PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KETELADANAN GURU DI MTsN I LANGKAT
Abstract
keteladanan guru di MTsN I Langkat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Temuan dalam penelitian ini meliputi: (1) program yang diterapkan madrasah dalam upaya pembentukan
karakter siswa yaitu mengadakan zikir, tadarus, dan doa, membaca dua surat pendek, hafiz, shalat zuhur
berjamaah, membaca buku senyap, muhadharah, menonton video motivasi, pramuka, dan membaca
yasin dengan adanya program tersebut terwujudnya karakter siswa yang religius, jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli lingkungan, kreatif dan gemar membaca. (2) bentuk-bentuk keteladanan guru yang ditunjukkan
yaitu dengan religius, disiplin, kreatif, tanggung jawab, peduli lingkungan, menerapkan 3S (Sapa, Senyum
dan Salam), berpakaian rapi, bertutur kata lemah lembut, membuang sampah pada tempatnya, ramah
tamah, bersabar, dan sopan santun. (3) faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter siswa di
MTsN I Langkat yaitu faktor internal berupa yang ada pada diri siswa, seperti keinginan untuk berubah,
bakat dan minat. Sedangkan faktor eksternal yaitu keluarga, kerja sama antar orang tua, teman sebaya,
guru, kepala sekolah, sarana prasarana dan lingkungan masyarakat. (4) faktor-faktor yang menjadi penghambat
pembentukan karakter siswa di MTsN I Langkat adalah kesadaran orang tua, teman sebaya, lingkungan,
dan teknologi. (5) adapun solusi dari hambatan membentuk karakter siswa yaitu memberikan nasihat
dan teguran, hukuman, mengadakan rapat dan pertemuan antar guru saat kenaikan kelas, larangan
membawa handphone, kemudian mengundang orang tua untuk memberikan arahan sekaligus bertukar
pikiran mengenai siswa yang bermasalah.
This research aims to describe the character formation of students through the example of the teacher at
MTsN I Langkat. Type of this research is descriptive with a qualitative approuch. The findings in this study
include (1) the program implemented by the madrasa in an effort to establish the character of students that
is holding zikir, tadarus and prayer, reading two short letters, hafiz, midnight prayer in congregation,
reading silent books, muhadharah, watching motivational videos, scouting, and reading yasin with the
existence of the program the realize the character of students who are religious, hones, disciplined, responsible,
caring for the environment, creative and fond of reading. (2) Forms of teacher exemplary shown are
religiously disciplined, creative, responsible, caring for the environment, applying 3S (greet, smile, regards),
dressing neatly, speaking softly, throwing garbage in its place, being friendly, patient, and manners.
(3) Factors that influence the formation of student character in MTsN I Langkat, namely internal factors in
the form of students, such as the desire to change, talents and interests. Whereas external factors are
family, cooperation between parents, peers, teachers, principals, facilities and infrastructure and the community
environment. (4) factors that inhibit the formation of the character of students in MTsN I Langkat
are awareness of parents, peers, environment and technology. (5) As for the solutions to the obstacles forming the character of the students, namely giving advice and reprimand, punishment, holding meetings
and meetings between teachers during class increase, the prohibition on carrying mobile phones, then
invites parents to provide direction and exchange ideas about students who are concerned.
Kata Kunci: Pembentukan, Karakter dan Tauladan
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Asmani, Jamal Ma’mur,Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Yogyakarta: Diva
Press, 2011)
Arief, Armai,Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)
Bahrudin, Mohammad Dendy Fathurahman,“Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan
Karakter Peduli Lingkungan di SMA Negeri 4 Pandeglang”, dalamJurnal Pendidikan Geografi,
Vol. 17
Daulay, Haidar Putra,Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Jakarta: kencana, 2016)
Hamka,Tafsir Al-Azhar, (Surabaya: Pustaka Islam, 1984)
Istarani,Kumpulan 40 Metode Pembelajaran (Medan: Media Persada, 2012)
Mu’in, Fatchul,Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik & Praktik (Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2016)
Al-Maragi, Ahmad Mustafa,Tafsir Al-Maragi, Terj. Bahrun Abubakar dkk, (Semarang: Karya Toha Putra
Semarang, 1993)
Nata, Abuddin,Kapita Selekta Pendidikan Islam Isu-isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam (Jakarta:
Rajawali Pers, 2013)
Subianto, Jito, “Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas”,
dalamJurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 8
Samani, Muchlas, dan Hariyano,Konsep dan Model Pendidikan Karakter, (Bandung: Remaja Rosdakarya,
Sani, Ridwan Abdullah, dan Muhammad Kadri,Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak
yang Islami (Jakarta: Bumi Aksara, 2016)
Observasi pada tanggal 29 Januari 2019 pukul 08:08
Observasi di MTsN Tanjung Pura, pada tanggal 22 Januari 2019, pukul 09:30 wib
Observasi di MTsN Tanjung Pura pada tanggal 23 Januari 2019 pukul 07:20-07:48 wib
Q-Anees, Bambang, dan Adang Hambali,Pendidikan Karakter Berbasis Alquran (Bandung: Simbiosa
Rekatama Media, 2008)
Umar, Bukhari,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Amzah, 2010)
Wawancara dengan ibu Dra. Dian Herawati sebagai bidang kesiswaan, pada tanggal 23 Januari 2019, pukul 08:45-09:15 wib.
Wawancara dengan ibu Yuni Fakhriah S.Pd sebagai guru matematika sekaligus wali kelas VIII-4,
pada tanggal 12 Maret 2019 pukul 11:30-12:00
Wawancara dengan ibu Diah Nurita selaku guru Fikih di kelas VIII, pada tanggal 12 Maret 2019,
pukul 12:10-12:30
Wawancara dengan bapak Ahmad Yuti sebagai guru bidang kurikulum, pada tanggal 22 Januari
, pukul 12:00-12:15
Wawancara dengan bapak Wahyudianto selaku guru bidang studi PKn dan juga sebagai wali kelas
IX-8 pada tanggal 2 Februari 2019, pukul 10:45-11:00
Wawancara dengan ibu Sutiah, S.Ag selaku guru bidang studi SKI pada tanggal 22 Januari 2019,
pukul 10:00-10:45
Wawancara dengan bu Rina Astuti selaku guru BP kelas VIII bertempat di ruang BP pada tanggal 23
Januari 2019, pukul 12:50
Wawancara dengan siswa kelas VIII-5 di perpustakaan pada tanggal 14 Februari 2019, pukul 13:36
Wawancara dengan ibu Suaida, S.Ag guru Akidah Akhlak pada tanggal 12 Maret 2019, pukul 14:00-
:30
Wawancara dengan ibu Siti Safura, S.Pd sebagai guru Bahasa Inggris kelas VII7-VII8, VIII5-VIII8 pada
tanggal 12 Maret 2019, pukul 13:30-13:50
Wawancara dengan ibu Yuni Fakhriah, S.Pd sebagai guru Matematika dan juga wali kelas VIII4 pada
tanggal 12 Maret pukul pukul 11:30-12:00 wib
Wawancara dengan kepala madrasah MTsN 1 Langkat di ruang kepala madrasah pada tanggal 24
Januari 2019, pukul 09:20-10:50 wib
Wawancara dengan ibu Yunidar, S.Ag pada tanggal 23 Januari 2019 pukul 10:05-10:20
Wawancara dengan ibu Nurli Asmanidar S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia kelas VIII dan wali
kelas VIII-5 pada tanggal 12 Maret 2019, pukul 13:00-13:30
Wawancara dengan ibu Nur Hasanah S.Ag sebagai guru SBK kelas VIII1-VIII5 dan IX1-IX4. Pada
tanggal 12 Maret 2019 pukul 12:30-12:50
Wawancara dengan kepala madrasah MTsN 1 Langkat di pos satpam pada tanggal 30 Januari 2019,
pukul 08:30-09:00
Wawancara dengan bu Dian Herawati selaku bidang Kesiswaan, pada tanggal 23 Januari 2019,
pukul 08:00-08:23
Wawancara dengan ibu Siti Safura, S.Pd sebagai guru Bahasa Inggris kelas VII7-VII8, VIII5-VIII8 pada
tanggal 12 Maret 2019, pukul 13:30-13:50.
Wawancara dengan bu Rina Astuti selaku guru BP kelas VIII bertempat di ruang BP pada tanggal 23
Januari 2019, pukul 12:55
Wawancara dengan ibu Yuni Fakhriah, S.Pd sebagai guru Matematika dan juga wali kelas VIII4 pada
tanggal 12 Maret pukul pukul 11:30-12:00 wib
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v3i1.4427
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan