STRATEGI KOMUNIKASI MUSLIMAT DEWAN DAKWAH ISLAMIYAH INDONESIA SUMATERA UTARA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MUSLIM KOTA MEDAN

Yakhman Hulu

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat muslim di kota Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi komunikasi Muslimat Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Sumatera Utara dalam pemberdayaan masyarakat muslim kota Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah meliputi uraian teoritis tentang komunikasi, strategi komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara dengan informan sebanyak empat orang, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Muslimat Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Sumatera Utara menggunakan strategi komunikasi interaktif, transaksional dengan pola pendekatan persuasif dalam pemberdayaan masyarakat muslim kota Medan yang meliputi pembinaan di LP Wanita Tanjung Gusta, kursus calon pengantin, pengajaran Al-Qur’an, pelatihan fardhu kifayah dan pemberdayaan ekonomi umat.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Muslimat Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, Kota Medan

This research is motivated by the importance of communication in the empowerment of Muslim communities in the city of Medan. The purpose of this study is to explain the communication strategy of Muslimat Board of Dakwah Islamiyah Indonesia North Sumatera in empowerment of muslim communities in Medan city. The theory used in this study includes theoretical descriptions of communication, communication strategies in community empowerment. This research uses a qualitative approach. Research data collection was carried out through interviews with 4 (four) informants, observation and documentation Data analysis techniques are carried out through the process of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the North Sumatra Indonesian Da'wah Council Islamic Boarding School Muslim students used an interactive, transactional communication strategy with a persuasive approach to 

empowering the Muslim community in Medan which included coaching at the Tanjung Gusta Women's Prison, suscatin courses, teaching the Al Qur’an, training fardhukifayah, economic empowerment of the people.

Keywords: Communication Strategy, Muslimat Indonesian Da'wah Council, Medan City


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amin, Dzikir Muhammad. 2008. Skripsi: Strategi Komunikasi Dompet Dhuafa Republika Dalam Sosialisasi Zakat. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

_____________________.1992. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: PT. RemajaRosdaKarya.

Hokenstad, M.C. Khinduka S.K., and James Midgley. 1977. Profiles in International Social Work. Washington D.C: NASW Press.

Howart. 1991. Clausewitz: Mahaguru Strategi Perang Modern. Jakarta: Pustaka Utama Grafis.

Ife, J.W, Community. 2000. Development: Creating Community Alternatives-vision, Analisys and Practice. Melbourne: Longman.

Machendrawati, Nanih dan Agus Ahmad Safei. 2001. Pengembangan Masyarakat Islam dari Ideologi, Strategi, sampai Tradisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir, M. 2006. Managemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Soetomo. 2006. Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. West, Richard dan Lynn H. Turner. 2008. Introducing Communication Theory: Analysis and

Application, 3 Ed. Penerjemah Maria Natalia Damayanti Maer. 2009. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.

Wiryanto. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ab.jki.v4i1.7861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.