STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH A’HAD ABU UBAIDAH BIN AL JARRAH DALAM MENGEMBANGKAN DAKWAH ISLAMIYAH DI KABUPATEN KARO

Wardatun Nazly, Hasrat Efendi Samosir, Zainun

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mendeskripsikan strategi dan konsep komunikasi dakwah Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah dalam pengembangan dakwah, mengetahui hambatan dan solusi Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah dalam mengembangkan dakwah di Kabupaten Karo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau penelitian studi lapangan. Hasil penelitian Strategi komunikasi dakwah yang di lakukan Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah dalam mengembangkan dakwah di kabupaten Karo menggunakan 6 strategi komunikasi, yakni; a)Stategi komunikasi bil hikmah,b) Strategi komunikasi bil lisan, c) Strategi komunikasi mau’idzoh hasanah, d) Strategi komunikasi mujadallah billati hiya ahsan, e) Strategi komunikasi bil mahabbah (pendekatan kasih sayang). Sedangkan  Konsep komunikasi dakwah Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah dalam mengembangkan dakwah di Kabupaten Karo menggunakan tiga konsep komunikasi, yakni; a) Konsep Komunikasi yang Santun, b) Komunikasi dakwah berbasiskan keberanian dan kepercayaan diri, c) Konsep Komunikasi berbasiskan pada hati dan fikiran yang sehat.

 

The research used a aqualitative method or field reseach. The techniques of collecting data in this reseac were interview, observation, and documentation. The data analysis in this reseach were data reduction, presentation, and conclusion. This reseac conducted on March 2018 (as the early study for the reseacher before concluded and found out the title of the thesis) until 20 December 2018. The result of Dakwah communication strategy reseach which has done bay Ma’had Abu Ubaidah bin AlJarrah to develoved Dakwah in Karo as a sub propince of North Sumatera used 6 communication strategi such as; a) communication strategi of bil hikmah, b) communication strategi of bil lissan,c) communicatiaon strategi of mau’idzoh hasanah,d) communicatiaon strategi mujadalah bil lati hiya ahsan, e) communicatiaon strategi bil lisan, f) communicatiaon strategi ( affection), whereas the Dakwah communication concept of MA’had Abu Ubaidah Bin Al Jarrah to develoved Dakwah in Karo used the 3 communicstion concept such as; a) a manerred communication concept, b)the communication concept based on courage and the self confidence, c) the communication concept based on heart and healty mind.the


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alqur’an

AB, Syamsuddin, Pengantar Sosiologi Dakwah (Jakarta, Kencana, 2016)

Bakar, Muhammad bin Abu, Syamsuddin Ibnu al-Qoyyim al-Jauziyyah, alfawaid (Beirut:Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1973)

Dokumentasi Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah berupa buku pentunjuk dakwah AMCF

Effendi, Onong Uchajana, Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi, (Bandung, PT Citra Aditya Bakti, 2003)

Ilaihi, Wahyu, Komunikasi Dakwah (Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2010).

khalil, Syukur, Komunikasi Islam (Bandung, Citapustaka Media, 2007)

Sahrul, filsafat Dakwah,( Medan, Perdana Mulya Sarana, 2014)

al-sa’di, Abdurrahman bin Nashir bin Abdullah, Tafsir al-karim al-Rahm Fi Tafsir kalam al-manan (Muassasah al-Risalah, 2000M), Juz 1

Umar, Nasaruddin, Deradikalisasi Pemahaman Alquran dan hadis, (Jakarta, Rahmat semesta Center, 2008)




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ab.jki.v3i1.5747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.