DINAMIKA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA KLASIK MENUJU REVOLUSI INDUSTRI 5.0

Yanuar Arafat, Depi Kurniati, Fauzi Fahmi

Abstract


Pendidikan yang dapat menjanjikan terhadap masyarakat berarti pendidikan yang dapat mengantarkan perubahan yang sangat berarti dalam masyarakat tersebut. Pada penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang mengandalkan sumber bibliografi dari artikel di jurnal terbaru dan buku yang berkaitan dengan isi pokok permasalahan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa: 1) Pesantren merupakan akar historis pendidikan islam di indonesia, miskipun belum dikatakan pendidikan secara legal-formal pada awal berdirinya. Namun demikian, dinamika perkembangan pendidikan pesantren mendapatkan sambutan yang luar biasa di tengah masyarakat luas. Hal ini terjadi pada masa majapahit. 2) Peran organisasi-organisasi seperti: sosial keagamaan, pendidikan dan dawah sebagaimana muhammadiyah, nahdlatul ulama (NU), al-irsyad, jamiyyatul al-washliyah dan lain-lain, pendidikan islam kita mulai berkembang pesat dan pola pengembangannya ke arah modem dan kontemporer. 3) Eksistensi pendidikan tinggi islam kita dari sekolah tinggi islam sampai universitas islam negeri (UIN) atau mulai dari universitas islam indonesia (UII) sampai muncul nama-nama universitas-universitas islam swasta terkenal seperti: universitas muhammadiyah malang (UMM), universitas darul ulum (UNDAR) jombang dan lain- lain. Solusi terbaik dalam kondisi riil pendidikan islam kita sebagaimana yang telah dikemukakan oleh pakar dan cendikiawan muslim seperti: azyumardi azra, as-syaibany, a. Malik fajar dan muhammad tliolhah hasan.

Full Text:

PDF

References


Badriah, Laelatul. “Kurikulum Pendidikan Islam Masa Klasik.” Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 2016. Https://Doi.Org/10.21927/Literasi.2015.6(2).155-176.

Daulay, Haidar Putra, And Tobroni. “Islamic Education In Indonesia: A Historical Analysis Of Development And Dynamics.” Journal Of Chemical Information And Modeling, 2019.

Drajat, Manpan, Mag Dr Sekolah Tinggi Agama Islam Khez Muttaqien Purwakarta, Kata Kunci, Pendidikan Islam, And Departemen Agama. Sejarah Madrasah Di Indonesia. Journal For Islamic Studies, 2018. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.1161729.

Fahmi, Fauzi, And Firmansyah. “Orientasi Perkembangan Pendidikan Islam Pasca Proklamasi Indonesia.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 06, No. 01 (2021): 83–95. Https://Doi.Org/10.46963/Alliqo.V6i1.262.

Fahmi, Fauzi, And Aam Badriyatul Hamdiyah. “Potret Islam Sebagai Agama Dan Peradaban Modern” Iii, No. 2 (N.D.): 203–14.

Firmansyah, Fridiyanto. “Mengelola Pendidikan Multikultural: Studi Etnografi Di Sma Sultan Iskandar Muda Kota Medan.” Hijri 10, No. 2 (2021): 58–72. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30821/Hijri.V10i2.11265.

Fitriani, Eka. “Persepsi Masyarakat Bajo Tentang Pentingnya Pendidikan Formal Di Kelurahan Watolo Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah.” Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 2019. Https://Doi.Org/10.36709/Jppg.V4i1.5598.

Hanafi, Yusuf. “Transformasi Kurikulum Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum: Dari Paradigma Normatif-Doktriner Menuju Paradigma Historis-Kontekstual.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (Jpp), 2017.

Hanipudin, Sarno. “Pendidikan Islam Di Indonesia Dari Masa Ke Masa.” Matan : Journal Of Islam And Muslim Society, 2019. Https://Doi.Org/10.20884/1.Matan.2019.1.1.2037.

Harun, Makmur Haji. “Pendidikan Islam: Analisis Dari Perspektif Sejarah.” Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 2019. Https://Doi.Org/10.33506/Jq.V7i2.370.

Hayani, Aida, Fauzi Fahmi, And Rida Chairani Putri Marpaung. “Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Hots Character Education Strengthening In Hots-Based Learning.” Fikrotuna, 2020. Https://Doi.Org/10.32806/Jf.V11i01.3936.

Kementerian Riset Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan, 2016.

Letek, Letitia Susana Beto, And Yosep Belen Keban. “Moderasi Beragama Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Pak Di Smp Negeri I Larantuka.” Jurnal Reinha, 2021.

Prof. Dr. S. Nasution, M.A. Metode Research : Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Samrin. “Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia.” Al-Ta’dib, 2015.

Soni Akhmad Nulhaqim, R. Dudy Heryadi, Ramadhan Pancasilawan, Muhammad Fedryansyah. “Peranan Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Menghadapi Asean Community 201533.” Social Work Journal, 2015.

Suharsono, Suharsono. “Pendidikan Multikultural.” Edusiana: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2017. Https://Doi.Org/10.30957/Edusiana.V4i1.3.

Tengku Sarina Aini Tengku Kasim, Faridah. “Pendekatan Individu Dalam Pengajaran Pendidikan Islam Sebagai Wahana Melahirkan Modal Insan Bertamadun.” Jurnal Usuluddin, 2015.

Wijaya, Candra, Abdurrahman, Edi Saputra, And Firmansyah. “Management Of Islamic Education Based On Interreligious Dialogue In The Learning Process In Schools As An Effort To Moderate Religion In Indonesia.” Review Of International Geographical Education Online, 2021. Https://Doi.Org/10.48047/Rigeo.11.05.310.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v11i1.11842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Jam Kerja

09.00-17.00 Wib

Senin-Sabtu

Flag Counter