PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH AT-TANWIR METRO (SETINGKAT SMP)

Robiatul Adawiyah, Andi Arif Rifa'i

Abstract


Kurikulum merupakan salah satu kunci kedudukan dalam pendidikan. Kurikulum merupakan pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran dari semua mata pelajaran dan jenjang pendidikan. Dalam kuruikulum terdapat empat komponen yaitu tujuan, materi/isi, proses belajar mengajar, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : penerapan kurikulum 2013 di pondok pesantren dan komponen kurikulum 2013 pada pondok pesantren muhammadiyah at-tanwir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi khusus. Adapun lokasi penelitian ini adalah Pondok Pesantren Muhammadiyah At-Tanwir Metro setingkat SMP. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan wawancara, mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan prosudur : mengumpulkan data, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) kurikulum yang digunakan merupakan kombinasi dari kurikulum 2013 dan kurikulum kepondokan, (2) perencanaan kurikulum diwujudkan dalam penentuan tujuan, isi kurikulum dan penguatan struktur dan muatan pembelajaran, (3) pengimplementasian kurikulum di pondok pesantren, (4) evaluasi pada pondok pesantren belum teratur dilaknakan karena baru berdirinya Pondok Pesantren Muhammadiyah At-Tanwir Metro

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v12i2.17687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter