AKHLAK, MORAL DAN ETIKA PERSPEKTIF ISLAM

Najla Akifah, Febri Fauzia Adami

Abstract


Abstrak: artikel ini membahas tentang akhlak, moral, dan etika dalam pandangan Islam serta bagaimana ketiganya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan dan hubungan antara ketiga konsep tersebut, serta pentingnya akhlak dalam membentuk kepribadian seorang Muslim. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi literatur, yaitu dengan membaca dan menganalisis buku, artikel, Al-Qur’an, hadis, dan tulisan para ulama seperti Al-Ghazali dan Ibn Miskawayh. Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa akhlak dalam Islam bersifat tetap dan bersumber dari wahyu, sedangkan moral dan etika lebih dipengaruhi oleh budaya dan pemikiran manusia. Akhlak juga menjadi bagian penting dalam pendidikan, keluarga, dan kehidupan modern, termasuk penggunaan media sosial. Oleh karena itu, Islam memandang akhlak sebagai nilai utama yang harus dijaga dan diterapkan dalam setiap aspek kehidupan untuk menciptakan masyarakat yang baik dan beradab.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmad, F. (2024). Filosofi Pendidikan Islam: Membentuk Jiwa Anak Usia Dini Sebagai Cerminan Fitrah Dan Akhlak Mulia. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(2), 188-206.

Alkhadafi, R. (2024). Mengenal Etika dalam Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 4(3), 179-192.

Amin, H. (2013). Aktualisasi humanisme religius menuju humanisme spiritual dalam bingkai filsafat agama. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 15(1), 66-80.

Aripudin, A., & Mukarom, Z. (2020). Institusi Dakwah: Kajian elementer.

Busroli, A. (2019). Pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam al-Ghazali dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. AT-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 71-94.

Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi pendidikan Islam dalam menghadapi era globalisasi: Sebuah tantangan dan harapan. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 173-194.

Dhika, H. (2024). Relasi Ilmu dan Etika: Sebuah Kajian Filsafat Ilmu. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(3), 140-150.

Drajat, A., & Harahap, E. W. (2024). Rajah dan Spiritualitas Lokal dalam Hukum Islam; Studi Analisis Tafsir Hermeneutik. Jurisprudensi: Jurnal Ilmu Syariah, Perundang-Undangan Dan Ekonomi Islam, 16(1), 225-240.

Fatmawati, F. (2022). Representasi Nilai Pendidikan Akhlak Tasawuf dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(1), 15-25.

Handika, D. F., & Darmiyati, A. (2022). Refleksi Pendidikan Karakter Islam Dalam Membentuk Insan Kamil Di Mtsn 4 Karawang. Jurnal Education and development, 10(1), 379-385.

Hasan, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Konsep Islam Rahmatan lil'Alamin dalam Pendidikan Karakter di SDN Seneng 1 Krucil Probolinggo. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 253-271.

Hidayat, M. (2018). Analisis pendidikan akhlak dalam pandangan ibnu miskawaih. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Jaelani, A. (2018). Sejarah pemikiran ekonomi Islam: Kontribusi sarjana muslim dalam pemikiran dan analisis ekonomi.

JULIO, R., Deriwanto, D., & Karliana, I. (2024). Implementasi Hidden Curriculum Pada Pembelajaran di Sd Literasi QurAni Desa Tasikmalaya Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Latif, L. (2016). Pemikiran Imam Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)

M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai fondasi pendidikan karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 49-58.

Muhammad, S., Tansah, L., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2024). Penanaman Nilai Akhlak Berbasis Pendidikan Islam Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Di Sekolah. Burangrang: Jurnal Pusat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M), 2(1), 44-53.

Nurlaela, S. (2024). HAKIKAT MANUSIA (Studi Komparatif Abdurrahman Wahid dan Buya Hamka (Doctoral dissertation, S1-FILSAFAT ISLAM).

Prasetyo, Y. (2020). Transformasi Nilai-Nilai Islam dalam Hukum Positif. Al-Ahkam Jurnal Ilmu Syari'ah dan Hukum, 5(1), 91-106.

Purwanto, Y., Qowaid, Q., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi nilai moderasi melalui pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2), 110-124.

Putri, M. K. (2023). Eksistensi Pendidikan Anti Korupsi Sebagai Bentuk Pendidikan Karakter Di Universitas Dalam Melahirkan Generasi Penerus Bangsa Yang Anti Korupsi. Jurnal Ilmu Hukum Sui Generis, 3(1), 1-13.

Putri, N. A. (2011). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran sosiologi. Komunitas, 3(2).

Ristianah, N. (2020). Internalisasi nilai-nilai keislaman perspektif sosial kemasyarakatan. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1-13.

Rudiyanto, M., & Anif, S. (2024). Epistemologi Pendidikan Profetik dalam Islam: Kontribusi terhadap Pengembangan Teori Pendidikan Karakter. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1), 129-136.

Sabda, S. (2025). Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(2), 2965-2973.

Salsabila, E., Al-Ghifari, M. S., Nugraha, N. A. A., Salis, S., Syahidin, S., & Parhan, M. (2024). Menghadapi Degradasi Moral Generasi Muda Melalui Penerapan Pendidikan Islam Pada Peserta Didik. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 284-295.

Sari, D. P. (2017). Pendidikan karakter berbasis al-quran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 1-24.

Syahroni, S. A., & Irawan, F. (2024). Suluk dan Transformasi Diri: Pendekatan Spiritual dalam Kehidupan Budaya Melayu Baru. Jurnal Tapak Melayu, 1(02).

Syakhrani, AW, & Kamil, ML (2022). Budaya dan warisan budaya: Tinjauan dari berbagai ahli, bentuk-bentuk budaya, 7 elemen universal budaya. Lintas batas, 5 (1), 782-791.

Umam, C. (2020). Inovasi Pendidikan Islam: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. CV. Dotplus Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v9i1.23975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=====================================================================

Alamat Redaksi

At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora

Program Studi Pendidikan Islam

Pascasarjana UIN Sumatera Utara

Jl. IAIN No. 1 Medan