SENI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN ANALISIS PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK TERHADAP MINAT SENI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NAMIRA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana seni dipahami dan dikembangkan dalam perspektif pendidikan Islam serta bagaimana perkembangan pendidikan anak mempengaruhi minat seni di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Namira. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang diterapkan di SMP Namira mendukung perkembangan minat seni siswa melalui pendekatan yang holistik dan berlandaskan nilai-nilai spiritual. Pendidikan seni tidak hanya dipandang sebagai ekspresi estetika, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter dan spiritualitas anak.
Kata Kunci: Seni, Pendidikan Islam, Perkembangan Anak, Minat Seni, SMP NamiraFull Text:
UntitledReferences
Aziz, M. R. (2023). Konsep Pembentukan Karakter Perspektif Albert Bandura (Studi Analisis Dan Implikasi Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa Di Era Digital) (Master's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).
Indria, A. (2019). Gagasan Dan Pemikiran Zakiyah Daradjat Dalam Pendidikan Islam. Ruhama: Islamic Education Journal, 2(2).
Khomsinnudin, K., Pangeran, G. B., Tamyiz, A., Wulandari, C. E., & Firdaus, F. A. (2024). Modernitas dan lokalitas: Membangun pendidikan Islam berkelanjutan. Journal of Education Research, 5(4), 4418-4428.
Machali, I. (2014). Dimensi kecerdasan majemuk dalam kurikulum 2013. Insania: Jurnal Kependidikan, 19(1), 21-45.
Madihah, E. I. S. (2020). Humanisme Pendidikan dalam Al-Qur’an (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Maskur, S. (2024). PSIKLOGI PERKEMBANGAN (Buku Ajar Matakuliah). Doa Para Wali.
Muvid, M. B. (2019). Pendidikan Tasawuf: Sebuah Kerangka Proses Pembelajaran Sufistik Ideal Di Era Milenial. Pustaka Idea.
Nata, H. A. (2016). Pendidikan dalam perspektif Al-Qur'an. Prenada Media.
Rosyada, D. (2020). Penelitian kualitatif untuk ilmu pendidikan. Prenada Media.
Rozana, S., Widya, R., & Rambe, A. (2025). Eksplorasi Kurikulum Merdeka: Pendekatan Permainan Kompas Bulok pada Anak Usia Dini. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sahid, J. (2022). Transformasi Sosial Budaya dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Wihdatul Ummah Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Sariah, D., Nugraha, M. S., & Rukmana, R. (2025). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Menurut Abraham Maslow pada Kinerja Guru di MTSN 6 Sumedang. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 5(1), 80-101.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v9i1.25604
Refbacks
- There are currently no refbacks.
=====================================================================
Alamat Redaksi
At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Islam
Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Jl. IAIN No. 1 Medan