PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI MTs PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN
Abstract
Secara Umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik Di MTs Pondok Pesantren Darul Qur’an, dalam konteks yang terfokus pada tenaga pendidik yang terjadi pada masa kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Qur’an. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apa saja upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu tenaga pendidik, dan apa saja kompetensi kepribadian untuk meningkatkan mutu tenaga pendidik di MTs Pondok Presantren Darul Qur’an. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Mutu Tenaga pendidik Di MTs Pondok Pesantren Darul Qur’an terdapat langkah- Langkah; Perencanaan Pengembangan yaitu merencakan pengembangan berkaitan dengan jangka panjang, menengah dan pendek, penentuan Kebutuhan berdasarkan sekarang dan masa yang akan datang disesuaikan dengan anggaran yang dibebankan kepada massyarakat, penentuan Sasaran tujuannya sebagai acuan untuk melihat berhasil atau tidaknya program tenaga pendidik yang dikembangkan, penetapan program dilaksanakan melalui penentuan kebutuhan dan penetapan sasaran., pelaksanaan Program dilaksanakan berdasarkan situasi dan kepentingan, dan penilaian Pelaksanaan Program untuk mengetahui hasil yang baik dalam pelaksanaan program untuk memperoleh hasil yang baik maka diperlukan suatu penilaian dari suatu program untuk mengetahui hasil dari program yang dilakukan berhasil atau tidak dilakukan di akhir program. (2) Metode pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan mutu tenaga pendidik: pelatihan adalah proses menyiapkan anggota tenaga pendidik yang diberikan pelatihan pendidik, dan supervisi atau pengawasan dilaksanakan oleh tim yang telah dibentuk panitia yaitu: Kepala sekolah, yayasan, staf yayasan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasaran. (3) Faktor pengembangan sumber daya manusia tenaga pendidik di Mts Pondok Presantren Darul dipengaruhi oleh Kompetensi Kepribadian yang tinggi menentukan keberhasilan tenaga kependidik dalam melaksanakan tugasnya yang tercermin dari sikap dan perbuatannya dalam membina dan membimbing santri atau santriwati dengan menerapkan komptenesi kepribadian kasih sayang, memberi nasehat, senang melarang muridnya melakukan hal yang tidak baik, bijak memilih bahan ajar/materi, dan adil
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v9i2.8373
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Organizational Collaboration:
Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:
Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.