PENGELOLAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SISTEM FULL DAY SCHOOL DI SMP NUR IHSAN MEDAN

Nurul Ramadhani Lubis

Abstract


Abstrak: This research aim to determine the management planning of student learning motivation, the
implementation of student learning motivation management, supervision of student learning motivation
management and evaluation management of student motivation at Nur Ihsan Junior High School Medan.
This research is qualitative, field research approach. This research aim to describe how the learning
motivation management in Full Day School System. Data collected by conducting observation, interview
and documentation.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pengelolaan motivasi belajar siswa, pelaksanaan
pengelolaan motivasi belajar siswa, pengawasan pengelolaan motivasi belajar siswa serta evaluasi
dari pengelolaan motivasi siswa di SMP Nur Ihsan Medan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif,
dengan pendekatan field research. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana pengelolaan
motivasi belajar siswa pada sistem Full Day School. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kata Kunci; Motivasi Belajar, Full Day

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abudin, Nata. Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Di

Indononesia. Jakarta: Grasindo. 2001.

Ace Suryadi.Pendidikan Indonesia Menuju 2025.Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014.

Amir Faisal Dan Zulfanah. Membangkitkan Gairah Anak Untuk Berprestasi. Jakarta: Kompas

Gramedia. 2011.

Ali Imran. “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Plus Al Azhar Medan”.

Tesis pascasarjana UIN Sumatera Utara. 2012.

Beni Ahmad Saebani.Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia. 2008.

Burke Johnson dan Larry Christensen. Educational Research. Ed. 4. Baverly Hills: Sage Publications.

Inc. 2012.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Bandung: Sygma. 2009.

Fachruddin. Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Media. 2003.

Haidir, “Guru dan Pembelajaran Efektif Telaah Atas Praktik Pembelajaran di Sekolah), Jurnal

Tazkiya vol.1.2012.

Haryanto.Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.2001.

Imam Bukhari. Shahih Bukhari, Penerjemah Achmad Sunarto. Jakarta: Pustaka Amani. 2000.

Iskandar. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada 2009.

Lexy Maleong. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosdakarya. 2016.

Larry S. Lutton, Qualitative Research Approaches For Public Administration, New York: M.E.

Sharpe Inc, 2010

Mardianto. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing .2012.

NURUL RAMADHANI LUBIS: PENGELOLAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SISTEM FULL DAY SCHOOL

Muchlas Samani Dan Hariyanto. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2001.

Mulyasa. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pandidikan Kemandirian Guru Dan Kepala

Administrasi. Jakarta: Bumi Aksara. 2009.

Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004.

Mundzier Suparta Dan Amin Damdani. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.2005.

Rohmalina. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2015.

Robert Kreiner. Management. Ed 11. Boston : Houghton Mifflin Harcourt Publishing Company.

.

Sulistyaningsih Wiwik. Full Day School dan Optimalisasi Perkembangan Anak. Jakarta: Paradigma

Indonesia. 2008.

Pedoman Penulisan Tesis. Medan: Pascasarjana UIN SU. 2016.

Aplikasi KBBI v1.1/http://ebsoft.web.id.

http://www.informasiguru.com/2016/08/PengertiandanMaknaFullDaySchool.html Diunduh pada

jumat 23 desember 2016 pukul 16:30 WIB.

http://blog.ruangguru.com/pro-dan-kontra-konsep-full-day-school-di-indeonesia/ OlehRuangguru

· (August 11, 2016) diunduh pada hari Jumat tanggal 03 Januari 2017 pukul 17:00

WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v1i1.844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan