PENDEKATAN HOLISTIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurroziq, A., & Hanif, M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Perkembangan Holistik Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs MINAT Kesugihan Cilacap. In Jurnal Dirosah Islamiyah (Vol. 6, Issue 3, pp. 706–722). Institut Agama Islam Nasional Laa Roiba Bogor. https://doi.org/10.47467/jdi.v6i3.2651
Aulia, M. H., Supriadi, U., & Budiyanti, N. (2024). HAKIKAT MANUSIA DALAM AL-QUR`AN DAN PANCASILA: IMPLIKASI TERHADAP PENDEKATAN HOLISTIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM. In Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam (Vol. 13, Issue 2, pp. 147–167). STAI Diniyah Pekanbaru. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v13i2.1235
Averoezy, F. (2021). Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Menjaga Kerukunan Umat Beragama. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 14–27.
Barkati, A., & Cahyadi, A. (2024). Teknologi Sebagai Pendekatan Dalam Optimalisasi Pendidikan Agama Islam (PAI). In Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 3, Issue 1, p. 173). Universitas Garut. https://doi.org/10.52434/jpai.v3i1.3739
Eryandi, E. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pendidikan Karakter di Era Digital. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan …. https://ejournal.stais-garut.ac.id/index.php/kaipi/article/view/27
Fathanah, I., Hanifa, Z. A., & ... (2025). PERAN GURU DALAM MENJAGA PENDIDIKAN NASIONAL DAN NILAI AGAMA DI ERA DIGITAL. … Ilmiah Pendidikan. http://siakad.univamedan.ac.id/ojs/index.php/pedagogi/article/view/967
Fitriana, R., & Mustofa, T. A. (2023). Teknik evaluasi kognitif dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 6 Surakarta. In At Turots: Jurnal Pendidikan Islam (pp. 976–983). Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i2.312
Halawa, D. T., Stevanus, K., & Yulianto, T. (2024). Pendekatan Pendidikan Agama Kristen Anak: Parenting Anak dalam Keluarga Kristen di Era Teknologi Digital. In HARVESTER: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen (Vol. 9, Issue 1, pp. 92–105). Sekolah Tinggi Teologi Internasional Harvest, Semarang. https://doi.org/10.52104/harvester.v9i1.186
Ilmi, M. D., & Ashari, M. Y. (2024). Metode, Model dan Pendekatan Evaluasi dalam Pendidikan Islam. In Jurnal Budi Pekerti Agama Islam (Vol. 2, Issue 1, pp. 27–40). Asosiasi Riset Ilmu Manajemen dan Bisnis Indonesia. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i1.52
Kahfi, A., Kuraesin, T., Wafa, W., Fudholi, A., & Umam, H. (2023). Optimalisasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Chatgpt di SMK Insan Tazakka. In An-nida: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 12, Issue 1, pp. 17–28). Universitas Islam Nusantara. https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i1.3046
Kalalo, J., Suoth, V. N., Komaling, O. N., Timbuleng, N. M., & Rumbay, S. (2025). Pendekatan Holistik Pendidikan Agama Kristen Dalam Hubungannya dengan Psikologi Remaja. In Educatio Christi (Vol. 6, Issue 1, pp. 65–75). Fakultas Teologi Universitas Kristen Indonesia Tomohon. https://doi.org/10.70796/educatio-christi.v6i1.155
Laily, I. M., Astutik, A. P., & Haryanto, B. (2022). Instagram sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam di Era 4.0. Munaddhomah: Jurnal …. https://www.pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/250
Meida, E. F. (2022). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KERANGKA KEMAJUAN TEKNOLOGI DIGITAL. In Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran (Vol. 7, Issue 1, p. 95). LPPM IKIP Mataram. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i1.4759
Muhammad, I., & Ariani, S. (2021). Kognisi Taksonomi Bloom, Kurikulum 2013 dan Penerapannya dalam Pembelajaran Agama Islam di Indonesia. In Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (Vol. 11, Issue 3, p. 425). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.6303
Murtopo, A., Rahmaisyah, R., & Jusmaini, J. (2023). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era Digital 4.0. In Al-Afkar : Manajemen pendidikan Islam (Vol. 11, Issue 2, pp. 96–110). Universitas Islam Indragiri. https://doi.org/10.32520/al-afkar.v11i02.626
Muslimin, I. (2023). Meningkatkan Profesionalisme Guru Dengan Model, Pendekatan dan Teknik Supervisi Pendidikan di Era Society 5.0. In Ta lim Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam (Vol. 2, Issue 1, pp. 33–49). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kupang. https://doi.org/10.59098/talim.v2i1.877
Nasution, B. (2023). METODE PEMBELAJARAN DAN TEKNIK MENGAJAR DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. In Khazanah Pendidikan (Vol. 17, Issue 1, p. 142). Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16027
Nuryana, A., Saepudin, A., & Khambali. (2022). Pengelolaan Pembelajaran Holistik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Darul Hikam Bandung. In Bandung Conference Series: Islamic Education (Vol. 2, Issue 2, pp. 338–344). Universitas Islam Bandung (Unisba). https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.3391
Priyanto, A. (2020). Pendidikan Islam dalam era revolusi industri 4.0. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpai/article/view/9072
Rahma, P. A. A., & Mufidah, V. N. (2025). Implementasi Teknologi Digital Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. … Pendidikan …. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/488
Santoso, H. E. (2025). Integrasi Teknologi Deep Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Era Digital. In JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (Vol. 6, Issue 2, pp. 1476–1483). Yayasan Dharma Indonesia Tercinta (Dinasti). https://doi.org/10.38035/jmpis.v6i2.4041
Tefbana, D. M., Tari, E., & Lao, H. A. E. (2022). Implikasi Pendidikan Holistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Kristen Rehobot Oebelo. In Didache: Journal of Christian Education (Vol. 3, Issue 1, p. 73). Sekolah Tinggi Teologi Simpson. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.537
Ulya, A. A., & Ulya, A. A. (2020). Konsep Pendidikan Islam Holistik Prof. Dr. Tuty Alawiyah serta relevansinya di Era Millenium. In LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) (Vol. 11, Issue 2, p. 139). Alma Ata University Press. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).139-149
Wahidah, E. (2024). Tinjauan Holistik Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik; Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. In TA’DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 2, Issue 2, pp. 154–175). Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Mas’udiyah Sukabumi. https://doi.org/10.69768/jt.v2i2.46
Widyastuti, I., & Dartim, D. (2025). Pemikiran al-Ghazali dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di era digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah …. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/1616
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v10i2.25811
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hijri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Organizational Collaboration:
Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:
Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.