IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP ISLAM TERPADU SITI HAJAR MEDAN

Robin Sirait

Abstract


Abstrak: This research used qualitative approach in terms of naturalistic. It was conductedt
SMP IT Siti Hajar Medan. The source of this research was data and documents. The data was
collected through observation, interview and document analysis. The data used data reduction
technique, data presentation and conclusion in the school environment and in the classrooms.
Subjects of this research were headmaster, teachers, students, parents and students.
The object of research was the implementation of character building which stated as the superior
school programme, rules, condition of school, extra-curricular and intra-curricular activities.
The instrument of research was interview guidance, observation sheets and field notes.
The data was analysed withh qualitative descriptive method.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi pendidikan karakter di SMP Islam
Terpadu Siti Hajar Medan (2) mengetahui peran kepala sekolah, guru dan orang tua
dalam pendidikan karakter siswa (3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi program
implementasi pendidikan karakter (4) hasil dari implementasi pendidikan karakter.Penelitian
ini menggunakan

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aly, Suparta dan Herry Noer. Metodelogi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Amissco Jakarta, 2008

Azizi, A. Qodri A. Pendidikan Agama untuk Membangun Etika Sosial, Mendidik Anak Sukses

Masa Depan Pandai dan Bermanfaat. Jakarta: Media Persada. 2003

Burhanuddin. Analisis Administrasi,Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1994

Creswell, John. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif,

Terj. Helly Prajitno Soetjipto dan Srimulyaniti Soetjipto.Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2015

Dimyati dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Sygma, 2009

Djmarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2011

Donald Ary, et, Al, Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, terj. Arief Firchan .Yokyakarta: Pustaka Pelajar,2004

Hasibuan, Zainal Efendi. Manajemen Pendidikan Berbasis Karakter Bulding. Medan: Partama

Mitra sari. 2015

Megawangi, Ratna. Pendidikan Karakter; Solusi yang Tepat untuk membangun bangsa. Jakarta:

Star Energi. 2004

Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi aksara. 2011.

Nurul Zuriah. Pendidikan Moral Dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platform

Penidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual Dan Futuristik. Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Punch, Keith F. Developing Effective Research Proposals. California: Sage Publications Inc,2006

Poster, Cyril. Gerakan Menciptakan Sekolah Unggul. Jakarta: Lembaga Indonesi a Adidaya. 2000

Saptono. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi,dan langkah praktis. Jakarta:

Erlangga. 2011

ROBIN SIRAIT: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP ISlAM TERPADU

3

AT-TAZAKKI Vol. 1 No. 1 Juli - Desember 2017

Syah, Muhibbin .Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press, 2013

Sardiman,A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2011

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta:

Bumi Aksara, 2008

Saebani, Beni Ahmad . Metode Penelitian . Bandung: Pustaka Setia,2008

Sudaryono, Educational Research Methodology . Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia, 2014

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya,2005




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v1i2.854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan