PENDEKATAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBINAAN DISIPLIN PEMBELAJARAN PAI DI SDN ANGGADITA 01 KLARI KABUPATEN KARAWANG

Afifah Julia Sapitri, Ferianto Ferianto

Abstract


Pengelolaan kelas merupakan upaya yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar dengan maksud untuk mencapai kondisi yang optimal, sehingga kegiatan pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan manajemen kelas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Anggadita 01 Klari menggunakan pendekatan kombinasi. Dan kendala pendekatan manajemen kelas yang dihadapi oleh guru PAI adalah siswa yang tertutup, takut atau malu dan kekurangan tenaga pengajar bidang pendidikan agama Islam, dan cara guru mengatasi masalah tersebut dengan merangkul siswa, memperhatikan dengan kondisi siswa dan berteman. Dan pembinaan kedisiplinan anak dalam pembelajaran pendidikan agama Islam menerapkan disiplin positif. Dan kendala dalam pembinaan kedisiplinan anak adalah siswa yang terkadang lupa dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh guru, maka solusinya adalah guru mengingatkan dengan baik dan juga tetap konsisten dengan aturan yang telah dibuat sendiri.

 

Kata Kunci: Pendekatan, pengelolaan kelas, disiplin siswa.


Full Text:

PDF

References


Fadhallah. (2021). Wawancara. Ed.1, UNJ Press, Jakarta Timur.

Kasih, F., & Helma. (2012). Pengembangan Model Pembinaan Disiplin Peserta Didik Dalam Membangun Karakter Bangsa Berbasis Kelas Di SMA Negeri Sumatera Barat. Ta’dib, 15(2), 164.

KBBI Daring - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan . (n.d.). Retrieved June 28, 2023, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Nurmalasari, N. (2019). Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas. Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2(1), 7.

Rachman, A., & Agustin, M. (2016). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pengelolaan Kelas Di SDN 23 Pagi Palmerah Jakarta. Perkotaan, 8(2), 77.

Rohman, F. (2018). Fatkhur Rohman : Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah 72 PERAN PENDIDIK DALAM PEMBINAAN DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH / MADRASAH.

Shaifudin, A. (2020). Pendekatan Sosio-Emosional Dalam Pembelajaran. Pendidikan El-Wahdah, 1(1), 24–25.

Syahputra, M. A. D. (2018). Analisis Hambatan Guru Sejarah Dalam Pengelolaan Kelas Di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Repository Universitas Jambi, 10.

Wijayanti, D., & Praheto, B. E. (2020). Eksplorasi Penerapan Sistem Among Ki Hajar Dewantara Melalui Pendekatan Pluralistik Dalam Pengelolaan Kelas Di SD Negeri Timuran Yogyakarta. Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 391.

Yursida. (2020). Implementasi Pendekatan Sosio Emosional Dalam Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas VII Di SMPN 5 Ponorogo. Skripsi, 15.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v12i1.16548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter