ANALISIS PELAKSANAAN PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY (PLC) DI SMP AL-AMANAH CILEUNYI: PEMAHAMAN, KENDALA, DAN STRATEGI PENGEMBANGAN
Abstract
Penelitian ini menganalisis pelaksanaan Professional Learning Community (PLC) yang merupakan pendekatan strategis bertujuan meningkatkan profesionalisme guru melalui kolaborasi dan inovasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan PLC di SMP Al-Amanah Cileunyi. Pendekatan kualitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode triangulasi untuk menjamin validitas hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman yang baik tentang konsep dan manfaat PLC. Pelaksanaan PLC di sekolah cukup terstruktur, mencakup kegiatan seperti diskusi kelompok, perencanaan pembelajaran bersama, dan refleksi praktik pengajaran. Namun, hambatan utama berupa keterbatasan waktu, kurangnya kompetensi kolaboratif, dan belum optimalnya penggunaan teknologi dalam mendukung kegiatan PLC. Faktor pendukung keberhasilan PLC meliputi dukungan kepala sekolah, lingkungan yang kondusif, dan fasilitas yang memadai. Untuk mengatasi hambatan tersebut, penelitian ini mengusulkan pelatihan fasilitator untuk meningkatkan kompetensi kolaboratif guru, optimalisasi teknologi daring untuk memperluas akses, dan penyesuaian jadwal agar lebih fleksibel. Simpulan penelitian ini menekankan pentingnya sinergi antara dukungan institusional, peningkatan kompetensi guru, dan penerapan strategi inovatif untuk memastikan keberlanjutan PLC sebagai platform efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acharya, B., Sigdel, S., & Poudel, O. (2024). Analysis of Effectiveness of Collaborative Pedagogy Practices. NPRC Journal of Multidisciplinary Research, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.3126/nprcjmr.v1i4.70965
akbar, J. saddam, Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., Sa’dianoor, S., Karuru, P., & Hamsiah, A. (2023). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ERA DIGITAL. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Aslam, M. P., M.Pd, D. H. D. N., & M.Pd, D. N. S. (2023). Professional Learning Community: Strategi Tingkatkan Kinerja Guru. Indonesia Emas Group.
Fauzi, M. I., Aimah, S., & Khaudli, M. I. (2024). Visionary Leadership of School Principals in Developing Institutional Quality Management. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 7(4), Article 4. https://doi.org/10.29062/edu.v7i4.880
Ghavifekr, S. (2020). Collaborative Learning: A Key to Enhance Students’ Social Interaction Skills.
Mayan, M. P., & Mansor, M. (2020). Hubungan Antara Amalan Kepimpinan Distributif Dengan Efikasi Kendiri dan Komuniti Pembelajaran Profesional Guru di Kuala Lumpur. 9.
Mohd Zabidi, Z., Abdullah, Z., & Sumintono, B. (2023). Exploring teacher collaboration: What’s inside the Malaysian PLC black box? Journal of Professional Capital and Community, 8(4), 313–331. https://doi.org/10.1108/JPCC-03-2023-0020
Mudrikah, A., Wahidin, D., & Heryana, Y. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PENDAMPINGAN FASILITATOR PADA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI KABUPATEN GARUT. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i1.3016
Mujiyono, M. (2021). UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI GURU DALAM KEGIATAN KKG MELALUI PENERAPAN KARTU KENDALI. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.47403/jipk.v6i1.37
Najri, P. (2020). MGMP DALAM MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN GURU MATA PELAJARAN.
Putro, N. S. D., Muhammad Andri Setiawan,Hendro Yulius Suryo. (2024a). Professional Learning Community | International Journal of Asian Education. https://doi.org/10.46966/ijae.v5i3.423
Putro, N. S. D., Muhammad Andri Setiawan,Hendro Yulius Suryo. (2024b). Professional Learning Community | International Journal of Asian Education. https://doi.org/10.46966/ijae.v5i3.423
Rachmawati, A., & Windasari. (2024). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Professional Learning Community (PLC) Guru SMA Swasta di Kota Padang. Edu Learning : Journal of Education and Learning, 3(1), Article 1.
Sunaengsih, C., Komariah, A., Isrokatun, I., Anggarani, M., & Silfiani, S. (2019). Survey of the Implementation of Professional Learning Community (PLC) Program in Primary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v6i3.20626
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v13i2.22654
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Organizational Collaboration:
Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:
Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.