholarship Acceptance Using AHP and TOPSIS Methods. 2019 International Conference on Information and Communications Technology (ICOIACT), 920–925. https://doi.org/10.1109/ICOIACT46704.2019.8938533
Hax, A. C. (2010). The Delta Model: Reinventing Your Business Strategy. Springer Science & Business Media.
Irmayani, H., & Wardiah, D. (2017). MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENARIK MINAT CALON PESERTA DIDIK DI SMPIT AR-RIDHO PALEMBANG. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 33–45. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1152
Lokare, V. T., & Jadhav, P. M. (2016). Using the AHP and TOPSIS methods for decision making in best course selection after HSC. 2016 International Conference on Computer Communication and Informatics (ICCCI), 1–6. https://doi.org/10.1109/ICCCI.2016.7479937
Margareta, R. T. E., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2018). Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p1-14
Masriah, Z., Malay, M. N., & Fitriani, A. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Jurusan Di Perguruan Tinggi Dan Konsep Diri Dengan Kesesuaian Minat Memilih Jurusan. ANFUSINA: Journal of Psychology, 1(1), 61–76.
Narti, N., Yani, A., & Sriyadi, S. (2020). Penerapan Metode AHP Dalam Mencari Jurusan Yang Paling Diminati. EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen, 8(2). https://doi.org/10.31294/evolusi.v8i2.8353
Nisa, K. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penetapan Kenaikan Golongan Karyawan. Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi, 1(2), 11–17. https://doi.org/10.35960/ikomti.v1i2.501
Nugroho, A. O., & Veronica, R. B. (2021). Penerapan Metode Ahp Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kerja. Ujm, 10(1), 2021.
Oei, S. (2013). No Title. Seminar Nasional Informatika 2013 (SemnasIF 2013), 18–2013.
Pati A. W., Sari I. P., Oktaria H., & . . . (2022). Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Calon Mahasiswa Baru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di STEBIS IGM Palembang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 89–102.
Prasetiyo, T. (2020). Strategi Pemasaran Pada STMIK Pranata Indonesia. Jurnal Syntax Admiration, 1(5), 607–612.
Rahman, A., Fitri, Z., Zulkifli, Z., Ula, M., & Suhendra, B. (2022). Analysis of the Teacher’s Role in Evaluation of Student Learning Performance Using the TOPSIS Model (Case Study of Smk Negeri 1 Lhokseumawe). JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, 5(2), 452–462. https://doi.org/10.31289/jite.v5i2.6288
Retrialisca, F., Effendi, Y. A., & Nuzulita, N. (2019). Decision Support System and Recommendation on SBMPTN Try-Out with Analytic Hierarchy Process (AHP). 2019 International Conference on Computer Science, Information Technology, and Electrical Engineering (ICOMITEE), 169–174. https://doi.org/10.1109/ICOMITEE.2019.8921040
Rosiska, E., & Harman, R. (2019). Metode Analitical Hierarchy Process (AHP) Dalam Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2019. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 3(2), 193–202. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v3i2.1067
Sari, E. A., & Wijaya, L. S. (2020). Strategi Promosi Melalui Direct Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 16–27.
Susilo, B., & SN, A. (2013). GDSS Penentuan Lokasi Shelter Baru Transjogja Menggunakan Metode Brown-Gibson dan Borda. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 7(1). https://doi.org/10.22146/ijccs.2153
Ula, M., Phonna, R. P., Saputra, I., FNU, S., & Pratama, A. (2022). Penerapan Model Decision Support System Dalam Penentuan Pemilihan Minat Siswa. JURNAL TIKA, 7(1), 55–62. https://doi.org/10.51179/tika.v7i1.1103
Ula, M., & SN, A. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Penentuan Kelayakan Lokasi Pemukiman. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 7(1), 89. https://doi.org/10.22146/ijccs.3055
Ula, M., Zulhusna, R., Putra Fhonna, R., & Pratama, A. (2022). Penerapan Model Klasifikasi K-Nearest Neighbor Dalam Pencarian Kesesuaian Pekerjaan. METIK JURNAL, 6(1), 18–23. https://doi.org/10.47002/metik.v6i1.343
Wahyuni, A. (2012). Kajian Bauran Promosi Di Perguruan Tinggi “X”. Liquidity, 1(2), 175–182.
Woliktol, N., Arfin, A., & Kabiba, K. (2022). Strategi Pemasaran Sekolah dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di SMP Negeri 7 Kendari. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 2(3), 143–153. https://doi.org/10.51454/jpp.v2i3.160
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/hf.v9i2.12939
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: