KODE ETIK PROFESI BIMBINGAN DAN KONSELING

Adinda Hariana Safitri, Cici Ramadhani Putri, Klara Putri Ningsih, Innayya Rahmadhini Edith, Winda Lestari

Abstract


Abstrak: Artikel ini mengkaji secara mendalam mengenai eksistensi dan urgensi kode etik dalam profesi bimbingan dan konseling sebagai landasan normatif yang mengatur perilaku profesional konselor. Tujuan utama dari penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar, fungsi, serta implementasi kode etik dalam praktik layanan bimbingan dan konseling di Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan wawancara. Temuan menunjukkan bahwa kode etik memiliki peranan esensial dalam menjaga kerahasiaan informasi konseli, meningkatkan kompetensi profesional konselor, serta menjamin pelaksanaan layanan yang berlandaskan nilai-nilai etis, keadilan, dan penghormatan terhadap keberagaman budaya. Kode etik yang dirumuskan oleh Asosiasi Bimbingan dan Konselingndonesia (ABKIN) berfungsi sebagai instrumen regulatif yang mendukung terwujudnya praktik konseling yang bertanggung jawab, bermartabat, dan sesuai dengan standar profesi. Simpulan dari kajian ini menegaskan bahwa keberadaan kode etik tidak hanya memperkuat integritas profesi konselor, tetapi juga meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada konseli serta membangun kepercayaan publik terhadap profesi bimbingan dan konseling.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR ISI

ABKIN. (2018). Penetapan Kode Etik Bimbingan Dan Konseling Indonesia. Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia (Abkin), 14(2), 1–25.

Anggraini, H. A., & Maret, U. S. (2025). JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENERAPAN ETIKA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING. 5, 49–57.

Anita Sinaga, N. (2020). Kode Etik Sebagai Pedoman Pelaksanaan Profesi Hukum Yang Baik. Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 10(2), 1–34. https://doi.org/10.35968/jh.v10i2.460

Ayu Pristanti, N., Rina Suryani, Mp., & Yeni Marito, Mp. (2023). Etika Profesi Bimbingan Dan Konseling Penerbit Cv. Eureka Media Aksara. 2, 1–26.

Basuki, A., Farozin, M., & Setiani, I. B. (2021). Internalisasi Kode Etik Bimbingan dan Konseling Indonesia pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 24–38.

Evi Aeni Rufaedah, & Muhammad Ikhwanarrafiq. (2022). Kualitas Pribadi Konselor Dalam Membangun Hubungan Antar Konselor Dan Konseli. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 52–63. https://doi.org/10.31943/counselia.v3i2.39

Harahap, A. P., Darus, A. R., Siregar, M. A., & Rahmadana, W. (2022). Analisis Pemahaman Kode Etik Profesi Konseling Pada Guru Bimbingan dan Konseling di MAN. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 6(2), 101–110. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v6n2.p101-110

Harahap, A. P., Ningsih, E. C., Saragi, E. P. S., Anshari, M., & Ardiansyah, T. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Kode Etik Profesi Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Karakter Siswa di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan 1. Ristekdik (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 8(1), 61–72.

Jumrawarsi, J., Mudjiran, M., Neviyarni, N., & Nirwana, H. (2021). Kode Etik Konseling Serta Permasalahan Dalam Penerapannya. Ensiklopedia of Journal, 3(4), 53–58. https://doi.org/10.33559/eoj.v3i4.799

Marjo, H. K., Nashrullah, S. Z., & Salamah, N. S. (2024). Kode Etik Dalam Profesi Konselor Berdasarkan Organisasi Profesi Bimbingan Dan Konseling (Abkin) Dan Organisasi Konselor Lainnya. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(1), 249. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v10i1.13502

Masdudi. (2015). BIMBINGAN DAN KONSELING Prespektif sekolah. Nurjati Press, 215.

Mauliddiyah, N. L. (2021). No Profesi Bimbingan dan Konseling Dalam Masyarakat. Jurnal Tawadhu. 5(1), 6.

Megarizky Hotmauli. (2021). Penerapan Kode Etik Konseling Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling Non Bk. JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) e-ISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543, 2(12), 605–611. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol2iss12pp605-611

Mulyani. (2017). Persoalan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. In Eureka Media Aksara.

Mulyani, U., & Irman, I. (2023). Penerapan kode etik konseling guru BK latar belakang non pendidikan BK dalam melaksanakan layanan BK di sekolah. Journal on Teacher Education, 4(3), 42–50.

Nandang Budiman, Nurlaila Lathifa Kusumaningsih, & Nadhia Aulia Nadhira. (2023). Guru Bimbingan Dan Konseling Sebagi Profesi Khusus. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 91–101. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.977

Nurhayati, M. (2024). Jurnal Pendidikan Inovatif Jurnal Pendidikan Inovatif. 6(April), 226–237.

Nurrahmah, M., & Muslimah. (2023). Tinjauan Kepustakaan Tentang Kode Etik Profesi Konselor. Change Think Journal, 2(2), 128–137.

Nursalim, M. (2015). 2022-03-21_Buku 2_Moch Nursalim.pdf.

Nuryanto, I. L. (2023). Analisis Tentang Pemahaman Etika Profesi Bimbingan Dan Konseling Pada Guru Bk. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 62–69. https://doi.org/10.32585/advice.v5i2.4715

Nuzliah, N., & Siswanto, I. (2019). Standarisasi Kode Etik Profesi Bimbingan Dan Konseling. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 64. https://doi.org/10.22373/je.v5i1.8172

Penelitian, J., Pendidikan, P., Profesionalisme, P., Pendidikan, G., Katolik, A., Bahan, P., Lembar, A., Siswa, K., Supervisi, M., Pengawas, K., Sekolah, D., Binaan, D., Mataram, K., Naben, M., Kantor, P., & Agama, K. (2022). Jurnal Paedagogy. Jurnal Paedagogy, 9(1), 2022. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/index

Purnamasari, Y., Budiman, N., & Nadhiroh, N. A. (2024). Etika Dalam Pelaksanaan Konseling Online Ditinjau Dari Kode Etik Abkin. Empati : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 30–43. https://doi.org/10.26877/empati.v11i1.15552

Putra, M. A., & Shofiria, N. (2019). Ragam Profesionalisme Guru Bimbingan Dan Konseling Zaman Now. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 3(1), 15–24. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v3n1.p15-24

Rahardjo, S. dan A. S. K. (2017). Pelaksanaan Kode Etik Profesi Guru Bimbingan dan Konseling SMP/MTS Kabupaten Kudus. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(2), 185–196. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/1740/1335

Rika Widianita, D. (2023). No ETIKA PROFESI,. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Sidharta, B. A. (2015). Etika Dan Kode Etik Profesi Hukum. Veritas et Justitia, 1(1), 220–249. https://doi.org/10.25123/vej.142

Susanto, A. (2018). Bimbingan Dan Konseling. Konsep,Teori,Dan Aplikasinya.

Syafitri, R. A. (2024). Upaya Mengatasi Permasalah Etika Berkomunikasi Guru BK di Lingkungan Sekolah. 3, 207–214.

Ummah, M. S. (2019). NoPengembangan Kepribadian Konselor. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017- Eng- 8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06. 005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v9i1.23976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan