PERENCANAAN DAN REALISASI ANGGARAN FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN ISI SURAKARTA

Zahara Nora Firdausi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rencana anggaran dan realisasi anggaran di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana peneliti melakukan observasi secara langsung dan menuangkan temuan tersebut pada sebuah catatan. Hasil dari penelitian ini adalah setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh suatu universitas maka membutuhkan anggaran. Dalam pengelolaan anggaran, maka Fakultas Seni Pertunjukan di ISI Surakarta melakukan perencanaan anggaran sebelum terealisasinya anggaran. Setelah anggaran tersebut terealisasi (realisasi anggaran) maka melakukan pembuatan laporan realisasi anggaran. Sumber penerimaan atau pendapatan anggaran yang diperoleh ISI Surakarta antara lain adalah; RM (Rupiah Murni), PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dan BOPTN (Badan Operasional Perguruan Tinggi negeri). Pada tahun 2021, Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta mendapatkan dana BOPTN kurang lebih sebesar 600.00.000 pertahun, yang kemudian realisasi anggaran tersebut dibagi untuk lima prodi yang berada didalam Fakultas Seni Pertunjukan yaitu Teater, Tari, Karawitan, Pedalangan, dan Etnomusikologi. Realisasi dana BOPTN ini hanya diperuntukkan untuk kegiatan kemahasiswaan saja seperti pementasan, pameran, pagelaran, dan kegiatan kemahasiswaan lainnya.  Yang bertanggung jawab atas kegiatan perencanaan anggaran dan laporan realisasi anggaran di Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta adalah pengelola keuangan atau bendahara fakultas. Laporan realisasi anggaran Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta pada tahun 2021 sudah cukup efektif dan efisen, hal tersebut dikarenakan realisasi anggaran sudah sesuai dengan rencana anggaran yang sudah ditetapkan oleh pihak kampus.

 

Kata Kunci : Anggaran, Perencanaan Anggaran, Realisasi Anggaran.

Full Text:

PDF

References


Ai Rosita. 2018. Perancangan Sistem Informasi Perencanaan dan Kontrol Anggaran di Perguruan Tinggi (Studi Kasus pada Universitas Widyatama Bandung).

Ariani, Dewi. Pengelolaan Perguruan Tinggi di Indonesia. FKIP UNS Journal System.

Mulyono. 2010. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nafarin, M. 2013. Penganggaran Perusahaan. Salemba Empat. Jakarta

Nordiawan, Deddi. 2006. Akuntansi Sector Public. Salemba empat. Jakarta.

Prasetya, Gege Edy. 2010. Penyusunan dan Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Andi Publisher.

Rahayu, Sri dan Andry Arifian Rachman. 2013. Penyusunan Anggaran Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Erlangga

Savitri, Enni. 2016. Penganggaran Perusahaan II, Yogyakarta: PUSTAKA SAHILA.

Soeradi. 2017. Akutansi Pemerintah Berbasis Akrual : Era Baru Akuntansi dan Pelaporan Keuangan dalam Sistem Pembendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN).

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Ratag, Wieske Anneleen, dkk. 2019. Pengaruh Perencanaan Anggaran Terhadap Penyerapan Anggaran Di Lingkungan Iniversitas Sam Ratulangi. Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah. Vol 20. No.3. Universitas Sam Ratulangi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v11i1.11875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter