MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KAUM PEREMPUAN DI MA-KMI PERGURUAN DINIYYAH PUTERI PADANG PANJANG

Rini Syevyilni Wisda

Abstract


Penelitian  ini dilatarbelakangi  oleh  mulai  memudarnya  nilai  karakter terutama kaum  perempuan, hal ini disebabkan oleh berputarnya relay kehidupan dan percepatan perkembangan era. Maka dengan hal demikian perguruan Diniyyah Puteri terpanggil untuk memenej kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan kaum perempuan agar tidak tergilas oleh percepatan perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat manajemen kurikulum pesantren pada MAS KMI Perguruan Diniyyah Puteri dalam membentuk karakter kaum perempuan.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriftif, teknik pengumpulan data melalui wawanncara dan dokumentasi tentang Manajemen Kurikulum Pesantren dalam Membentuk Karakter Kaum Perempuan pada MAS KMI - Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles Huberman yaitu Reduksi data, penyajian data, dan reduksi data, serta melakukan tenik triangulasi utntuk mencek keabsahan data . Hasil  penelitian  menjelaskan bahwa proses kegiatan manajemen terhadap kurikulum yang yang diterap pada MAS - KMI Perguruan Diniyyah Puteri yaitu melalui 4 Fungsi manajemen dimulai dari merencanakan kurikulum, kegiatan pengorganisasian kurikulum, pelaksanaan kurikulum dan evaluasi  kurikulum

Keywords


Islamic boarding school Curriculum Management: Character formation: Women

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, s. R. (2013). Inovasi pembelajaran. Bumi aksara.

Adnan mahdi. (2013). Sejarah dan peran pesantren dalam pendidikan di indonesia. Jurnal islamic, vol 2 no 1.

Basrowi dan suwandi. (2008). Memahami penelitian kualitatif. Rineka cipta.

Dalila khoirin. (2021). Pengembangan kurikulum pendidikan agama islam 2013 integratif dalam menghadapi era society 5.0. Tadris : jurnal pendidikan islam, 16-no 1.

Hamalik, o. (2017). Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Pt remaja rosda karya offset.

Hidayat, r. (2011). Perspektif sosiologi tentang kurikulum. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 17–2, 178–188.

I. Nasbi. (2017). Manajemen kurikulum: sebuah kajian teoritis. Idaarah j. Manajemen pendidika, 2–4, 318–330.

Julaeha, s. (2019). Problematika kurikulum dan pemebelajaran pendidikan karakter. Jurnal .penelitian pendidikan islam, vol 1 no 4, 157–182.

Miles & huberman. (2012). Analisis data kualitatif (ui press (terj) (ed.)).

Miswanto. (2014). Evaluasi pendidikan agama islam berbasis karakter. Madaniyah. Jurnal madaniyah, 4–2. Https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/37

Mohammad Hamdi Mustafid. (2020). Evalusi kurikulum pendidikan. Jurnal al intizam manajemen pendidikan islam, vol 4 no 1, 66–75. Https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/248.

Mubarok. (2020). Manajemen pembelajaran santri taman pendidikan alqur’an (tpa) darus sakinah sanggata utara . Jurnal al-rabwah, 1–4, 173–188.

Nur alii. (2019). Integrative curriculum of religion and science at special pesantren for university students. Ululalbab. Jurnal studi islam 20 (1), 1, 95–122.

Nurdin, h. S. Dan d. (2016). Kemampuan manajerial kepala madrasah dan kinerja mengajar guru dalam mutu pendidikan. Jurnal administrasi pendidikan, xxiii.

Rusman. (2013). Manajemen kurikulum. Pt raja grafindo.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Alfabeta.

Syarafah, w. And. (2021). Manjemen kurikulum pesantren. Jurnal at-tahsin, 2–4, 1–15.

Zahra, a. M. And i. (2017). Corak representasi identitas ustadz dalam proses transmisipendidikan karakter di pesantren. Jurnal. Pendidik. Islam indonesia, 2 no 1, 21–35.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v13i1.20288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter