KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN 3 MUZAMMIL AL AZZIYAH KUTACANE KABUPATEN ACEH TENGGARA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN

Ahmad Thamrin Sikumbang, Candra Wijaya, Ishak

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui  Pola Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah dalam kaitan peningkatan Kualitas Lulusan di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muzammil Al Azziyah Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara; 2) Mengetahui upaya Kepala Madrasah dalam mengefektifkan komunikasi interpersonal  di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muzammil Al Azziyah Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara; dan 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muzammil Al Azziyah Kutacane  Kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1)Pola komunikasi interpersonal  kepala madraasah dalam meningkatkan kualitas lulusan adalah dengan cara terbuka yakni dengan cara senantiasa memotivasi para guru maupun  tenaga kependidikan agar lebih memperhatikan kinerjanya, mampu bekerja sama dengan baik sehingga hal ini diharapkan  mampu meningkatkan kualitas lulusan madrasah.; 2) Upaya kepala madrasah dalam mengefektifkan komunikasi interpersonal di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muzammil Al Azziyah Kutacane ditunjukkan dengan cara memberikan perhatian pada guru maupun pegawai, mendorong guru maupun pegawai untuk senantiasa bekerjasama terutama dalam kaitan memajukan madrasah dan meningkatkan kualitas lulusan,  menjadi penengah untuk masalah yang muncul di antara rekan,  menjadi pendengar yang baik, dan  berupaya menempatkan diri ditengah-tengah mereka; dan 3) Faktor pendukung efektifnya komunikasi interpersonal kepala madrasah dikarenakan munculnya rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang baik di madrasah sedangkan faktor penghambatnya hanya pada ketidakhadiran kepala madrasah  meskipun hal ini dapat diantisipasi melalui telpon.

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anwar, Moch. Idochi, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan, (Bandung: Afabeta, 2003)

AW, Suranto, Komunikasi Perkantoran “Prinsip Komunikasi untuk Meningkatkan Kinerja Perkantoran”, (Yogyakarta: Media Wacana, 2005)

Bachtiar, Muhammad Harsya, Implementasi Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah dalam Membina Motivasi Kerja Guru di SMK Al-Hidayah Ciputat, (repository.uinjkt.ac.id: 2016)

Chaniago, Nasrul Syakur, Manajemen Organisasi, (Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis, 2011)

Engkoswara dan Aan, Administrasi Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2015)

Hadijaya, Yusuf, Menyusun Strategi Berbuah Kinerja Pendidik Efektif, (Medan: Perdana Publishing, 2013)

Herabudiman, Administrasi dan supervisi Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2009)

Iriantara, Yosal, dan Usep Syaripudin, Komunikasi Pendidikan (Bandung: Simbiosa, Rekatama Media, cet. 1, 2013)

Krishmawat, Naniek, & Yeni Suryani, Bahan Dasar untuk Pelayanan Konseling pada Satuan Pendidikan Menengah, (Jakarta: Grasindo, 2010)

Muhammad, Arni, Komunikasi Organisasi, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014)

Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Bab II Pasal 2, http: bsnp-indonesia.org:2013/02.

Pradhan, N. dan Niti Chopra, Communication Skills form Educational Managers: An Exercise in Self Study, (Jaipur: Book Enclave, 2008)

Purwanto, Djoko, Komunikasi Bisnis, (Jakarta: Erlangga, 2006)

Rustan, Ahmad Sultra, & Nurhakki hakki, Pengantar Ilmu Komunikasi, (Yogyakarta: Depublish, 2017)

Saroni, Muhammad, Manajemen Madrasah, (Jogjakarta: Ar-Ruzz,2006)

Suderadjat, Hari, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, (Bandung : Cipta Lekas Garafika, 2005)

Sugiyo, Komunikasi Antarpribadi, (Semarang: UNNES Press, 2005)

Supratiknya, A. Komunikasi Antar Pribadi Tinjauan Psikologis, (Yogyakarta: Kanisius, 1995)

Syafaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan Perspktif Sains dan Islam, (Medan: Perdana Publishing, 2015)

Thoha, Miftah, Prilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008)

Tim Redaksi Sinar Grafika, Undanng-Undang Sisdiknas 2003, (Jakarta: Sinar Grafika, 2007)

Usman, Husaini, Manajemen Teori, Praktek Dan Riset Pendidikan, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2006)

Wahyudi, Imam, Pengembangan Pendididkan Strategi Inovatif & Kreatif dalam Mengelola Pendidikan secara Komprehensif, (Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2014)

Wiryanto, Pengantar Ilmu Komunikasi, (Jakarta: Grasindo, 2004)

Wawancara

Hasil wawancara dengan kepala madrasah, pada tanggal 7 Januari 2019, pukul 09.00 WIB.

Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 7 Januari 2019 pukul 11.00 WIB

Hasil wawancara dengan guru dan WKM kesiswaan, pada hari Kamis, pukul 10.00 WIB di ruang guru.

Hasil wawancara dengan guru, pada hari Jumat, pukul 09.00 WIB, 17 Januari 2019.

Wawancara dengan beberapa orang guru di ruang guru.

Hasil observasi di madrasah pada tanggal 14 Februari 2019.

Hasil wawncara dengan guru dan pegawai.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ab.jki.v3i1.5752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.