PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PADA MATERI AKHLAK TERPUJI SISWA KELAS VIII MTS ALITTIHADIYAH TITI KUNING MEDAN

salbiyah daulay

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Role Playing (2) penerapan strategi Role Playing dapat meningkatkan hasil bealajar (3) peningkatan hasil belajar siswa pada materi Prilaku Terpuji setelah menggunakan Model Pembelajaran Role Playing.Penelitian ini adalah Penilitian Tidakan Kelas (PTK). Dilakukan sebanyak 2 siklus yaitu siklus I dan II. Lokasi penelitian ini di MTS Al-Ittihadiyah Titi Kuning Medan dengan subjek penelitian kelas VIII yang berjumlah 41 orang.Alasan memilih materi ini karena hasil belajar siswa masih tergolong rendah dan hasil pengamatan menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil tes, diketahui bahwa persentase rata-rata siswa pada kegiatan awal (pra tindakan) yaitu dengan nilai rata-rata 4,98 atau (19,5%) siswa yang tuntas, siKlus I dengan nilai ratarata 62,26 atau (43,90) siswa yang tuntas, siklus II dengan nilai rata-rata 7,68 atau (82,92%) siswa yang tuntas. Sehingga tingkat hasil belajar Aqidah Akhlak siswa pada materi Akhlak Terpuji dikatakan tuntas secara klasikal.Sesuai kriteria ketuntasan belajar secara kalsikal dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak pada materi Akhlak Terpuji di kelas VIII di MTS Al-Ittihadiyah Titi Kuning Medan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v6i2.1138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Flag Counter