NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU-BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Telaah atas Buku Pelajaran SKI Kelas X Madrasah Aliyah)

Taufik Kurniawan, Hasan Asari, Syamsu Nahar

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah apa saja muatan nilai pendidikan multikultural dalam
materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, menjelaskan pentingnya nilai-nilai pendidikan
multikultural dalam materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan relevansi nilai pendidikan
multikultural dalam membangun pendidikan agama inklusif di tengah masyarakat multikultural.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sementara berdasarkan objek kajian,
maka penelitian ini termasuk penelitian library research dengan menggunakan metode analisis
konten, dengan dua model yaitu analisis kejelasan isi dan analisis isi tersembunyi (Abbas
Tashakkori dan Charles Teddlie) dan kemudian penyajian datanya dalam bentuk deskripsi,
tabel, dan diagram lingkaran agar mudah dipahami. Temuan penelitian ini adalah, nilai pendidikan
multikultural dalam fitur, rubrikasi, dan uraian materi dalam buku pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam kelas X Madrasah Aliyah belum “proporsional”, dimana tidak semua nilai pendidikan
multikultural dalam fitur, rubrikasi, dan uraian materi pada setiap pokok bahasan diakomodasi
dan merata. Kedua, terintegrasinya nilai pendidikan multikultural dalam SKI akan melahirkan
produk yang kental muatan kelembutan sejarah daripada kekerasan sejarah, sehingga akan
berkonstribusi positif dalam mewujudkan wajah sosial yang toleran, demokratis/kebersamaan,
kesamaan/kesetaraan, dan keadilan untuk mewujudkan harmoni kehidupan kemanusiaan yang
berkeadilan dan berkeadaban.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan, Multikultural, Bahan Ajar SKI

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdullah, M. Amin .”Problem Epistemologis-Metodologis Pendidikan Islam”, dalam Abdul M u n i r

Mulkhan, et.al.,Religiositas Iptek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Biyanto.Teori Siklus Peradaban. Surabaya: LPAM, 2004.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka.

Hamdani.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia, 2011.

Hasan, M. Iqbal.Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Hasan, S. Hamid. “Pendekatan Multikultural untuk penyempurnaan Kurikulum Nasional”. dalam

jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2000.

Hasbullah.Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan

Perkembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2001.

Kementerian Agama RI. Sejarah Kebudayaan Islam: Kelas X, Madrasah Aliyah cetakan Ke-I, 2014.

Mahfud. Rois.Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Erlangga, 2011.

Majid, Nurkholis.Pluralitas Agama: Kerukunan dalam Keragaman. Jakarta: Kompas Media Nusantara,

Mochtar Affandi dan Kusuma. “Model Baru Pendidikan: Melanjutkan Modernisasi Pendidikan Islam

di Indonesia” dalam Affandi Mochtar dan Kusuma paradigma baru Pendidikan: Rekonstruksi

dan Proyek Modernisasi pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: IISEP, 2008.

Muchit, M.Saekhan.Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group, 2008.

Napitupulu, Dedi Sahputra. “Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kisah Nabi Adam AS”, dalam JurnalTadris,

Vol. XII, No. 2 Tahun 2017.

Putra, Siti Ativa Rizema.Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jakarta: DIVA Press, 2013.

Salmiwati. “Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Nilai-Nilai Multikultural”, dalam

JurnalAl-Ta’lim, Vol. I, Nomor 4, Februari 2013.

Syukur, Fatah.Sejarah Peradaban Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2009.

Usman, Husaini dan Purnomo S. Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Zuhairini.Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1998.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v3i2.5545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan