MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA PADA ERA DIGITAL

Nurdiana Fika Anjani, Nanang Qosim, Sollah Solehudin

Abstract


Penerapan pendidikan karakter berbasis digital terbukti efektif dalam membentuk perilaku positif siswa, meningkatkan kedisiplinan, serta membangun budaya religius di lingkungan sekolah dan keluarga. Penelitian ini merekomendasikan agar madrasah terus mengembangkan inovasi dalam pengelolaan pendidikan karakter berbasis teknologi untuk menyesuaikan dengan dinamika era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pendidikan karakter dalam meningkatkan akhlak siswa pada era digital, dengan studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Darus Sollah, Lumajang. Pendidikan karakter menjadi kebutuhan utama di tengah tantangan arus informasi dan budaya global yang dihadirkan oleh perkembangan teknologi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala madrasah, guru, dan siswa, serta dokumentasi aktivitas pembelajaran karakter berbasis digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter di madrasah ini dilaksanakan secara terencana melalui tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Strategi yang digunakan antara lain pemanfaatan grup WhatsApp kelas, pengiriman video pembinaan akhlak, kutipan islami harian, serta program refleksi dan jurnal perilaku siswa. Seluruh kegiatan tersebut disesuaikan dengan nilai-nilai karakter Islami seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan rasa hormat.

Keywords


Akhlak Siswa, Era Digital, Madrasah, Manajemen Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Abakar, K. W. (2025). Manajemen Pendidikan Karakter di Era Digital. Jurnal Syntax Admiration, 6(2), 1034–1042.

Affandi, & Mahardhani. (2023). Membangun Generasi Good Citizen dengan Pemanfaatan Teknologi Digital di Sanggar Bimbingan Kepong Malaysia. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 80–87.

Akhwani, & Wulansari. (2021). Pendekatan Pendidikan Karakter Berbasis Digital bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 191–200.

Creswell, J. (2020). Desain Penelitian: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (edisi ke-4). Thousand Oaks: CA: Publikasi Sage.

Dahlia, T. I. (2024). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tahfidzul Quran Kota Tanjungbalai. Journal of Multidisciplinary Scientific Studies (IJOMSS), 2(5), 12-21. doi:https://doi.org/10.33151/ijomss.v2i5.359

Dewi, H. A. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(1), 5249–5257.

Fariska, S. S. (2022). Penanaman Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. EduCurio, 1(1), 108–116.

Hendri Yahya Sahputra, S. W. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pendukung Keberhasilan Pendidikan Di SMP Bumi Qur’an Siantar. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 14(4), 476-487. doi:http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i4.24509

Ikhsan, I. F. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Siswa SD di Era Digital. JOEL, 12(2), 1337–1342.

Intan Bayzura Sirait, J. D. (2025). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR PENGHAMBAT PERUBAHAN DALAM KURIKULUM MERDEKA Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Tanjungbalai. Jurnal Abshar (Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam dan Humaniora), 5(1), 20-24.

Iskandar, T. (2022). PENDIDIKAN TAUHID TERHADAP MOTIVASI HIDUP DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN. Reflektika, 17(2), 397-412. doi:10.28944/reflektika.v17i2.986

Kusmana. (2023). Pengaruh Teknologi Digital pada Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 410–418.

Moh Nurzin, M. N. (2024). Manajemen Program Akselerasi Baca Kitab Kuning melalui Metode Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Darul Lugah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo. Attractive: Innovative Education Journal, 6(2), 181-190. doi:https://doi.org/10.51278/aj.v6i2.1308

Moleong, L. J. (2000). Metode Penelitian Kualitaif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurlaila Sapitri, S. N. (2023). Textbook Analysis of Al-ʿArabiyyah Baina Yadai Aulādinā Vol 1 in The Rusydi Ahmad Thuaimah’s Perspective. Asalibuna, 7(01), 1-13. doi:https://doi.org/10.30762/asalibuna.v7i01.1053

Pentianasari, A. M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal PGSD, 8(1), 58–72.

Rafifah, D. H. (2024). Pembinaan Karakter Anak Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Literasi Kewargaan di Era Digital. Inspirasi Dunia, 3(1), 133–141.

Rif'atul Husnah, N. Q. (2024). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Berbasis School Based Management di Raudlatul Athfal (RA) Al-Hidmah Maron Probolinggo. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 320-332. doi:https://doi.org/10.55681/nusra.v5i1.2229

Rizki Inayah Putri, T. I. (2023). PENGEMBANGAN MODUL FIKIH BERBASIS INQUIRY LEARNING DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI II MANDAILING NATAL. Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 54-62. doi:https://doi.org/10.56874/eduglobal.v4i1.1159

Shodiq. (2023). Pendidikan Karakter dalam Konteks Digital: Memperkuat Kemandirian dan Keterampilan Sosial. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 138–146.

Sinaga, V. (2023). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Membentuk Karakter dan Skill Peserta Didik Abad 21. Journal On Education, 6(1), 2836–2846.

Solehudin, S. (2023). Tantangan dunia pendidikan islam dan implikasinya terhadap perubahan kebijakan. Edumanajerial: Journal of Educational Management, 1(1), 43-51. doi:https://doi.org/10.55210/v3gz8130

Sollah Solehudin, N. Q. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sd Al Barokah Mojolegi Gading Probolinggo. Edumanajerial: Journal of Educational Management, 2(2), 100-107. doi:https://doi.org/10.55210/265q3526

Topan Iskandar, U. K. (2023). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam: Telaah manajemen Pendidikan dari Sudut Pandang Filsafat Islam. Nganjuk: DEWA PUBLISHING.

Umi Kalsum, P. S. (2023). ISU-ISU KONTEMPORER. Jambi: PT. Sonpedia Publishing.

Zalukhu, T. R. (2024). Strategi Penguatan Nilai Akhlak Islam pada Siswa SD di Era Digital. Jurnal Cakrawala Akademika, 3(1), 830–839.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v14i1.24915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hijri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter