PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI SEKOLAH MENUJU SEKOLAH BERKUALITAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Desi Fatma

Abstract


Penulisan Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tentang perubahan dan pengembangan orgaisasi sekolah menuju sekolah berkualitasdi sekolah menengah pertama. Metode penulisan artikel ini adalah jenis pendekatan kualitatif dengan melakukan penelitian secara literatur melalui jurnal online dan buku. Pada jurnal ilmiah ini dipaparkan materi yang berkaitan dengan perubahan dan pengembangan orgaisasi sekolah menuju sekolah berkualitasdi sekolah menengah pertama. Hasil penelitian ini adalah kepala sekolah telah memainkan peran kunci dalam memimpin perubahan dan pengembangan organisasi menuju sekolah berkualiats dengan mengelola perubahan sesuai dengan teori-teori manajemen perubahan yang relevan.

Keywords: Perubahan, Pengembangan, Sekolah Berkualitas


Keywords


Manajemen Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arpinal, A., Jailani, M. S., & Musli, M. (2023). Manajemen Perubahan Kepala Sekolah Menuju Sekolah Unggul di Sekolah Menengah Pertama. Al-Miskawaih: Journal of …, 2(2), 1–9. https://journal.centrism.or.id/index.php/mijose/article/view/278

Dermawan, O. (2020). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Metro Lampung Strategic Management in Improving the Quality of Education in the State Senior High School 1 Metro Lampung. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(1), 72–81. https://doi.org/10.24235/jiem.v4i1.6828

Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442

Diazahputra, M. A., Ulfatin, N., & Nurabadi, A. (2024). Pengembangan Organisasi dan Manajemen Perubahan di Sekolah sebagai Produktivitas Output Peserta Didik. 158–171.

Fahrudin, S. (2020). Pengaruh Perilaku Dan Budaya Organisasi Terhadap Etos Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri. Edum Journal, 3(1), 59–71. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v3i1.55

Farwitawati, R., Fithrie, S., & Masirun, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Daya Saing, 8(3), 332–339. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v8i3.1021

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2017). Problematika Pemberdayaan Dan Pengembangan Berbasis Pesantren. Ilmu Pendidikan, 2(2), 139–150.

Muh, F. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 175–183. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1307

Noor, T. R., Razan, M., & Nur, A. (2022). STrategi Pengembangan Sekolah Unggulan ( Studi Kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Migas , Cepu ). Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 10, 223–240. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/download/255/174

Nurtan, N., Bahrudin, I., Isnain, T., Edi Susilo, M., Rizki Kusuma Wardani, D., & Anggela, M. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Di Smk Negeri 2 Sangatta Utara. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 3(1), 17–27. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v3i1.25

Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858

Risdiany, H. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam. Seminar Nasional Ilmu …, 3(2), 197. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/163/163

Sukaningtyas, D. (2017). Pengembangan Kapasitas Manajemen Sekolah dalam Membangun Pemahaman Visi dan Misi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 257–266. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.11844

Syamsul, H. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (Smp). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 275–289. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4271

Yusup, W. B., Ismanto, B., & Wasitohadi, W. (2019). Evaluasi Program Indonesia Pintar dalam Peningkatan Akses Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 44–53. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p44-53




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v13i2.19967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter