EKSISTENSI KITAB KUNING DALAM KURIKULUM MADRASAH AL QISMUL ALI AL JAM’IYATUL WASHLIYAH JALAN ISMAILIYAH MEDAN TAHUN 1955-2015

Zainal Abidin

Abstract


Abstarak: This study aims to reveal how the existence of the kitab kuning in the curriculum of Madrasa
Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah of Medan in 1955-2015. There are three questions
raised in this research: Firstly, what is the background of the existence of the kitab kuning in the
curriculum of Madrasa Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah of Medan?; Second, how
is the proportion of kitab kuning in education in Madrasa Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan
Ismailiyah of Medan?; Third, How is the implication of kitab kuning in Madrasa Al Qismul Ali Al
Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah of Medan? The method used in this study is the historical method,
which is analyzing critically the historical sources (written or other) and write down the results based on
facts that have been obtained, hereinafter referred to as historiography. The process of data collection is
done by using documentation study, observation, literature and interview.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaima eksistensi kitab kuning dalam kurikulum
Madrasah Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah Medan tahun 1955-2015. Ada tiga
pertanyaan yang dikemukakan dalam penelitian ini: Pertama, Bagaimana latar belakang keberadaan
kitab kuning dalam kurikulum Madrasah Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah
Medan?; Kedua, Bagaimana perkembangan proporsi kitab kuning dalam pendidikan di Madrasah Al
Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah Medan?; Ketiga, Bagaimana implikasi kitab
kuning di Madrasah Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah Medan? Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah, yakni menganalisis secara kritis sumbersumber
sejarah (tertulis atau lainnya) dan menuliskan hasilnya berdasarkan fakta yang telah diperoleh,
selanjutnya disebut dengan historiografi. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik
studi dokumentasi, observasi, literatur dan wawancara.
Kata Kunci: Eksistensi Kitab Kuning, Kurikulum Madrasah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Karel A. Steenbrink, Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam dalam Sekolah Pendidikan

Islam dalam Kurun Modern (Jakarta: LP3ES, 1986)

https://khabarislam.wordpress.com/2009/02/19/pendidikan-dayah-di-aceh-mulai-hilang-identitas.

Diakses pada tanggal 8 April 2017.

Dikatakan semi tradisional karena Madrasah Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah

Medan menganut dualisme kurikulum, yaitu kurikulum SKB Tiga Menteri dan kurikulum

Madrasah Al Jam’iyatul Washliyah.

Istilah globalisasi sesungguhnya secara sederhana dipahami sebagai suatu proses pengintegrasian

ekonomi nasional bangsa-bangsa ke dalam suatu sistem ekonomi global yang ditandai

dengan kompetisi bebas dan pasar bebas yang disebut dengan kapitalisme atau neokapitalisme.

Nukman Sulaiman, Peringatan: Al Djamijatul Washlijah ¼ Abad (Medan: Pengurus Besar Al Djamijatul

Washlijah, 1956)

Iqhwan Safwan, Tokoh-tokoh Kontemporari di Sabah, Malaysia dan Dunia. http://

anakmudajiwamuda.blogspot.co.id. Diakses pada tanggal 18 Januari 2017.

Abdul Rachman Saleh, Pendidikan Agama dan Keagamaan Visi, Misi dan Aksi (Jakarta: Gemawindu

Pancaperkasa, 2000)

Sahal Mahfudh, Nuansa Fiqih Sosial (Yogyakarta: LKiS, 1994)

M. Dawam Rahardjo, Pergulatan Dunia Pesantren (Jakarta: P3M, 1985)

Martin Van Bruinessen, Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat (Bandung: Mizan, 1995)

Zubaidi, et al., Materi Dasar Nahdlatul Ulama (Ahlussunah Waljamaah) (Semarang: LP. Ma’arif

NU Jawa Tengah, 2002)

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan

(Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1999)

A. Malik Fadjar, Madrasah dan Tantangan Modernitas (Bandung: Mizan, 1999)

Saat itu Menteri Agama adalah Abdul Mukti Ali, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan adalah

Sumantri Brodjonegoro, dan Menteri Dalam Negeri adalah Amir Machmud.

Haidar Putra Daulay, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta:

Kencana, 2009)

Hanun Asrohah, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)

Arief Subhan, Lembaga Pendidikan Islam Indonesia abad ke-20 (Jakarta: Kencana, 2012)

Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2007)

ZAINAL ABIDIN: EKSISTENSI KITAB KUNING DALAM KURIKULUM MADRASAH

Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2004)

Kuntowijoyo, Metodologi Sejarah, ed. 2 (Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2003)

Kuntowijoyo, Pengantar Ilmu Sejarah (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2013), h. 69.

Muhammad Rozali, Tradisi Keulamaan Al Jam’iyatul Washliyah Sumatera Utara (Yogyakarta: LKiS, 2017)

Edi Zuhrawardi Pane, Guru Senior dan Wakil Ketua Perguruan Al Jam’iyatul Washliyah Jalan

Ismailiyah Medan, wawancara di Medan hari Selasa tanggal 16 Mei 2017.

Muhammad Shaleh Umar, Muallim Madrasah Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah

Medan, wawancara di Medan hari Selasa tanggal 16 Mei 2017.

Jamaluddin Batubara, Kepala Madrasah Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah

Medan, wawancara di Medan tanggal 3 April 2017.

Jamaluddin Batubara, Kepala Madrasah Al Qismul Ali Al Jam’iyatul Washliyah Jalan Ismailiyah

Medan, wawancara di Medan pada hari Senin, tanggal 8 Mei 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v1i1.842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan