MANAJEMEN MEDIA SOSIAL SDIT TAQIYYA ROSYIDA KARTASURA

Shokhibul Mighfar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen media sosial SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis konten. Penelitian ini dilakukan di SDIT Taqiyya Rosyida pada bulan November 2022. Pengumpulan data dilakukan melalui data dokumentasi, observasi, dan wawancara. Validasi data menggunakan metode triagulasi dengan memvalidasi data yang terdapat pada media sosial SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah akun media sosial Instagram, Youtube, Facebook, dan Tiktok SDIT Taqiyya Rosyida. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial SDIT Taqiyya Rosyida Kartasura dikelola oleh tim humas sekolah, dimana penggunaan media sosial ini menjadi salah satu langkah yang tepat untuk mendorong kemajuan SDIT Taqiyya Rosyida dalam mempromosikan dan menyampaikan informasi terkait sekolah kepada masyarakat luas. Keempat media sosial SDIT Taqiyya Rosyida aktif melakukan postingan tetapi belum ada penjadwalan postingan  sehingga akun media sosial SDIT Taqiyya Rosyida belum konsisten melakukan postingan.

Full Text:

PDF

References


Amilia, F., Rowindi, G., & Mubaroq, S. (2022). Pemanfaatan Publikasi Di Media Sosial

Untuk Lembaga Pendidikan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1141-1147. doi : https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.9355

Jayani, D. H. (2022, Maret 23). Berapa Pengguna Internet di Indonesia? Databoks. Retrieved 10 November 2022 pukul 15.42, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022

Pramesti, A. M. (2022). Pengelolaan Website dan Media Sosial di SMK Negeri 4 Surakarta. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 5(2), 54-68. doi : http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v5i2.17444

Mastuti, A. T. (2022). Pengelolaan Media Sosial dan Website di SMK Negeri 6 Sukoharjo. Hijri, 11(1), 99-112. doi: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v11i1.11802

Munadi, M. (2021). The Use of Social Media at State Islamic Colleges. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 5(1), 137-156. doi : http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v5i1.1794

Munadi, M., & Annur, F. (2021). The Utilization of Social Media in the State Islamic Universities in Indonesia. Population, 268, 2. doi : http://dx.doi.org/10.21154/cendekia.v19i2.2707

Hagata, N. R. (2020). Pengelolaan Media Sosial Untuk Meningkatkan Relasi Sosial Di Sd Penuai Medan. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9015

Sazali, H., & Sukriah, A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) oleh Humas SMAU CT Foundation sebagai Media Informasi dan Publikasi dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 10(2), 147-160. https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/7471/0

Trianto, R. (2021). Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial (Studi Kasus Di SD Luqman Al Hakim Surabaya). An-Nida': Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 9(2), 95-120. Retrieved from https://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/annida/article/view/279




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v11i2.13761

Refbacks



Copyright (c) 2022 Hijri

 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter