PERANAN OBSERVATORIUM ILMU FALAK UMSU DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA MEDAN
Abstract
dalam pendidikan Islam? 2) Bagaimanakah hubungan Observatorium Ilmu Falak dengan pendidikan
Islam? 3) Bagaimana peranan Observatorium Ilmu Falak UMSU dalam pendidikan Islam di kota
Medan? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologi.Teknik penarikan
sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
dengan menggunakan pengamatan, wawancara dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan
adalah reduksi data, kategorisasi data, sintesisasi, dan diakhiri dengan menysusun hipotesis kerja.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keberadaan Observatorium Ilmu Falak sangat penting
dalam pendidikan Islam (2) Observatorium Ilmu Falak UMSU mempunyai hubungan yang sangat
erat dengan pendidikan Islam, (3) Observatorium Ilmu Falak UMSU memiliki peranan yang sangat
penting dalam pendidikan Islam di kota Medan. Sebagai lembaga pendidikan non-formal, observatoriumobservatorium
seperti di dunia Islam telah berhasil melahirkan beberapa astronom besar, seperti
al-Majrithi di Andalus, Nashir al-Din Thusi di Maraghah, Quthb al-Din Syirazi di Maraghah, ibn
Shatir di Damaskus, dan Ulugh Begh di Samarkand.Menyadari akan pentingnya astronomi Islam
pemerintah Indonesia melalui Departemen Agama RI memasukkan ilmu astronomi Islam (Ilmu
Falak) sebagai kurikulum nasional. Ada tiga unsur pendidikan yang berhubungan langsung dengan
Observatorium Ilmu Falak UMSU yaitu kurikulum, media dan kelembagaan. Ilmu falak sebagai
ilmu yang mengkaji benda-benda langit merupakan disiplin ilmu yang terus dikaji dan dipelajari
dari sejak dahulu sampai hari ini. Hal ini karena adanya keterkaitan erat ilmu ini dengan ibadah
umat Islam yaitu terkait arah kiblat, waktu salat, awal bulan, dan gerhana.Aspek unik ilmu falak
adalah keterkaitannya erat dengan syariat Islam. Kualitas dan akurasi beberapa ibadah umat
Muslim kerap ditentukan oleh peran dan interpretasi ilmu ini.
Kata Kunci: Observatorium Ilmu Falak dan Pendidikan Islam
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Asari, HasanMenyingkap Zaman Keemasan Islam, (Bandung: Citapustaka Media Perintis, cet. 3, 2017.
Butar-Butar, Arwin Juli Rakhmadi. “Urgensi dan Kontribusi Observatorium di Era Modern”, dalamJurnal
Tarjih, Vol. XIII.
Butar-Butar, Arwin Juli Rakhmadi. ‘Kajian Ilmu Falak di Indonesia: Kontribusi Syekh Hasan Maksum dalam
Bidang Ilmu Falak”, dalam Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, vol. I.
Butar-Butar, Arwin Juli Rakhmadi. Filologi Astronomi. Purwokerto: UM Purwokerto Press, cet. 1, 2017.
Butar-Butar, Arwin Juli Rakhmadi. Urgensi dan Kontribusi Observatorium di Era Modern, dalamJurnal
Tarjih vol. 13 No.2, 2016.
Khazin, MuhyiddinIlmu Falak dalam Teori dan Praktek. Yogyakarta: Buana Pustaka, cet. 3, 2016.
Mukti, Abd Konstruksi Pendidikan Islam: Belajar dari Kejayaan Madrasah Nizhamiyah Dinasti Saljuq,
Medan: Perdana Publishing, cet. 1, 2017.
Mahmud,Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia, 2011)
Qulub, Siti Tatmainul.Ilmu Falak: dari Sejarah ke Teori dan Aplikasi. Depok: PT. RajaGrafindo Persada,
cet. 1, 2017.
Ramayulis,Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, cet. 3, 2002.
Manurung, ShiyamuSistem Pendidikan Islam dalam Hadis. Medan: Perdana Publishing, 2016.
Shobahussurur. “Lembaga Pendidikan dalam Khazanah Klasik: Telaah Proses Sejarah dalam Transmisi
Ilmu Pengetahuan,” dalamJurnal Peraban Islam Tsaqofah, vol. II, h. 14.
Sitorus, Masganti.Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Medan: IAIN PRESS, 2011.
Sulidar.Hadis-Hadis Ru’yah dan Hisab. Medan: CV. Prima Utama, 2016.
Tim OIF UMSU. Katalog Instrumen Astronomi OIF UMSU. Medan: UMSU Press, 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v3i1.5410
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan