EFEKTIVITAS MANAJEMEN DALAM MEWUJUDKAN MUTU LEMBAGA MA’HAD BUKIT SHAFA KECAMATAN PINTU RIME GAYO KABUPATEN BENER MERIAH
Abstract
ABSTRAK
Peningkatan mutu merupakan tugas yang paling utama, dan menjadi prioritas utama bagi setiap lembaga, termasuk Ma'had Bukit Shafa. Standar pendidikan ditentukan oleh kualitas yang dihasilkan oleh fasilitas pendidikan. Hal ini dapat diketahui dengan menghitung jumlah santri yang berprestasi, baik akademik maupun ekstrakurikuler, serta lulusan yang sesuai dengan tujuan lembaga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan efektivitas manajemen dalam mewujudkan mutu lembaga Ma’had Bukit Shafa Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah menggunakan berbagai startegi diantaranya: startegi evaluasi diri, strategi komunikasi, strategi target mutu, dan startegi kerjasama. (2) Pelaksanaan efektivitas manajemen dalam mewujudkan mutu lembaga Ma’had Bukit Shafa Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah yang terdiri dari beberapa aspek diantaranya: aspek kurikulum, aspek penerimaan santri, pola penempatan guru, sarana dan prasarana, dan anggaran (3) Faktor pendukung efektivitas manajemen dalam mewujudkan mutu lembaga Ma’had Bukit Shafa yaitu: kepemimpian yang kuat, ustadz dan ustadzah, kemauan motivasi belajar santri yang kuat, lingkungan, kemandirian, kerjasama/teamwork, kepercayaan masyrakat, bantuan masyarakat dan pemerintah. Faktor penghambat efektivitas manajemen dalam mewujudkan mutu lembaga Ma’had Bukit Shafa yaitu: minimnya tenaga pengajar, sarana prasarana, kurangnya sumber belajar, kurangnya kedisiplinan, anggaran belum mencukupi.
Kata Kunci: Efektivitas Manajemen, Mutu Lembaga
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adam Ibrahim Indrawijaya. (2010). Teori, Perilaku, Dan Budaya Organisasi, Bandung: Refika Aditama,
Departemen Pendidikan dan KebudayaaN. (1980). Manajemen, Semarang: Effhar Offset.
Hendyat Soetopo. 2005. Pendidikan dan Pembelajaran, Malang: UMM Malang.
Komariah, Aan dan Cepi Tiratna. (2005).Visionary Leadership, Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara.
Lexy J. Moleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moh. Yamin, (2009). Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan, Yogyakarta: Diva Press,
Miles, MB, Huberman, AM, dan J Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis, a Methods Sourcebook, Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, (Edition 3 USA: Sage Publications UI-Press.
Miftah Thoha. (1995). Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: Grafindo Persada.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Dalam menyukseskan MBS Dan KBK, (Bandung: Remaja Rosdakarya
Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, cet. 1, Jakarta: Ciputat Press
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v12i2.17847
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Organizational Collaboration:
Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:
Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.