KODIFIKASI AL-QUR’AN (Gagasan dan Tantangan Dasar-dasar Teori Pendidikan dan Hukum Islam)

Arminsyah Arminsyah

Abstract


Abstrak: Al-Qur’an adalah kitab petunjuk dan anugrah termulia untul kebaika alam semesta. Pada abad permulaan kebangkitan umat Islam, satu-satunya kekuatan yang dimiliki pemeluknya adalah Al-Qur’an dan Sunnah Nabi. Sehingga pada masa itu Islam menampakkan satu kekuatan lahir batin yang menggerakkan pemeluknya memiliki suatau kematangan intelektual dan tingkat penghayatan spiritual yang tinggi. Dan merupakan mukjizat Islam yang abadi dimana semakin maju ilmu dan pengetahuan, semakin tampak validitas kemukjizatannya. Al-Qur’an merupakan sumber yang otentik dan yang pertama dijadikan pedoman bagi pembentukan hukum syari’at Islam. Dan merupakan wahyu ilahi yang benar dan abadi yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Maka dengan keotentikan dan kedudukannya sebagai sumber utama hukum Islam menutut kita umat Islam untuk mengkaji dan mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Al-Qur’an. Dalam pembahasan makalah ini akan memaparkan dan menguraikan mengenai : Definisi kunci- kunci istilah Qur’an, Asal usul pengkajian Qur’an dalam komunitas muslim awal, pendekatan-pendekatan utama dalam studi Qur’an, Metodologi tafsir Qur’an dan tokoh-tokoh yang berpengaruh dan karya-karya dalam studi Qur’an, Perkembangan modern dan karya-karya referensi dalam studi Qur’an, Studi Qur’an dikalangan Orientalis, serta kritik analisis terhadap kajian orientalis.

Kata Kunci: Kodifikasi, Pendidikan dan Hukum Islam


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agama RI, Departemen, al-Qur’an dan Terjemahannya, Semarang: asy-Syifa’, 1998.

Ash Shiddieqy, M. Hasbi, Sejarah Pengantar Ilmu Alquran/Tafsir,Jakarta : PT. Bulan Bintang, 1990.

Anwar, Abu, Ulumul Qur’an Sebuah Pengantar,Jakarta: Amzah, 2009.

Hakim ,Abd, Atang, Metode Studi Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1999 Abidin,Zainal, seluk beluk Al-Qur’an, Jakarta: Reneka Cipta, 1992.

Ashobuni, Ali, at-Tibyan fi ‘ulum al-Qur’an, Damaskus: Maktabah al-Ghazali,

Al-Farmawi, Abdul Hayy, Metode Tafsir Maudhu’i Suatu Pengantar, Jakarta: Raja

Grafindo Persada, 1996.

Muhammad Abdullah al-Zarkasyi,Bard Al-Din Al-Burhan fi ‘Ulum al-

Qur’an, Jilid II, dar al-Fikr, Beirut, 1988.

Nasution, Harun, Akal dan Wahyu Dalam Islam, Jakarta: UI–Press, 1986.

Nata, Abuddin, al-Qur’an dan Hadis, (Dirasah Islamiyah I), Jakarta: Raja

Grafindo Persada, 1996.

Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Kamus Besar Bahasa

Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1989.

Shadily, Hassan Ensiklopedi Indonesia, Jakarta, PT. Ichtiar Baru – Van Hoeve.

t.t.

Shihab, M. Quraish, Membumikan Alquran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam

Kehidupan Masyrakat ,Bandung : Mizan1992.

Khalil al-Qatthan, Syaikh Manna, Pengantar Studi Ilmu al-Qur’an, Jakarta:

Pustaka al-Kausar, 2009.

Zuhri, Muhammad, Studi al-Quran dan Tafsir, Sebuah kerangka awal, Jakarta :

Hijri Pustaka Utama, 2006.

Zenrif, Mf., Sintesis Paradigma Studi Al-Quran, Malang : UIN Malang Press,2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v4i1.8056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan