ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MBKM DI PERGURUAN TINGGI

Lilik Hidayat Pulungan

Abstract


This research examines and analyzes the implementation of the Independent Learning-Independent Campus (MBKM) curriculum in tertiary institutions. The method used is descriptive qualitative research method. While the formulation of the research problem is how to implement the MBKM curriculum in tertiary institutions and how the results of the analysis of the MBKM curriculum in tertiary institutions are. As study material that is used as a reference in research are theories, concepts and policies related to Independent Learning. Based on the study material, literature study and analysis results, it was found that the MBKM curriculum in tertiary institutions is needed in the midst of technological advances, and the demands of the industrial world, as well as the global market.

Keywords:

Curriculum, MBKM, Higher Education


Full Text:

PDF

References


Alhamuddin, Politik kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia Sejak aman Kemerdekaan hingga Reformasi (1947- 2013), Jakarta: Prenada Media 2019;

Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013 Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Rineka Cipta, 2004;

Daniel Tanner & LaurelTanner, Curriculum Development: The ory into Practice, New York: Maccmillan Publishing Co, Inc. 1975 Hidayat, Sholeh, Pengembangan Kurikulum Baru Bandung: PT Rosdakarya Offset, 2013;

Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik, Yogyakarta: AR- Ruzz Media, 2016;

Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT remaja Rosdakarya, 2012;

Nugiyanto, Burhan, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: BPFEE, 1988;

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012;

RISTEKDIKTI, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Dokumen 001, Dairektorat jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Reublik Indonesia, 2015;

RISTEKDIKTI, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Era Industri, Direktorat Pembelajaran dan Kamahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, 2019;

Direktorat Pendididikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI., Panduan Implementasi Merdeka

Belajar-Kampus Merdeka Dalam Kurikulum Program Studi Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, 2020;

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3879 Tahun 2019 tentang Pedoman Pembelajaran dan Penilaian di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam;

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 706 Tahun 2018 tentang Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI Mengacu Pada KKNI dan SN- Dikti. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia;

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2019 tentang Pendidikan Tinggi Keagamaan;

Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;

Syaodih, Nana Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya;




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v12i1.17059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter