PESAN-PESAN DAKWAH PADA KAUS MUSLIM MOSCLOT (ANALISIS MEDIA KOMUNIKASI DALAM PERSPEKTIF SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Cut Andyna Abdullah Jamil, Syafrudin Pohan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pesan-pesan dakwah yang terkandung
pada kaus Mosclot. Menganalisis bagaimana pesan-pesan dakwah yang terkandung dalam desain kaus
Mosclot jika dilihat dari perspektif semiotika Roland Barthes dan mengetahui penerapan denotasi,konotasi
dan mitos pada simbol dan lambang yang terdapat pada desain kaus Mosclot. Dalam melakukan penelitian
ini, diperlukan metodologi penelitian yang sesuai agar nantinya dapat mengungkapkan makna yang
tersembunyi dibalik tanda-tanda yang terdapat pada desain kaus. Dalam penelitian ini, Penulis menggunakan
metodologi kualitatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif dengan fokus pada analisis semiotik. Penelitian
ini menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Adapun unit analisis penelitian ini adalah desain
kaus berupa kata dan simbol. Berdasarkan data yang telah diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa
desain-desain kaus Mosclot sarat akan pesan-pesan dakwah. Baik kata maupun simbol yang menjadi
konten desain kaus dimaksudkan untuk memberikan motivasi ataupun nasehat kepada pengguna kaus
juga siapa saja yang melihatnya. Padanan kata juga desain yang di kemas begitu kreatif memberikan
kesan dakwah yang disampaikan menjadi lebih interaktif dan argumentatif. Hal ini sekaligus sebagai
langkah Mosclot dalam meminimalisir stigma negatif kepada umat Muslim yang selama ini diidentikan
dengan radikalisme ataupun fanatisme. Mosclot sebagai salah satu perintis kaus muslim di Indonesia
coba mengubah persepsi negatif yang selama ini berkembang mengenai penggunaan simbol-simbol keagamaan
dalam keseharian, dimana selama ini dianggap sebagai suatu bentuk sikap fanatisme, dimana sebenarnya
hal tersebut adalah suatu langkah seseorang dalam berdakwah kepada sesamanya dan menunjukkan
identitas dirinya sebagai seorang muslim.
Kata Kunci: Pesan-Pesan Dakwah, Kaus Muslim, Semiotika Roland Barthes

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdullah. Ilmu Dakwah: Kajian Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dan Aplikasi

Dakwah. Bandung: Citapustaka Media, 2015.

Adnan, Anas. Pola dan Kebijaksanaan. Surabaya: Journal Al Manar Edisi I, 2004.

Aziz, Ali. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana, 2004.

Amin Munir. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah, 2009.

Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Rosdakarya, 2012.

Astrid Susanto. Komunikasi Dalam Teori Dan Praktek. Bandung: Bina Cipta, 1997.

Asrosi, Mohammad. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Dididik). Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara,

Dominic Strinati. An Introduction toTheories of Popular Culture 2nd Edition. Oxon: Routledge.

Departemen Agama RI. Alquran dan Terjemahannya. Jaarta: CV. Atlas, 2000.

Dwi Errika. Komunikasi dan Media Sosial. Volume III.

Effendy, Onong Uchjana. Televisi, Siaran Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1984.

_______,______ Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Hamka. Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1984.

Huky, D. A. Wila. Pengantar Sosiologi. Surabaya: Usaha Nasional, 1986.

Hefni, Harjani. Komunikasi Islam. Jakarta: Kencana, 2015.

Ismawati, Esti. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Ombak, 2012.

Kafi, Jamaluddin. Psikologi Dakwah. Surabaya: Indah, 1997.

Kamrani Buseri, Nilai-Nilai Ilahiyah Remaja dan Pelajar. Yogyakarta: UII Press, 2004.

Kohar, dkk, Kamus-Istilah Pengetahuan Populer. Bandung: Bintang Pelajar,1994.

Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Kholil, Syukur. Komunikasi Islami. Bandung: Citapustaka, 2007.

Rahmat, Jalaluddin. Islam Akual. Bandung: Penerbit Mizan, 1992.

Maleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2000.

Martono, Hadi dan Kris Pranarka. Geriatri: Ilmu Kesehatan Usia Lanjut. Jakarta: Fakultas Kedokteran

Universitas Indonesia, 2014.

Murtiadi, dkk,. Psikologi Komunikasi. Yogyakarta: Psikosain, 2015.

Morissan. Manajemen Media Penyiaran. Jakarta: Kencana Penanda Group, 2009.

Muohaddam, Achmad.Aksi Dalam Bela Islam da Perlindungan Umat Beragama. Jakarta: Pusat Penelitian

Badan Keahlian DPR RI, 2016.

M Siahaan, S. Komunikasi Pemahamana dan Penerapannya. Jakarta: Gunung Mulia, 1993.

Nasution, S. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito, 1988.

Nazir, M, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia, 1998.

Pawito. Analisis Semiiologi, Sebuah Pengantar. Dinamika.

Piliang. Amir Yasraf, Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies atas Matinya

Makna. Bandung: Julsutra, 2000

Pimay, Awaluddin. Metodologi Dakwah. Semarang: Rasali, 2006.

Panuti Sudjiman & Aart Van Zoest. Serba-serbi Semiotika. Jakarta: Gramedia, 1996.

Rafiq Hamka Rusjdi, Islam dan Era Reformasi. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1989.

Rahmat, Jalaluddin. Islam Aktual. Bandung: Penerbit Mizan, 1992.

Singarimbun, Masri. Metodologi Penelitian Survai. Jakarta: LPJ3S, 1989

Setyaningrum, Arie. Aksi Bela Islam dan Ruang Publik Muslim. Yogyakarta: Jurnal Pemikiran Sosiologi

Volume 4, 2017

Sujarwa. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar: Manusia dan Fenomena Sosial Budaya. Yogyakarta: Pustaka

Belajar, 2010.

Sugioni. Metode Penelitian Kuantitaf dan R&D. Bandung: Alfabet, 2011

Sobur, Alex. Analisis Teks Media. Bandung: P. T. Remaja Rosdakarya, 2001.

Sitompul, Azhar. Dakwah Islam & Perubahan Sosial. Bandung: Cita Pustaka Media Pratama, 2009.

Tinarbuko, Sumbo. Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual. Tasmoro, Toto.Komunikasi

Dakwah. Jakarta: Gaya Media Pratama, 1997.

Wibowo, Wahyu Seto. Semiotika Komunikasi Aplikasi Praktis Bagi Penelitian Dan Skripsi Komunikasi,

Jakarta: Mitra Kencana Media, 1998.

Widjaja A. Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bina Aksara, 1986.

Yudha Indra. Analisis Ilustrasi Pada Kaos Oblong Produk Jogist Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Bahasa

dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Yunono Untung, Semiotika Budaya. Semiotika Budaya, Jakarta: PPKBUI, 2004.

Sumber Lainnya

https://www.viva.co.id/berita/metro/-panitia-klaim-aksi-reuni-212- dihadiri-7-juta-umatmuslim

diakses pada 10 Januari 2018 pukul 13:54 WIB.

https://www.youtube.com/watch?v=qlkithbxpfo diakses pada 19 Januari 2018 pukul 11:02 WIB.

https://id.wikipedia.org/wiki/joseph_goebbels diakses pada 10 Januari 2018 Pukul 14:24 WIB.

http://www.voa-islam.com/read/indonesiana/2017/10/11/53669/fahira-idris-212-mart-sinergidan-integrasipotensi-

ekonomi-umat/ diakses pada 11 Januari 2018 Pukul 10:10 WIB.

https://www.youtube.com/watch?v=zieiya-kl5m diakses pada 19 Januari 2018 Pukul 11:22 WIB.

www.apjii.or.id diakses pada 04 Agustus 2017 pukul 02.08 WIB.

https://www.akibat+212+terhadap+budaya+indonesia+212+terhadap+budaya+indonesia diakses

pada 20 Januari 2018 pukul 09:44 WIB.

http:/m.republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/17/06/orn-isu radikalisme-terorisme-dapendidikanponpes

diakses pada 26 September 2017 pukul 04.03 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ab.jki.v2i2.1472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.