PEMBIASAAN SHALAT DHUHA SEBAGAI WAHANA INTERNALISASI NILAI SPIRITUAL: TELAAH PERENIALISME DAN EPISTEMOLOGI ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAYAPURA

Siti Zuhriyeh, Akhmad Affandi

Abstract


Pembiasaan ibadah di lingkungan madrasah menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan nilai-nilai spiritual di era modernisasi yang kian menguat. Penelitian ini bertujuan menganalisis praktik pembiasaan shalat dhuha sebagai wahana internalisasi nilai spiritual melalui perspektif filsafat perenialisme dan epistemologi Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jayapura. Mitra penelitian adalah seluruh civitas akademika madrasah yang terlibat dalam kegiatan pembiasaan rutin tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif reflektif-filosofis dengan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan shalat dhuha berperan signifikan dalam membentuk karakter religius siswa, menanamkan nilai kedisiplinan, ketulusan, dan ketenangan batin. Dari perspektif perenialisme, praktik ini merefleksikan penanaman nilai-nilai kebenaran universal yang abadi. Sementara epistemologi Islam menegaskan bahwa pengetahuan spiritual diperoleh melalui pengalaman langsung ibadah yang menghubungkan manusia dengan Allah SWT. Temuan ini mengonfirmasi pentingnya pembiasaan shalat dhuha sebagai strategi pendidikan integratif dalam membentuk generasi berkarakter spiritual yang kuat di tengah tantangan modernitas.


Keywords


epistemologi islam; perenialisme; shalat dhuha

Full Text:

PDF

References


Abu-Rabi’, I. (2020). Contemporary Islamic Thought. Routledge.

Adriana, I. (2016). Pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 539-548. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. In Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyani, D., Musyrif, M. T., Manasikana, A., Nurfaradila, E., K, I. N. P., H, R. Q., … Ilmi, D. (2025). SOSIALISASI PENINGKATAN KARAKTER MORAL DAN ETIKA ANAK DENGAN PSIKOEDUKASI BERBASIS SHORT MOVIE. MAFAZA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka, 5(1), 42–55.

Djamarah, S. B. (2016). Strategi Belajar Mengajar dan Mengajar. In Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Farid, M. (2018). Filsafat Pendidikan Islam. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauzan, A. (2020). Spiritualitas dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ta’dibuna, 5(2), 109–118.

Hasan, M. (2017). Epistemologi Islam: Teori dan Aplikasi. In Bandung: Remaja Rosdakarya.

Intyaswati, D., Saputra, W. T., Maryam, S., & Setiadarma, A. (2025). Pembiasaan Sholat Dhuha untuk Pembentukan Karakter dan Disiplin Siswa Madrasah Ibtidaiyah Khoirul Huda Depok dengan Metode Participatory Action Research ( PAR ). Smart Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 102–108.

Istiqomah, S., & Widyastuti, A. (2019). Shalat Dhuha dan Pengaruhnya terhadap Kecerdasan Emosi Anak. Jurnal Al-Ulum, 19(1), 56–70.

Julaeha, Alamsyah, A., & Shiddiq, N. (2023). Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Sikap Disiplin Siswa. Jurnal TarbiyahMu, 3(2), 53–56.

Mazrur, Surawan, Norhidayani, & Nurrahmi, D. (2025). PENGENALAN NAMA-NAMA 25 NABI DAN RASUL BERBASIS MEDIA FLASHCARD DI TPA AL-FIRDAUS. Mafaza : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 56–68.

Mukhtar. (2023). Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha. Khatulistiwa: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 0–2.

Mulyasa, E. (2016). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. In Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, H. (2018). Integrasi Nilai-Nilai Spiritual dalam Pendidikan Islam. Jurnal Tadrib, 6(2), 88–101.

Nasution, S. (2015). Filsafat Pendidikan Islam. In Jakarta: Bumi Aksara.

Patton, M. Q. (2016). Qualitative Research and Evaluation Methods (3rd ed.). In Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Rohman, M. (2020). Perenialisme dalam Pendidikan Islam. Jurnal Filsafat Islam, 4(1), 77–90.

Rohman, T., Khojir, & Soe’oed, R. (2023). Perenialisme dan Transformasi Pendidikan Karakter di Era Modern. Tafaqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 11(2), 307–320.

Sanjaya, R., Putri, N. A., Sistia, O., Purwaningsih, P. N., Wandari, T., Monitasari, D. C., … Sari, K. (2025). SOSIALISASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DAN PERNIKAHAN DINI PADA REMAJA DI PUSKESMAS KESUMADADI. MAFAZA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 69–85.

Sari, R., & Ismail, M. (2021). Pembiasaan Shalat Dhuha dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Tarbiyatuna, 12(2), 145–156.

Suharto, E. (2021). Integrasi Ibadah dan Nilai dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 10(1), 23–35.

Suryabrata, S. (2015). Metodologi Penelitian (Edisi Revisi). In Jakarta: Rajawali Pers.

Nuriyati, T., Falaq, Y., Nugroho, E. D., Hafid, H. H., Fathimah, S., Sutrisno, S., ... & Nurhafsari, A. (2022). Metode penelitian pendidikan (teori & aplikasi).

Wulandari, N. (2022). Implementasi Program Shalat Dhuha di MI Negeri Jayapura. Jurnal Madrasah, 7(1), 41–52.

Yuliana, L. (2020). Efektivitas Pembiasaan Ibadah Dhuha dalam Meningkatkan Karakter Religius. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 112–124.

Zohar, D., & Marshall, I. (2020). Spiritual Intelligence: The Ultimate Intelligence. London: Bloomsbury.

Zuhdi, M. (2020). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. In Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v14i1.25111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hijri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter