PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH MATERI HIBAH, SEDEKAH DAN HADIAHPADA SISWA KELAS VIII-A MTSN 1 ACEH SELATAN

Edi Saffan

Abstract


 

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dalam proses pembelajaran yang ada di MTs Negeri 1 Aceh Selatan, saat proses pembelajaran mata pelajaran Fiqih, terdapat siswa yang kurang memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung, ada yang asik berbicara dengan teman sebangkunya, ada yang tidur di atas meja bahkan ada yang dengan sengaja melemparkan gumpalan kertas kepada teman-teman. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menurun dalam pelajaran Fiqih dengan nilai rata-rata siswa 60,80 dan ketuntasan hasil belajar siswa 32% pada pra siklus. maka peneliti mencoba menggunakan metode Snobwall Throwing. Diharapkan akan ada peningkatan hasil belajar dan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih baik, Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas dan juga meningkatkan hasil belajar siswa melalui Metode Snobwall Throwing pada pelajaran Fiqih di kelas VIII-A MTs Negeri 1 Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII-A MTs Negeri 1 Aceh Selatan berjumlah 25 siswa diambil secara total sampling dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Sementara instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data dilakukan secara kolaboratif yaitu pengumpulan data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai 87.38%, dan respon siswa 81,60% yang berkategori baik. Hal ini membuktikan bahwa dengan penggunaan metode Snobwall Throwing pada mata pelajaran Fiqih dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A MTs Negeri 1 Aceh Selatan. Berdasarkan kesimpulan ini, maka disarankan kepada rekan guru agar menguasai dan mencoba menerapkan model pembelajaran terbaru seperti metode Snobwall Throwing supaya suasana pembelajaran bisa hidup, bervariasi dan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar.


Keywords


Snobwall Throwing, Hasil belajar dan pelajaran Fiqh

Full Text:

PDF

References


Anjani Putri Belawati Pandiangan, Penelitian Tindakan Kelas “Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Komptensi Belajar Siswa”, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2019.

Asep Herry Hernawan.. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka.2010

Cholid Narbuko & Abu Achmadi, Metodelogi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Firman Setiawan, Aldila Septiana. Buku Ajar Studi Fiqh, Jawa Timur: Duta Media Publishing, 2019.

Hayati Sri: Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Magelang: Graha Medika.201

Iskandar. Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Gaung Persada, 2011

Mohammad Surya, Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi, Bandung:Alfabeta, 2015

Mu’alimi, Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Pasuruan: Ganding Pustaka, 2014

Mu’awanah. Strategi Pembelajaran: Pedoman Untuk Guru dan Calon Guru Kediri: STAI Kediri Press.2011

Nining Mariyaningsih, Mistina Hidayati. Bukan Kelas Biasa “Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif”. Surakarta: CV Kekata Group. 2018

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002

Seokidjo Notoatmodjo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.2003

Sudirman A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2007.

Sumadi Suryabrata, Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi Yogyakarta: Andi Offeset, 2000.

Triana Neni: LKPD Berbasis Eksperiman: Tingkatkan Hasil Belajar Siswa Jakarta: Guepedia.2021.

Yetti Hidayatillah, dkk. Metode Pembelajaran Guru dan Dosen Kreatif, Jawa Timur: Global Aksara Pres, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v12i2.26134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hijri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter