OPTIMISME DAN DUKUNGAN DOSEN TERHADAP GRIT MAHASISWA DI ERA ARTIFICIAL INTELLIGENT, KEMAJUAN ATAU KEMUNDURAN
Abstract
Kemudahan yang dialami mahasiswa dalam berbagai tugas yang dibantu oleh AI tersebut sangat berperan dalam menentukan kemajuan atau malah kemunduran mahasiswa. Bantuan artificial Intelligence (AI) dalam berbagai tugas belajar, terutama dengan kecepatan yang sangat tinggi, dapat memengaruhi kegigihan dan optimisme, selain itu, kemudahan yang diberikan oleh AI dalam belajar dapat mengurangi tingkat daya tahan (GRIT) mahasiswa.Optimisme berperan dalam menunjang mahasiswa dalam berbagai tugas, sikap optimisme tersebut mendukung grit untuk terus memiliki daya juang dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dengan tepat waktu. Dukungan dosen juga diperlukan mahasiswa karena dorongan dari lingkungan sekitar dapat menumbuhkan kegigihan mahasiswa. Apakah mahasiswa saat ini mengalami kemajuan atau kemunduran dalam menghadapi era AI ini, dan bagaimana optimisme dan dukungan dosen terhadap GRIT memainkan peran dalam hal tersebut. Adapun kelompok subjek yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah Prodi Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung yang berjumlah 310 mahasiswa. Dengan kriteria responden pada penelitian ini adalah: 1) Usia 20-24 tahun 2) Mahasiswa aktif dan 3) Mahasiswa Angkatan 2019 4) terbiasa menggunakan artificial intelligence. Metode dalam mengumpulkan data menggunakan 3 skala yaitu grit, optimisme dan dukungan dosen. Peneliti menggunakan skala yang diadaptasi dari penelitian yang dilakukan oleh Fatah (2022) berdasarkan teori grit Duckworth (2007) dan Wahyu (2019) berdasarkan teori optimisme Seligman (2006) dan dukungan sosial berdasarkan alat ukur yang dikemukakan oleh Smet (2018) yang telah diadaptasi dari penelitian Maharani (2022) Dalam penelitian ini teknik analisa data menggunakan SPSS 22.0 for windows dan analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Terdapat hubungan yang signifikan antara optimisme dan dukungan dosen dengan grit pada mahasiswa dengan nilai koefisien korelasi R 0.723 dan nilai F 93.676 dengan taraf signifikan 0.001, dengan nilai 0.523 atau sebanyak 52,3% sedangkan 47,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang mempengaruhi grit pada mahasiswa. Di era artificial intelligence akan menjadi sebuah kemajuan jika mahasiswa memiliki optimisme karena optimisme memiliki peran penting dalam meningkatkan Grit. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa optimisme memberikan 22% sumbangan efektif terhadap grit. Sumbangan efektif yang diberikan oleh dukungan dosen sebesar 30% terhadap grit. mengapa penting mahasiswa mendapat dukungan dosen karena hal ini berkaitan dengan masalah etika dan privasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amrina, Mudinillah, A., & Isnain, D.N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan.
Arief, N.N., & Saputra, M.A. (2019). Kompetensi Baru Public Relations (PR) Pada Era Artificial Intelligence. Jurnal Sistem Cerdas.
Chung, Y.S., & Park, K. (2022). Influence of Parenting Styles, Teacher-Child Relationships, and Peer Relationships on Children’s Grit: Latent Profile Analysis of Parenting Styles. Korean Journal of Child Studies.
Duckworth, A. L. (2016). Angela Duckworth - Grit_ The Power Of Passion And Perseverance-Scribner (2016).
Duckworth, A. L., & Quinn, P. D. (2009). Development And Validation Of The Short Grit Scale (Grit-S). Journal Of Personality Assessment, 91(2), 166–174. Https://Doi.Org/10.1080/00223890802634290
Duckworth, A. L., Peterson, C., Matthews, M. D., & Kelly, D. R. (2007). Grit: Perseverance And Passion For Long-Term Goals. Journal Of Personality And Social Psychology, 92(6), 1087–1101. Https://Doi.Org/10.1037/0022-3514.92.6.1087
Fatah, A. (2022). Hubungan Antara Growth Mindset Dan Kontrol Diri Dengan Great Akademik Pada Mahasiswa Yang Bekerja.
Goodyear, P. (1991). Teaching knowledge and intelligent tutoring.
Gunawan, H., Wahyuni, M., & Afriansyah, A. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Dosen dan Persepsi terhadap Aktivitas Membaca Mahasiswa : Kasus IAIN Kerinci dan STAI AN Andwah Kuala Tungkal, Jambi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan).
House, James S., Landis, Karl L., & Umberson, D. (1988). Social Relationships And Health. Science, 241(8), 540–544. Https://Doi.Org/10.1037/0003-066x.59.8.676
Howard, J., Nicholson, B., & Chesnut, S. (2019). Relationships Between Positive Parenting, Overparenting, Grit, and Academic Success. Journal of College Student Development, 60, 189 - 202. https://doi.org/10.1353/csd.2019.0018.
Iliashenko, O., Bikkulova, Z.U., & Dubgorn, A. (2019). Opportunities and challenges of artificial intelligence in healthcare. E3S Web of Conferences.
Irsyahma, A., & Khairun Nisa B, M.A. (2012). Hubungan Daya Tahan Jantung Paru Dengan Kondisi Psikologis Pada Mahasiswa Program Studi Penjaskes FKIP Universitas Lampung Angkatan 2008 Dan 2009.
Jannah, S. R. (2020). Hubungan Optimisme Dan Grit Pada Mahasiswa Yang Berwirausaha Di Universitas Negeri Semarang.
Jeklin Kilala Mangiwa. (2021). Perbedaan Grit Pada Mahasiswa Di Kota Makassar Berdasarkan Faktor Demografi.
Key, W., Park, J., & Hong, P. (2019). The significance of grit from social support and health determinants. Social Work and Social Sciences Review. https://doi.org/10.1921/SWSSR.V20I1.1121.
Kim, M., Kim, H.J., & Choi, J.H. (2022). The Mediating Effect of Attention and Grit on the Relationship between Parents' Inconsistent Parenting Attitude and Adolescent's Happiness. Korean Association For Learner-Centered Curriculum And Instruction.
Lince, R., & Zaidin, M.A. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Daya Tahan Kuliah Di Universitas Terbuka. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran.
Moonpreneur (2023). AI’S NEGATIVE AND POSITIVE IMPACT ON EDUCATION INDUSTRY. Retrieved from https://moonpreneur.com/blog/ai-negative-and-positive-impact-on-education-industry/ (Accseed 17 September 2023)
Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F.A., & Rahma, A.J. (2020). ARTIFICIAL INTELLEGENCE DENGAN PEMBENTUKAN NILAI DAN KARAKTER DI BIDANG PENDIDIKAN. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching.
Nabila, D.A. (2023). Pemodelan prediksi dan kesesuaian perubahan penggunaan lahan menggunakan Cellular Automata-Artificial Neural Network (CA-ANN). Tunas Agraria.
Polii, E. E. V., & Dirgantara, M. I. (2020). Hubungan Optimisme Dan Grit Calon Taruna Akademi Angkatan Udara (Aau) Di Lanud ‘X’ Kota Bandung. Tazkiya: Journal Of Psychology, 8(2), 146–154.
Putri Supriadi, S.R., Haedi, S.U., & Chusni, M.M. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP).
Putri, F.H., & Wibawa, A.P. (2022). Analisis Korelasi Oleh Mahasiswa Sebagai Agent of Change Di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik.
Seligman, M. E. P. (2006). Learned Optimism: How To Change Your Mind About Stress. In The Upside Of Stress (Issue July).
Sharkey, C., Bakula, D., Baraldi, A., Perez, M., Suorsa, K., Chaney, J., & Mullins, L. (2018). Grit, Illness-Related Distress, and Psychosocial Outcomes in College Students With a Chronic Medical Condition: A Path Analysis. Journal of Pediatric Psychology, 43, 552–560. https://doi.org/10.1093/jpepsy/jsx145.
Smet, B. (2018). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Pt. Gramedia Widiasarana.
Sudirman, S., Sarjan, M., Rokhmat, J., Hamidi, H., & Fauzi, I. (2022). Penilaian Pendidikan IPA secara Realtime dan Terintegrasi dengan Artificial Intelligence: Perspektif Filsafat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv.
Supriyadi, E. (2022). Eksplorasi Penggunaan ChatGPT dalam Penulisan Artikel Pendidikan Matematika. Papanda Journal of Mathematics and Science Research.
Trisna, O. C. (2021). Pengaruh Teacher Support..., Oktri Cahyaning Trisna, Fakultas Psikologi Ump, 2021. 1–13.
Vela, J., Lu, M., Lenz, A., & Hinojosa, K. (2015). Positive Psychology and Familial Factors as Predictors of Latina/o Students’ Psychological Grit. Hispanic Journal of Behavioral Sciences, 37, 287 - 303. https://doi.org/10.1177/0739986315588917.
Wahyu, N. (2019). Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dan Konsep Diri Dengan Optimisme Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Skripsi.
Yangmi, L. (2021). Relationships Between Positive Parenting and Middle School Students’ Cooperative Competence: Mediation Effects of Peer Relationships and Grit.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v12i2.17947
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Organizational Collaboration:
Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:
Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.