PEMIKIRAN MUHAMMAD QUTUB TENTANG PENDIDIKAN DALAM KITAB MANHAJ AL-TARBIYAH AL-ISLAMIYAH

Muhammad Amiruddin

Abstract


Abstrak: The implementation of the Islamic educational system that develops today in Islamic countries is
the education system characterized by the dichotomy of science that is the separation between the science of
religion (‘ulum al-naqliyah) and the general science (‘ulum al-‘aqliyah), Islamic education also in practice
still able to develop all the potential that exists in human beings in a comprehensive manner that can deliver
human being into a complete human / kamil (perfect), so that with the problems of education can have
implications for the decline of Islamic education and resulted in the deterioration of the quality of Muslims
in the modern civilization today. The type of this research is literature research, the research approach used
is historical approach (historical) and conceptual analysis approach, data collection instrument by collecting
the literature on the topic studied, tracing the rich figures studied and tracing the work of others related
to the thinking of the figures studied , Method of data analysis with method of interpretation, induction and
deduction of data source is primary and secondary source.
Muhammad Qutub argues that Islamic education is an Islamic education essentially implemented by
looking at all three aspects possessed by human reason, spiritual and physical, by not ignoring one of them so
that by harmonizing the three aspects of human mind, spirit and body, can produce Muslim individual who
have noble character, possess the skills and can be beneficial to himself, his society and his environment. He has
the view that in Islamic education there is no existing dichotomy of science is the interstation between the
science of religion and general science and this is the human nature given by Allah SWT.
Pelaksanaan sistem pendidikan Islam yang berkembang dewasa ini di Negara-negara Islam
ialah sistem pendidikan yang bercirikan pada dikhotomi ilmu yaitu pemisahan antara ilmu
agama (‘ulûmul al-naqliyah) dan ilmu umum (‘ulûm al-aqliyah), pendidikan Islam juga dalam
perakteknya belum mampu mengembangkan segala potensi yang ada pada diri manusia secara
komperehensif yang dapat mengantarkan manusia menjadi manusia yang paripurna/kamil
(sempurna), sehingga dengan permasalahan tersebut dapat berimplikasi terhadap kemunduran
pendidikan Islam dan berakibat menurunnya kualitas umat Islam di kancah peradaban modern
dewasa ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, pendekatan penelitian
yang digunakan adalah pendekatan historis (sejarah) dan pendekatan analisis konseptual,
instrument pengumpulan data dengan mengumpulkan literature mengenai topik yang diteliti,
menelusuri karya tokoh yang diteliti dan menelusuri karya orang lain yang berkaitan dengan
3
MUHAMMAD AMIRUDDIN: PEMIKIRAN MUHAMMAD QUTUB TENTANG PENDIDIKAN
126
pemikiran tokoh yang diteliti, metode analisis data dengan metode interpretasi, induksi dan
deduksi sumber data ialah sumber primer dan skunder.
Muhammad Qutub berpendapat bahwa pendidikan Islam adalah pendidikan yang pada hakikatnya
dilaksanakan dengan memandang secara utuh ketiga aspek yang dimiliki oleh manusia, akal,
rohani dan jasmani, dengan tidak mengabaikan salah satunya sehingga dengan menselaraskan
ketiga aspek tersebut dapat menghasilkan individu muslim yang berakhlak mulia, memiliki keterampilan
dan dapat bermanfaat bagi dirinya, masyarakat dan lingkungannya. Beliau juga memiliki pandangan
bahwa dalam pendidikan Islam tidak ada dikhotomi ilmu yang ada adalah adanya intgrasi antara
ilmu agama dan ilmu umum dan ini merupakan fitrah manusia yang diberikan Allah Swt.
Kata Kunci: Sistem pendidikan Islam, Muhammad Qutub.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ahmad, Khursid. Pesan Islam, Ter, Achsin Muhammad.Bandung: Pustaka, 1983.

Al-Khalidî. Silsilatu al-Â’lamîn. Damaskus: Dâr Al-Qalam, 2000.

Al-Mubarakfuri, Syeikh Shafiyyur Rahman. ar-Rahîqul Makhtûm. Dâr Ihya Turats, 1396 H.

Al-Nadwi, Abu al-Hasan. Nahwa al-Tarbiyah al-Islâmiyah al-Hurrah. Kairo: al-Mukhtar al-Islami, 1974.

Al-Sûd, Abu,.Tafsir al-Su’ûd. Riyad: Maktabah al-Riyad al-Haditsah.

Al-Syaibani, Omar Muhammad al-Toumi. Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung. Jakarta :

Bulan Bintang, 1975.

Al-Yasu’iy, Luis Ma’luf. Al-Munjîd fi al-Lughah wa Al-Adab wa al-‘Ulum. Beirut: Dar Al-Masyriq.

Arifin M, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara, 1987.

Anis, Ibrahim. al-Mu’jam al-Washît,Jilid 1. Mesir: Dâr al-Ma’aarif, 1972.

Asari, Hasan. Menguak Sejarah Mencari ‘Ibroh. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis, 2013.

as-Sirjani, Ragib. Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2004.

Bastani, Karim. al-Munjîd fi Lughah wa A’lam. Beirut: Dâr Al-Masyriq, 1875.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset, 2000.

Harahap, Syahrin..Metodologi Studi Tokoh Pemikiran Islam. Medan: Istiqamah Mulya Press, 2006.

Imam Malik Bin Anas. al-Muwatthha. Kairo: Al-Maktabah al-Nashiriyah, 1970.

MUHAMMAD AMIRUDDIN: PEMIKIRAN MUHAMMAD QUTUB TENTANG PENDIDIKAN

Fajar, A. Malik. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia, 1999.

Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1988.

Munawwir, A.W. Kamus Arab Indonesia, cet Ke-14. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

Qutub, Muhammad. Manhaj al-Tarbiyah al-Islâmiyah, Juz I. Al-Qâhirah : Dar as- Syurûq, 1993.

________________. Sisten Pendidikan Islam, Terj. Salman Harun. Bandung: PT Al-Ma’arif, 1988.

________________. Percikan Sinar Rasulullah, alih bahasa: Khudri Thaib. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya,

________________. Tafsir Islam Atas Realitas, alih bahasa: Abu Ridho. Jakarta: Yayasan Siddik, 1996.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. Ke-4. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Uwes, Sanusi. Visi dan Misi Pondasi Pendidikan (dalam Prespektif Islam). Jakarta: Logos, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v1i1.851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan