STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA MELALUI PENGELOLAAN TATA PAMONG DI MIN 1 KENDAL

Mahrus Mahrus

Abstract


Keberhasilan pelaksanaan sistem tata pamong yang baik dipengaruhi oleh pemimpin yang mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang realistik, kredibel, serta mengkomunikasikan visi ke depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lembaga melalui pengelolaan tata pamong di MIN 1 Kendal. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitia menunjukka bahwa tata pamong MIN 1 Kendal diarahkan untuk menjaga efektifitas, efisiensi, dan produktivitas pewujudan visi, pelaksanaan misi, dan pencapaian tujuan madrasah. Selain itu, juga berprinsip pada 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladan. Kepala MIN 1 Kendal dalam melaksanakan kepeimpinannya harus mampu untuk melakukan penilaian atau evaluasi, dengan tujuan untuk mengetahui kesesuaian rencana dengan realitas melalui eksplorasi pertanyaan-pertanyaan.


Full Text:

PDF

References


Fahmi, A., & Haedari, A. (2020). Strategi Peningkatan Mutu Madrasah Melalui Manajemen Berbasis Madrasah di MI Swasta Al Wasliyah Sumber. Edulead : Journal of Education Management, 2(2), 1–13.

Indarafachrudi, S. (2006). Bagian 99 Memimpin Sekolah yang Efektif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Miles, M. B., & A. Michael Huberman. (1994). Qualitatve Data Analysis. London: Sage Publications.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2005). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta.

Shobri, M. (2017). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Hasan Jufri. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 3(1).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Utami, D. T. et al. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Tata Kelola dan Tata Pamong Terhadap Kinerja di STEBIS IGM Palembang. Jimesha, 1(1), 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v11i1.10552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 





Organizational Collaboration:

 

  

Hijri: Jurnal Manajemen Kependidikan dan Keislamanhas been indexed by:

             

  

 Jurnal Hijri by Program Studi Manajemen Pendidikan Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Jam Kerja

09.00-17.00 Wib

Senin-Sabtu

Flag Counter